PENGARUH LOCUS OF CONTROL TERHADAP PERILAKU MENYONTEK DALAM PELAJARAN MATEMATIKA PADA SISWA DI SMPN 5 TANGERANG SELATAN (2011)

PUTRI DWI AYU PRAESTI, . (2011) PENGARUH LOCUS OF CONTROL TERHADAP PERILAKU MENYONTEK DALAM PELAJARAN MATEMATIKA PADA SISWA DI SMPN 5 TANGERANG SELATAN (2011). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
BAB IV.pdf

Download (318kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (0B)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (139kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (192kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (206kB)
[img] Text
HALAMAN AWAL.pdf

Download (253kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (538kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Locus Of Control Terhadap Perilaku Menyontek dalam Pelajaran Matematika pada siswa di SMPN 5 Tangerang Selatan. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa SMPN 5 Tangerang Selatan sebanyak 1010 siswa. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 101 orang siswa. Pengambilan sampel dengan menggunakan teknik random sampling. Penelitian ini mengunakan dua buah instrumen sebagai alat ukur, yaitu instrument skala locus of control dengan model Likert dan instrumen perilaku menyontek saat ujian dan tugas. Metode analisa data dalam pengujian hipotesis menggunakan teknik Analisis Regresi. Hipotesis dalam penelitian ini adalah Ada pengaruh yang signifikan antara locus of control terhadap perilaku menyontek dalam pelajaran matematika pada siswa di SMPN 5 Tangerang Selatan. Berdasarkan hasil analisa ditemukan bahwa ada pengaruh signifikan antara locus of control dengan perilaku menyontek siswa. Persamaan regresi yang diperoleh yaitu Y=4,122-0,881X yang berarti ada pengaruh negatif antara locus of control dengan perilaku menyontek dengan nilai F 10,510; p=0,002<0,05 (Signifikan). Besar pengaruh (Adjusted R Square) locus of control terhadap perilaku menyontek siswa adalah 0.087 (8,7%) yang artinya bahwa locus of control mempengaruhi perilaku menyontek sebanyak 8,7 % dan sisanya 91,3% dipengaruhi oleh faktor lain diluar locus of control. Maka dapat di interpretasikan ada pengaruh negatif signifikan antara locus of control dengan perilaku menyontek. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa semakin tinggi locus of control siswa maka semakin rendah frekuensi menyonteknya dan sebaliknya semakin rendah locus of control siswa maka frekuensi menyonteknya akan semakin tinggi. The purpose of this research is to find out the effect of Locus Of Control towards Students’ Cheating in Mathematics Learning at SMPN 5 Tangerang Selatan. The population in this research is all of the students at SMPN 5 Tangerang Selatan up to 1010 students. The sample in this research is 101 students. The sample taking is using random sampling technique. In this research there are 2 instruments used as the measurement tools, they are scale locus of control instrument with Likert model and cheating behavior in taking test and doing assignment instrument. Regression Analysis is used in the data analysis method in the testing of the hypothesis. The hypothesis in this research is there are significant influences among the locus of control toward the students’ cheating behavior in mathematics learning at SMPN 5 Tanggerang Selatan. Based on the analysis result found that there are significant influences among the locus of control toward the students’ cheating behavior. The regression equality obtained is Y=4,122-0,881X which means there are negative influences among the locus of control toward the students’ cheating behavior with the value is F 10,510; p=0,002<0,05 (Significant). Great influence (Adjusted R Square) locus of control on cheating behavior of the students is 0.087 (8,7%) which means that locus of control affects the students’ cheating behavior up to 8,7 % and the residue is 91,3% affected by other factor out of the locus of control. So it can be interpreted that there are any significant negative effects among the locus of control with the cheating behavior. The research result concluded that the higher students 'locus of control, the frequency of the cheating is lower and conversely, that the lower the students' locus of control, then the frequency of the cheating will be higher

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Gumgum Gumelar, M.si 2) Lussy Dwiutami W, M.Pd
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan
Divisions: FPP > S1 Psikologi
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 29 Jun 2022 01:15
Last Modified: 29 Jun 2022 01:15
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/30955

Actions (login required)

View Item View Item