HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI NILAI PELANGGAN DENGAN KEPUASAN PELANGGAN PT. HUTCHISON CP TELECOM INDONESIA (TRI INDONESIA) PADA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA

DWI YUNIARTI, . (2011) HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI NILAI PELANGGAN DENGAN KEPUASAN PELANGGAN PT. HUTCHISON CP TELECOM INDONESIA (TRI INDONESIA) PADA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Hubungan Antara Persepsi Nilai Pelanggan dengan Kepuasan Pelanggan - Dwi Yuniarti.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data empiris dan fakta yang sahih, valid serta dapat dipercaya tentang apakah ada hubungan antara Persepsi Nilai Pelanggan Dengan Kepuasan Pelanggan PT. Hutcison CP Telecom Indonesia (Tri Indonesia). Penelitian ini dilakukan di Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta, selama 5 bulan terhitung dari bulan Februari 2011sampai bulan Juni 2011. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey dengan pendekatan korelasional. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu teknik acak sederhana. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta, dan populasi terjangkaunya yaitu mahasiswa Jurusan Ekonomi dan Administrasi yang berjumlah 100 mahasiswa. Sampel yang diambil sebanyak 78 orang, dan dilakukan dengan uji persyaratan analisis. Untuk menjaring data dari kedua varaibel digunakan kuesioner model skala likert untuk persepsi nilai pelanggan (Variabel X) dan kepuasan pelanggan (Variabel Y). Sebelum instrument ini digunakan, dilakukan uji validitas untuk kedua variabel. Untuk variabel X, dari 36 butir pernyataan setelah divalidasi terdapat 10 butir pernyataan yang drop, sedangkan yang memenuhi kriteria atau valid terdiri dari 26 butir pernyataan. Untuk variabel Y, dari 40 butir pernyataan setelah divalidasi terdapat 8 butir pernyataan yang drop, sedangkan yang memenuhi kriteria atau valid terdiri 32 butir pernyataan. Perhitungan reliabilitas kedua variabel itu menggunakan rumus Alpha Cronbach. Hasil reliabilitas varibel X sebesar 0,92031 dan hasil reliabilitas variabel Y sebesar 0,937. Uji persyaratan analisis yaitu uji normalitas galat taksiran regresi Y atas X dengan uji liliefors menghasilkan L hitung = 0.0625, sedangkan L tabel untuk n = 78 pada taraf signifikan 0,05 adalah 0.1003. Karena L hitung < L tabel maka galat taksiran Y atas X berdistribusi normal. Persamaan regresi yang dihasilkan adalah Ŷ = 49.81 + 0.77X . Dari uji keberartian regresi menghasilkan F hitung > F tabel , yaitu 99.26 > 3,98, artinya persamaan regresi tersebut signifikan. Uji linearitas regresi menghasilkan Fhitung < F tabel yaitu 1,65 < 1,72, sehingga disimpulkan bahwa persamaan regreasi tersebut linier. Koefisien korelasi Product Moment dari Pearson menghasilkan rxy = 0.753 , selanjutnya dilakukan uji keberartian koefisien korelasi dengan menggunakan uji t dan dihasilkan t hitung =9.976 dan t tabel =1.680. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa koefisien korelasi rxy = 0.753 adalah signifikan. Koefisien determinasi yang diperoleh sebesar 56.70 % yang menunjukkan bahwa 56.70 % kepuasan pelanggan ditentukan oleh persepsi nilai pelanggan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan terdapat hubungan positif antara persepsi nilai pelanggan dengan kepuasan pelanggan PT. Hutchison CP Telecom indonesia (Tri Indonesia). Purpose of this research is to find empirical data, valid and reliable fact, about the possibility correlation between customer perceived value with customer satisfaction. This research was conducted at the Economic Faculty, State University of Jakarta, during five months since February 2011 until Juni 2011. The research used survey methods by correlation approach. The sampling technique was simple random sampling. The population were students of Economic Faculty, State University of Jakarta, and the reached of population were students of Economic and Administration Department amounts to 100 students. Samples taken as many as 78 students. To get data from two variables, researcher using likert scale model for customer perceived value (X) and customer satisfaction (Y). For variable X, from 36 statements which had validated, 26 statements were valid and 10 statements were drop. For variable Y, from 40 statements which had validated, 32 statements were validated and 8 statements were drop. The calculation reliability of both variable were using Alpha Cronbach method and variable X reliability is 0.92031 and variable Y is 0.937. this proof that the instrument were valid and reliable. Analysis of condition test, which is normality error test for regression approximates of X on Y with liliefors test, results in Lcount = 0.0625, and Ltabel for n = which level significant of 0, 05 is 0.1003. Because the L count <L table then normality error test is normal distribution. The resulting regression equation was Y = 49.81+ 0.77X. The equation for linear regression is Ŷ= a+bX. Significance regression result in Fcount > Ftabel, is 99.26> 3.98 it’s mean that the regression equation is significant. And linearity regression test yield, in Fcount < Ftabel is 1.65 <1.72 that can be interpreted that the regression equation is linear. Result of hypotesis test which pearson’s product moment show’s that rxy = 0.753, then significance of product moment correlation test whith t-test which yields tcount = 9.976 and tt table = 1.680. it can be result that product moment correlation rxy = 0.753 is significant. Coefficient of determined obtain equal to 56.70% it’s mean that 56.70% variation of the customer satisfaction determined by the customer perceived value. The result of this research was shown that there is positive correlation between customer perceived value with satisfaction of PT. Hutchison CP Telecom Indonesia (Indonesia Tri) customers.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Setyo Ferry Wibowo,SE,M.Si. 2) Dra. Nurahma Hajat, M.Si
Subjects: Manajemen > Manajemen Pemasaran
Divisions: FE > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 29 Jun 2022 19:52
Last Modified: 29 Jun 2022 19:52
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/31060

Actions (login required)

View Item View Item