PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN PAIKEM SISWA KELAS IV SDN ANGKE 02 PAGI TAMBORA JAKARTA BARAT

TUSILAH, . (2012) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN PAIKEM SISWA KELAS IV SDN ANGKE 02 PAGI TAMBORA JAKARTA BARAT. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Abstak (for SKRIPSI).pdf

Download (23kB)
[img] Text
BAB V (rev).pdf

Download (29kB)
[img] Text
BAB I (revisi).pdf

Download (64kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (157kB)
[img] Text
BAB III (revisi).pdf

Download (125kB)
[img] Text
BAB IV (revisi).pdf

Download (267kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA (revisi).pdf

Download (22kB)
[img] Text
cover skripsi.pdf

Download (50kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (37kB)
[img] Text
lembar persetujuan komisi&panitia.pdf

Download (16kB)
[img] Text
Kata Pengantar.pdf

Download (19kB)
[img] Text
Lampiran.pdf

Download (98kB)
[img] Text
Surat Pernyataan (for SKRIPSI).pdf

Download (16kB)
[img] Text
surat keaslian (for SKRIPSI).pdf

Download (16kB)
[img] Text
riwayat hidup (for SKRIPSI).pdf

Download (28kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar Matematika siswa kelas IV di Sekolah Dasar melalui pendekatan PAIKEM. Pendekatan PAIKEM ini merupakan salah satu pendekatan yang dapat digunakan untuk peningkatan penguasaan dan pemahaman siswa terhadap berbagai mata pelajaran karena diyakini PAIKEM dapat membantu siswa menyerap pengetahuan dan mampu menggunakan pengetahuan dalam memecahkan permasalahan dalam kehidupan sehari hari. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Angke 02 Pagi, Kecamatan Tambora, Jakarta Barat. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV yang berjumlah 39 orang pada semster I tahun Pelajaran 2011 – 2012. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Metode ini dilaksanakan dalam dua siklus, yang dilaksanakan dalam tiga kali pertemuan dengan tindakan perbaikan pada setiap siklusnya. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan lembar tes siswa, lembar kerja siswa, dan kamera photo. Hasil penelitian ini menunjukan adanya peningkatan hasil belajar Matematika bagi siswa kelas IV SD Negeri Angke 02 Pagi melalui pendekatan PAIKEM. Persentase hasil belajar pada siklus I mencapai 71%, hingga hasil belajar siswa pada siklus II mencapai 79%. Hal tersebut diperoleh dengan persentase aktifitas pembelajaran PAIKEM siklus I 73%, siklus II 87%. Korelasi antara hasil belajar yang diperoleh dan pembelajaran melalui pendekatan PAIKEM adalah semakin efektif pembelajaran PAIKEM semakin tinggi hasil belajar yang diperoleh. The purpose of this study is to improve the results of fourth grade students learn math in elementary school through PAIKEM approach. PAIKEM approach is one approach that can be used to increase students' mastery and understanding of math concepts that are abstract, through personal experience. Thus, students can understand the meaning of the subject matter to be associated with real-life context. The research was conducted in 02 primary schools Angke morning, District of Tambora, West Jakarta. The subjects in this study were fourth grade students, amounting to 39 people in semester I in Lessons from 2011 to 2012.The method used in this study is Classroom Action Research. This method is implemented in two cycles, which was implemented in three meetings with the corrective action on each cycle. Collecting data in this study using student test sheets, student worksheets, and photo cameras. The results of this study showed an increase in the learning of Mathematics for Elementary School fourth graders Angke 02 Morning PAIKEM approach. Percentage of learning outcomes in the cycles I reached 71%, until the results of student learning in cycle II reached 79%. This is attained by the percentage of learning activities PAIKEM I cycle 73%, 87% cycle II. The correlation between the results obtained and lessons learned through the more effective approach is learning PAIKEM PAIKEM higher learning results obtained

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dra. Maratun Nafiah, M,Pd 2) Drs. Kasina Ahmad, M.Pd
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Pendidikan Dasar dan Menengah
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 29 Jun 2022 07:35
Last Modified: 29 Jun 2022 07:35
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/31026

Actions (login required)

View Item View Item