BENTUK – BENTUK PERILAKU MENYONTEK PADA SISWA KELAS XI DI SMA NEGERI 58 JAKARTA TIMUR TAHUN AKADEMIK 2010/2011

ULFA DANNI ROSADA, . (2011) BENTUK – BENTUK PERILAKU MENYONTEK PADA SISWA KELAS XI DI SMA NEGERI 58 JAKARTA TIMUR TAHUN AKADEMIK 2010/2011. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
ISI Skripsi FINAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK dan Kata Pengantar FINAL.pdf

Download (290kB)
[img] Text
Cover FINAL.pdf

Download (103kB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP FINAL.pdf

Download (23kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bentuk-bentuk menyontek pada siswa kelas XI di SMA Negeri 58 Ciracas Jakarta Timur. Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 58 Jakarta. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dengan kategori survei. Populasi penelitian ini berjumlah 320 siswa, dengan pengambilan sampel menggunakan teknik sampling kuota sebanyak 25% dari 320 siswa yaitu 80 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket dengan pilihan jawaban tertutup (ya/tidak). Untuk menguji validitas instrumen digunakan rumus point biserial. Sedangkan untuk uji reliabilitasnya menggunakan rumus KR-20, hasilnya adalah 0,899 artinya reliabel dan layak untuk digunakan dalam proses pengumpulan data. Hasil penelitian ini menggambarkan bahwa bentuk-bentuk menyontek di SMA Negeri 58 Jakarta Timur kelas XI yaitu dengan memanfaatkan kemajuan teknologi seperi jam tangan, papan digital, hp, MP3, MP4 memiliki persentase tertinggi sebesar 60,75%, pada aspek urutan kedua, membantu/diberi contekan sebasar 58,75%, dan dengan menggunakan alat bantu lain yang tidak diperbolehkan dalam ujian sebesar 38,75%. Implikasi dari penelitian ini adalah bagi siswa sendiri perilaku menyontek mempunyai dampak psikologis yang luar biasa bagi seorang siswa dalam proses pembelajarannya yang kemudian akan menjadi sebuah kebiasaan. Apabila hal ini diteruskan selain rasa percaya diri siswa yang berkurang kebiasaan menyontek dapat memicu siswa lain untuk melakukan hal yang sama. Implikasi yang kedua, yaitu implikasi terhadap sekolah. Sekolah sebenarnya tidak mendapatkan dampak negatif langsung dari menyontek siswa selama tolok ukur utama yang dipakai oleh sekolah tersebut adalah pencapaian nilai akademis tertinggi. This research stands from the social facts that student cheating behavior has evolved enormously. Many kinds of ways and various cheating technique has been used by the student to achieve the highest rank at the school. Ironically, education institutions and its policy makers pay little attention on student cheating act. In regards to this matter, this research aimed to describe cheating formats among the high school students. The field research was conducted in SMA Negeri 58 Ciracas Jakarta Timur. Through quota sampling method, 80 students from XI grade was selected as the sample. By using descriptive with survey category method, this research revealed that technological gadget such as Cell phone, MP3 and MP4 is the student most favorite tools to cheat. It’s scored 60,75 percent. While cooperation among students and other traditional cheating techniques such as taking notes or bring book during the examination respectively scored 58,75 percent and 38,75 percent.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dra. Gantina Komalasari, M.Psi 2) Dra. Endang Setyowati
Subjects: Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Divisions: FIP > S1 Bimbingan Dan Konseling
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 29 Jun 2022 07:43
Last Modified: 29 Jun 2022 07:43
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/31028

Actions (login required)

View Item View Item