HUBUNGAN ANTARA KEMANDIRIAN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN MENATA PRODUK PADA SMKN 16 JAKARTA PUSAT

EKA NUR SYAFRIAL, . (2011) HUBUNGAN ANTARA KEMANDIRIAN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN MENATA PRODUK PADA SMKN 16 JAKARTA PUSAT. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI EKA.pdf

Download (673kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan data yang sahih, valid dan dapat dipercaya mengenai hubungan antara Kemandirian Belajar dengan Hasil Belajar Siswa di SMK Negeri 16 Jakarta Pusat. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan pendekatan korelasional. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SMK Negeri 16 Jakarta Pusat. Sedangkan populasi terjangkaunya adalah Seluruh siswa kelas XII Pemasaran sebanyak 66 siswa. Dari jumlah populasi terjangkau tersebut diambil sampel sebanyak 55 siswa. Pengambilan sampel tersebut didasarkan pada tabel penentuan jumlah sampel dari populasi tertentu dengan taraf kesalahan 5%. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah teknik acak sederhana (Simple Random Sampling technique). Dari hasil perhitungan diperoleh persamaan regresi linear sederhana Ŷ= 52,83 + 0,192 X. Uji persyaratan analisis untuk menguji normalitas galat taksiran regresi Y atas X menunjukan bahwa galat taksiran regresi Y atas X berdistribusi normal. Hal ini dibuktikan dari Lhitung (0,086) < Ltabel (0,119) dengan mengunakan Uji Liliefors pada taraf signifikan (α) = 0,05 Dalam uji hipotesis, uji keberartian dan kelinieran regresi menggunakan Tabel Analisis Varians (ANAVA). Dari hasil uji keberartian regresi diperoleh Fhitung= (18,19) > Ftabel= (3,95) yang menyatakan regresi berarti. Dari hasil uji linieritas regresi diperoleh Fhitung= (1,06) < Ftabel= (2,08) yang menunjukan bahwa model regresi yang digunakan adalah linier. Koefisien korelasi yang dihitung dengan mengunakan rumus Product Moment menghasilkkan rxy sebesar 0,505 sedangkan hasil dari uji signifikansi diperoleh thitung sebesar 4,26 dan ttable sebesar 1,68. Dikarenakan thitung > ttable, maka disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara Disiplin Belajar dengan Prestasi Belajar. Perhitungan koefisien determinasi menunjukan 25,55%. variasi variable Y ditentukan oleh variable X. Kesimpulan penelitian adalah terdapat hubungan yang positif antara Kemandirian Belajar dengan Hasil Belajar Siswa. Hal tersebut berarti semakin besar tingkat Kemandirian siswa maka semakin besar Hasil Belajar Siswa. Begitu juga sebaliknya, jika tingkat Kemandirian siswa rendah maka semakin kecil Hasil Belajarnya This study aims to obtain valid data, valid and reliable study on the relationship between the independence of the Student Results on the SMK Negeri 16 Jakarta. This study uses a survey method with the correlational approach. The study population was all students of SMK Negeri 16 Jakarta. While the population of inaccessibility is the whole class XII student of Marketing as many as 66 students. Of the total population was taken reasonable sample of 55 students. The sampling was based on the determination of the amount of sample table of a given population with a standard error of 5%. The sampling technique in this study is a simple random technique. From the calculation results obtained by simple linear regression equation Ŷ= 52,83 + 0,192 X. Test requirements analysis to test the normality of the error estimates of regression of Y on X shows that the error estimates of regression of Y on X is normally distributed. This is evidenced from Lhitung (0.086) <Ltabel (0.119) using the test Liliefors at significant level (α) = 0.05. Hypothesis testing, regression testing keberartian and linearity using Analysis of Variance Table (ANAVA). From the test results obtained regression keberartian Fhitung = (18,19)> Ftabel = (3.95) which states the regression mean. From the linearity of the regression test results obtained Fhitung = (1.06) <Ftabel = (2.08) which indicates that the regression model used is linear. The correlation coefficient is calculated using the formula rxy menghasilkkan Product Moment of 0.505 while the results obtained from tests of significance of 4.26 and ttable thitung of 1.68. Due thitung> ttable, it was concluded that there is a significant relationship between the Discipline Learning with Learning Achievement. The calculation of the coefficient of determination showed 25.55%. variation of the variable Y is determined by the variable X. Conclusion of research is that there is a positive relationship between the independence of the results of Student Learning. This means that the greater level of independence of students, the greater the Student Results. Vice versa, if the low level of independence of the smaller student learning results

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dra. Dientje Griandini, 2) Dra. Corry Yohana M.M,
Subjects: Manajemen > Manajemen Pemasaran
Divisions: FE > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 29 Jun 2022 19:54
Last Modified: 29 Jun 2022 19:54
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/31061

Actions (login required)

View Item View Item