PEMENUHAN HAK-HAK ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS OLEH GURU DI SEKOLAH INKLUSIF

MEGA NOER CAHYANI, . (2011) PEMENUHAN HAK-HAK ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS OLEH GURU DI SEKOLAH INKLUSIF. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
BAB V.pdf

Download (18kB)
[img] Text
BAB II 27-30,32,.pdf

Download (0B)
[img] Text
BAB IV NEW.pdf

Download (746kB)
[img] Text
BAB I OK.pdf

Download (17kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (31kB)
[img] Text
Selokan.pdf

Download (8MB)
[img] Text
BATAS SIKAP GURU POSITIF ATAU NEGATIF.pdf

Download (46kB)
[img] Text
INSTRUMEN NEW.pdf

Download (30kB)
[img] Text
Riwayat hidup.pdf

Download (117kB)
[img] Text
LAMPIRAN NEW.pdf

Download (193kB)
[img] Text
DAFTAR TABEL.pdf

Download (8kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (16kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (14kB)
[img] Text
LEMBAR PERSETUJUAN OK.pdf

Download (8kB)
[img] Text
SURAT PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI OK.pdf

Download (8kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR OK.pdf

Download (9kB)

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana sikap guru terhadap pemenuhan hak-hak anak berkebutuhan khusus di sekolah inklusif. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan metode survei. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru-guru di SDN inklusif wilayah Jakarta Timur, yakni 9 guru dari SDN Kebon Pala 03, 15 guru dari SDN Kramat Jati 24, 12 guru dari SDN Gedong 03 dan 9 guru dari SDN Gedong 04. Sehingga sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 45 responden guru. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket tertutup. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan teknik statistika deskriptif, yakni data yang terkumpul dianalisa dalam bentuk tabel, histogram, perhitungan modus, median dan standar deviasi baik secara keseluruhan maupun tiap sekolah. Sehingga dapat disimpulkan bahwa sikap guru terhadap pemenuhan hak-hak anak berkebutuhan khusus menunjukan sikap positif. Dengan sikap positif guru, maka diharapkan dapat diterapkan dalam proses pembelajaran. Sehingga sekolah inklusif tidak hanya menempatkan secara fisik anak berkebutuhan khusus, tetapi sekolah inklusif dapat melayani secara individual berdasarkan kemampuan yang dimiliki anak berkebutuhan khusus tersebut. The purpose of this study is determine to known teacher’s attitudes toward the fulfillment the rights of children with special needs in inclusive schools. This is a descriptive study using survey methods. The population in this study were all teachers at SDN inclusive in East Jakarta. While the data sample of this study were 9 teachers of SDN Kebon Pala 03, 15 teachers of Kramat Jati 24, 12 teachers of SDN Gedong 03 and 9 teachers of SDN Gedong 04. So in this study, use number of samples as 45 respondents. Instruments used in this study is a closed questionnare. The analyzed data using statistic descriptive techniques, such as tables, histograms, calculation of modus, median, standard deviation, for all schools and for each school. The conclution of this study is, most of teachers are receptive to fulfillment the rights of children with special needs in inclusive schools. The positif atittude of teachers can apply to serve and fulfill the rights of children with special needs in inclusive schools. Inclusive schools is not only physically placing of children with special needs, but also serve on individual based on the capabilities of children with disabilities in learning activities

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) M. Arif Taboer, M.Pd 2) Indra Jaya, M.Pd
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Khusus
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 29 Jun 2022 00:06
Last Modified: 29 Jun 2022 00:06
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/30933

Actions (login required)

View Item View Item