PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KIMIA BERBASIS FLASH DI SMA PADA MATERI IKATAN KIMIA MELALUI PENERAPAN PROFESSIONAL LEARNING COMMUNITY

DEWI KHAIRANI, . (2011) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KIMIA BERBASIS FLASH DI SMA PADA MATERI IKATAN KIMIA MELALUI PENERAPAN PROFESSIONAL LEARNING COMMUNITY. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
judul-daftarisi.pdf

Download (64kB)
[img] Text
BAB I-III.pdf

Download (122kB)
[img] Text
lampiran 22_RPP.pdf

Download (5MB)
[img] Text
lampiran landcape.pdf

Download (275kB)
[img] Text
BAB IV-dapus.pdf

Download (536kB)
[img] Text
Lampiran..pdf

Download (124kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran kimia berbasis Flash melalui penerapan Professional Learning Community pada materi ikatan kimia di SMA. Penelitian ini dilakukan sejak bulan April 2010 sampai Maret 2011 di SMA Negeri 9 Bekasi. Subyek penelitian ini adalah media pembelajaran kimia berbasis Flash yang diuji coba kepada siswa kelas X dan XI IPA. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (research and development). Tahapan yang dilakukan dalam penelitian pengembangan ini yakni analisis kebutuhan, mengembangkan dan menguji coba produk yang dihasilkan. Tahap pengembangan dilaksanakan dengan cara kolaborasi sebagai implementasi Professional Learning Community. Media pembelajaran kimia berbasis Flash diujikan kepada para ahli materi dan media, serta diuji cobakan kepada siswa sehingga mempunyai nilai validitas dan reliabilitas yang baik. Hasil perhitungan persentase ahli materi dan media berturut-turut adalah 83,75% dan 79,71% dan persentase hasil uji coba media kepada siswa sebesar 81,17%. Selain itu, diperoleh hasil uji coba media untuk tiap indikatornya, yaitu kualitas relevan dengan tujuan pembalajaran sebesar 85,33%, kualitas isi sebesar 84,27%, kualitas instruksional sebesar 81,19%, dan kualitas teknis sebesar 78,52%. Persentase tiap indikator lebih dari 78% yang menandakan bahwa indikator tersebut tercapai dengan baik. Hasil penelitian pengembangan ini menunjukkan bahwa media pembelajaran kimia berbasis Flash yang dikembangkan melalui penerapan Professional Learning Community dikatakan baik dan dapat digunakan dalam pembelajaran kimia di SMA.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Prof. Dr. Rukaesih A, M.Si. 2) Drs. Ucu Cahyana, M.Si.
Subjects: Sains > Kimia
Divisions: FMIPA > S1 Kimia
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 28 Jun 2022 10:15
Last Modified: 28 Jun 2022 10:15
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/30895

Actions (login required)

View Item View Item