PENGARUH PENDEKATAN METAKOGNITIF TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA

HANDRI NOVIAN SIAGIAN, . (2011) PENGARUH PENDEKATAN METAKOGNITIF TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (46kB)
[img] Text
Daftar Gambar.pdf

Download (6kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (11kB)
[img] Text
77.pdf

Download (13kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (21kB)
[img] Text
Lampiran 25.pdf

Download (994kB)
[img] Text
LEMBAR PERSEMBAHAN.pdf

Download (294kB)
[img] Text
Daftar Lampiran.pdf

Download (8kB)
[img] Text
Daftar Tabel.pdf

Download (7kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (11kB)
[img] Text
skripsi.pdf

Download (0B)
[img] Text
riwayat hidup.pdf

Download (92kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pembelajaran dengan pendekatan metakognitif berpegaruh terhadap hasil belajar fisika siswa. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 110 Jakarta. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 1 kelas kontrol dan 1 kelas eksperimen yang sama-sama berjumlah 36 orang siswa. Kelas kontrol adalah kelas yang sampelnya diajar dengan pendekatan konvensional dengan cara diskusi dengan teman sebangku. Kelas eksperimen adalah kelas yang sampelnya diajar dengan pendekatan metakognitif. Metode penelitian yang digunakan adalah metode quasi eksperiment. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes soal uraian sebanyak 10 butir soal untuk mengetahui hasil belajar fisika siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini diperoleh dari kelas kontrol dan kelas eksperimen sebelum dan sesudah diberi perlakuan. Pemberian pretest dilakukan untuk mengetahui keadaan awal kedua sampel bahwa sampel yang diambil terdistribusi normal dan berasal dari kelas yang homogen serta tidak terdapat perbedaan dalam pembelajaran fisika. Pengujian prasyarat analisis dilakukan dengan menggunakan uji normalitas dan homogenitas. Pengujian normalitas menggunakan uji F yang membandingkan varians terbesar dengan varians terkecil, menunjukkan bahwa data bersifat homogen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata hasil belajar fisika siswa kelas kontrol adalah 66,44 lebih rendah daripada nilai rata-rata hasil belajar fisika siswa kelas eksperimen yaitu 69,71. Pengujian hipotesis dilakukan dengan uji t separated varian karena jumlah anggota sampel kelas kontrol dan kelas eksperimen sama dan homogen. Nilai ttabel dengan taraf signifikansi   0,05 dan dk=70 adalah 1,66691 dan didapat nilai thitung = 1,754. Nilai thitung lebih besar dari nilai ttabel. Hal ini menunjukkan bahwa hasil belajar fisika siswa yang diberi pendekatan metakognitif lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar fisika siswa yang diberi pendekatan konvensional, sehingga hipotesis penelitian diterima.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Prof. Dr. Yetty Supriyati, M. Pd 2) Umiatin, M. Si
Subjects: Sains > Fisika
Divisions: FMIPA > S1 Fisika
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 28 Jun 2022 10:40
Last Modified: 28 Jun 2022 10:40
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/30901

Actions (login required)

View Item View Item