HUBUNGAN ANTARA BIMBINGAN BELAJAR DARI ORANGTUA DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA SMK NEGERI 46 DI JAKARTA TIMUR

EKA NURSARI, . (2011) HUBUNGAN ANTARA BIMBINGAN BELAJAR DARI ORANGTUA DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA SMK NEGERI 46 DI JAKARTA TIMUR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI EKA NURSARI (8135070416) Pend.Tata Niaga.pdf

Download (14MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan pengetahuan berdasarkan data atau fakta yang benar, valid, tepat dan dapat dipercaya serta dapat diandalkan mengenai hubungan antara bimbingan belajar dari orangtua dengan prestasi belajar siswa SMK Negeri 46 di Jakarta Timur. Penelitian ini dilakukan di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 46 di Jakarta Timur selama tiga bulan terhitung sejak April 2011 sampai dengan Juni 2011. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey dengan pendekatan korelasional. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu teknik acak sederhana. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMKN 46. Berdasarkan survei awal, populasi terjangkau adalah siswa kelas XI Jurusan Pemasaran sebanyak 70 orang. Kemudian berdasarkan sampel dari tabel populasi, diambil sampel sebanyak 58 orang dengan sampling error 5 %. Untuk menjaring data dari Bimbingan Belajar dari Orangtua (variabel X) digunakan kuesioner model skala likert. Sedangkan untuk Prestasi Belajar Siswa (variabel Y) menggunakan data sekunder, yaitu nilai rapot semester 1/2/3 tahun pelajaran 2009/2010/2011. Perhitungan reliabilitas variabel X menggunakan rumus Alpha Cronbach. Hasil reliabilitas varibel X sebesar 0,891. Hasil ini membuktikan bahwa instrumen tersebut reliable. Uji persyaratan analisis yaitu uji normalitas galat taksiran regresi Y atas X dengan uji liliefors menghasilkan L hitung = 0.0926, sedangkan L tabel untuk n=58 pada taraf signifikan 0,05 adalah 0.1163. Karena L hitung < L tabel maka galat taksiran Y atas X berdistribusi normal. Persamaan regresi yang dihasilkan adalah Ŷ = 52,820 + 0,15908 X. Dari uji keberartian regresi menghasilkan Fhitung > Ftabel , yaitu 48,46 > 4,02, artinya persamaan regresi tersebut signifikan. Uji linearitas regresi menghasilkan F hitung < F tabel yaitu 1,36 < 1,87, sehingga disimpulkan bahwa persamaan regreasi tersebut linier. Koefisien korelasi Product Moment dari Pearson menghasilkan rxy = 0.688 , selanjutnya dilakukan uji keberartian koefisien korelasi dengan menggunakan uji t dan dihasilkan t hitung = 7,09 dan t tabel = 1,671. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa koefisien korelasi rxy = 0.688 adalah signifikan. Koefisien determinasi yang diperoleh sebesar 47,33 % yang menunjukkan bahwa 47,33 % prestasi belajar ditentukan oleh bimbingan belajar dari orangtua. Hasil perhitungan menyimpulkan terdapat hubungan yang positif antara bimbingan belajar dari orangtua dengan prestasi belajar siswa SMK Negeri 46 di Jakarta Timur. Purpose of this of this research is to gain knowledge based on data or facts correct, valid, accurate and trustworthy, and reliable statistics on the correlation between the tutoring from parents with learning achievement of students SMK Negeri 46 in East Jakarta. This research was conducted at the State Vocational School (SMK), 46 in East Jakarta was three months, since April until June 2011. The research method used is survey method with the correlation approach. The sampling technique used is simple random technique. The population in this study were students in grade XI Department of Marketing SMKN 46. Based on initial surveys, the population is affordable Marketing a XI class student as much as 70 people. Then based on a sample of the population table, retrieved a sample of 58 people with a sampling error of 5%. To capture data from a The Tutoring of Parents (variable X) used questionnaire Likert scale model. As for Student Achievement (variable Y) used secondary data, ie learning outcomes semester 2009/2010/2011. Calculation X variable reliability using Cronbach alpha formula. The result of the X variable reliability of 0.891. These results prove that the instrument is reliable. Test requirements for analysis of the estimated regression error normality test Y on X with the test liliefors produce L count = 0.0926, while the L table for n = 58 at 0.05 significant level is 0.1163. Because the count L < L table then the error estimate of Y on X have normal distribution. The resulting regression equation is Ŷ = 52,820 + 0,15908 X. From the significance test of regression produces Fcount> Ftable, ie 48,46 > 4.02, mean regression equation was significant. Testing linearity of regression to produce F count < F table that is 1,36 < 1,87, which concluded that the linear equation regreasi. The correlation coefficient of Pearson Product Moment produce rxy = 0688, then performed significance test of correlation coefficient using the t test and the resulting t test = 7,09 and t table = 1.671. It can be concluded that the correlation coefficient rxy = 0,688 is significant. The coefficient of determination is obtained equal to 47,33 %, 47,33 % which shows that Student Achievement is determined by the the tutoring of parents. The calculation result concludes there is a positive correlation between The Tutoring of Parents with Student Achievement SMK Negeri 46 Jakarta in East Jakarta.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dra.Nurahma Hajat,M.Si, 2) Dra.Rochyati,
Subjects: Manajemen > Manajemen Pemasaran
Divisions: FE > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 29 Jun 2022 19:57
Last Modified: 29 Jun 2022 19:57
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/31062

Actions (login required)

View Item View Item