HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSI TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DI SMA NEGERI 28 JAKARTA

FAJAR RIANTO, . (2011) HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSI TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DI SMA NEGERI 28 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI FAJAR RIANTO.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat Hubungan Antara Kecerdasan Emosi dengan Prestasi Belajar siswa pada semua mata pelajaran di SMA Negeri 28 Jakarta kelas XI program IPS. Penelitian ini dilakukan selama empat bulan terhitung mulai bulan April sampai dengan bulan Juli 2010. Metode penelitian yang digunakan adalah metode ex post facto dengan pendekatan korelasional. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah teknik simple random sampling. Dalam hipotesis penelitian ini terdapat hubungan positif antara kecerdasan emosi dengan prestasi belajar siswa pada semua mata pelajaran kelas XI program IPS, makin tinggi kecerdasan emosi siswa maka semakin meningkat pula prestasi belajarnya. Hipotesis tersebut diuji dengan menggunakan uji analisis Korelasi Product Moment dari Karl Pearson dan uji t untuk mengetahui keberartian korelasi kedua variabel serta Koefisien Determinasi untuk mengetahui besarnya kontribusi variabel X terhadap variabel Y. Uji persyaratan analisis yang dilakukan adalah dengan mencari persamaan regresi yang didapat adalah Ŷ = 39,07 + 0,384X. Hasil Uji Normalitas Lilliefors menghasilkan Lhitung = 0,082 sedangkan Ltabel untuk n = 65 pada taraf signifikansi 0,05 adalah 0,1099. Karena Lhitung < Ltabel maka variabel X dan Y berdistribusi normal. Pengujian hipotesis dengan Uji Keberartian Regresi menghasilkan Fhitung (52,50) > Ftabel (4,00) yang berarti persamaan regresi tersebut signifikan. Uji Kelinieran Regresi menghasilkan Fhitung (-1,61) < Ftabel (1,80) sehingga disimpulkan bahwa persamaan regresi tersebut linier. Uji Koefisien Korelasi Product Moment menghasilkan rhitung = 0,674. Selanjutnya dilakukan uji keberartian koefisien korelasi dengan menggunakan uji-t, menghasilkan thitung (7,24) > ttabel (1,67). Hasil penelitian tersebut menyimpulkan bahwa terdapat hubungan antara kecerdasan emosi dengan prestasi belajar. Dengan uji Koefisien Determinasi atau penentu diperoleh hasil 45,43% variabel prestasi belajar siswa (Y) ditentukan oleh kecerdasan emosi (X). This study aimed to determine whether there is a Relationship Between Emmotional Intelligence with student achievement in SMAN 28 Jakarta. This research was conducted over four months from April to July 2010. The research method is a method of “Ex post Facto” correlational approach. The sampling technique in this study is simple random sampling technique. In the Hypothesis of this research have a positive relationship between emotional intelligence with student achievement , the higher the emotional intelligence of student is also increasing achievement . The hypothesis is tested using product moment correlation analysis test of Karl Pearson and t-test to determine significance of correlation both variables and Coefficients of Determination to know the size of the contribution of variable X and variable Y. The analysis test by finding regression equation, that is Ŷ = 39,07+ 0,384X. After that data normality test by using Liliefors Formula and the result is Lcount = 0,082 in significant level 0,05 and Ltable = 0,1099, so Lcount < Ltable. Mean that the mistake of prediction regression Y to X has normal distribution. For Regression Significance test and the result is, Fcount (52,50) > Ftable (4,00). Showing that, it has significance regression. While regression linearity test, Fcount (-1,61) < Ftable (1,80), showing that regression is linear. The result of Product Moment of correlations coefficient test, is rxy = 0,674 continued by using correlations coefficient significance test with t-test. Counting result is, tcount = (7,24) while ttable = (1,67) and so, tcount > ttable. It means that there are significance and positive correlations between Emmotional Intelligence with achievment study of student. Beside that, the result of determination coefficient test is 45,43%, it means that achievement result study of student variable determined by 45,43% student Emmotional Intelligence variable. The conclusion of the research have shown that there is a correlations between Relationship Between Emmotional Intelligence with the achievement study of students in SMAN 28 Jakarta.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dra. Helma Rusdy MM, 2) Tri Hesti Utaminingtyas, SE, M.SA,
Subjects: Ilmu Sosial > Industri, Buruh, Produksi > Pendidikan Ekonomi
Ilmu Sosial > Perdagangan > Akuntansi
Divisions: FE > S1 Akuntansi
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 29 Jun 2022 23:48
Last Modified: 29 Jun 2022 23:48
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/31072

Actions (login required)

View Item View Item