Pembelajaran Bahasa Arab di Islamic Boarding School MTs Negeri 31 Jakarta (Penelitian Etnografi)

IHSAN ARROOFI, . (2020) Pembelajaran Bahasa Arab di Islamic Boarding School MTs Negeri 31 Jakarta (Penelitian Etnografi). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (679kB)
[img] Text
Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (716kB)
[img] Text
Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (588kB)
[img] Text
Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (876kB)
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (608kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (350kB)
[img] Text
Cover.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh deskripsi yang jelas tentang pembelajaran bahasa Arab di Islamic Boarding School MTs Negeri 31 Jakarta. Penelitian ini menggunakan metodekualitatif deskriptif dan termasuk ke dalam penelitian etnografi realistis dengan teknik pengumpulan data melalui observasi lapangan, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan di Islamic Boarding School MTs Negeri 31 Jakarta yang berlokasi di daerah Buaran, Jakarta Timur. Penelitian dimulai dari September 2019 M hingga Januari 2020 M. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran bahasa Arab di Islamic Boarding School MTs Negeri 31 Jakarta berjalan dengan baik dan positif, baik dari segi kurikulum, tujuan, materi, kegiatan, dan evaluasi. Kurikulum yang digunakan adalah kurikulum Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dan Kementerian Agama dengan ditambah kurikulum pesantren modern. Adapun peserta didik terdiri dari anak laki-laki dan perempuan yang berusia 12-16 tahun dan dari domisili yang berbeda. Semua guru bahasa Arab adalah lulusan dari universitas dan pondok pesantren, yang telah memiliki pengalaman dalam belajar dan pembelajaran bahasa Arab. Tujuan pembelajaran bahasa Arab di Islamic Boarding School MTs Negeri 31 Jakarta adalah untuk mempersiapkan generasi Islam yang mencintai bahasa Arab, memahami Alquran dan hadis Nabi. Dan membantu peserta didik untuk belajar di sekolah dan meningkatkan keterampilan berbahasa mereka. Adapun materi pembelajaran untuk bahasa Arab berasal dari buku “Kitab Kuning”, dan untuk pelajaran sintaksis dan morfologi, guru menggunakan buku Jurumiyah, Kafrawi dan buku Amtsilah Tashrifiyah. Dan buku Fathul Qorib digunakan dalam metode membaca. Metode yang digunakan dalam pembelajaran bahasa Arab yaitu metode langsung, metode membaca, metode tata bahasa dan terjemahan, dan metode audio lisan. Dan media pembelajaran yang digunakan adalah papan tulis, buku paket, serta proyektor. Sedangkan evaluasi dalam pembelajaran bahasa Arab di Islamic Boarding School MTs Negeri 31 Jakarta berbentuk evaluasi tertulis dan evaluasi lisan untuk peserta didik tingkat akhir. Dan untuk kegiatan pembelajaran memiliki tiga kegiatan dasar, yaitu kegiatan pembuka, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. This study aims to obtain a clear description of learning Arabic in the Islamic Boarding School MTsN 31 Jakarta. This research uses descriptive qualitative methods and included in realistic ethnographic research with data collection techniques through field observations, interviews, and documentation. This research was conducted in Islamic Boarding School MTs Negeri 31 Jakarta at Buaran, East Jakarta. The study began from September 2019 to January 2020. The results of this study indicate that learning Arabic in Islamic Boarding School MTsN 31 Jakarta runs well and positively, both in terms of curriculum, objectives, material, activities, and evaluation. The curriculum used is the curriculum of the Ministry of Education and Culture and the Ministry of Religion plus a modern pesantren curriculum. The students consisted of boys and girls aged 12-16 years and from different domiciles. All Arabic teachers are graduates from universities and boarding schools, who have experience in Arabic learning. The purpose of learning Arabic at Islamic Boarding School MTsN 31 Jakarta is to prepare a generation of Muslims who love Arabic, understand the Qur'an and the traditions of the Prophet. And help students to learn in school and improve their language skills. The learning material for Arabic comes from the "Heritage Book" book, and for syntactic and morphological lessons, the teacher uses Jurumiyah, Kafrawi and Amtsilah Tashrifiyah books. And Fathul Qorib's book is used in the reading method. The methods used in learning Arabic are the direct method, the reading method, the grammar and translation method, and the oral audio method. And learning media used are blackboards, textbooks, and projectors. While the evaluation in learning Arabic at Islamic Boarding School MTsN 31 Jakarta took the form of written evaluation and oral evaluation for final level students. And for learning activities have three basic activities, namely opening activities, core activities, and closing activities

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Drs.Chakam Failasuf,M.Pd. ; 2). Dr.Muhammad Kamal,M.A.
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Arab
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Users 14626 not found.
Date Deposited: 29 Jun 2022 07:22
Last Modified: 29 Jun 2022 07:22
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/30970

Actions (login required)

View Item View Item