KENDALA-KENDALA YANG DIHADAPI MAHASISWA DALAM PELAKSANAAN PROGRAM PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SMA NEGERI 76 JAKARTA ( Studi Deskriptif )

AGUNG WANTORO, . (2011) KENDALA-KENDALA YANG DIHADAPI MAHASISWA DALAM PELAKSANAAN PROGRAM PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SMA NEGERI 76 JAKARTA ( Studi Deskriptif ). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
BAB III.pdf

Download (106kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (52kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (115kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (68kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (185kB)
[img] Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP_EDIT.pdf

Download (15kB)
[img] Text
ABSTRAK_EDIT.pdf

Download (51kB)
[img] Text
cover_EDIT.pdf

Download (34kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (54kB)
[img] Text
DAFTAR PUTAKA_EDIT.pdf

Download (10kB)
[img] Text
MOTTO DAN PERSEMBAHAN_EDIT.pdf

Download (0B)
[img] Text
KATA PENGANTAR_EDIT.pdf

Download (88kB)
[img] Text
ORISINALITAS & PENGESHAN.pdf

Download (352kB)
[img] Text
Catatan Lapangan_2.pdf

Download (143kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang kendala-kendala yang dihadapi mahasiswa dalam pelaksanaan Program Pengalaman Lapangan (PPL) di SMAN 76 Jakarta. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Agustus hingga November 2010. Metode yang digunakan yaitu metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini melalui kegiatan obsevasi di lapangan dan pengumpulan data melalui catatan lapangan dan wawancara mengenai kendala yang dihadapi mahasiswa dalam pelaksanaan PPL di SMAN 76 Jakarta. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari informan kunci dan informan inti. Informan kunci yaitu Ibu Cendana sebagai dosen pembimbing. Sedangkan informan inti adalah mahasiswa PPL yang berjumlah empat orang. Teknik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara, dokumentasi, dan tinjauan pustaka. Hasil penelitian ini adalah untuk mengetahui kendala apa saja yang dihadapi oleh mahasiswa dalam pelaksanaan PPL khususnya dikaitkan dengan standar kompetensi guru. Dalam pelaksanaan penelitian difokuskan tentang penguasaan kompetensi pedogogik, kompetensi kepribadian, kompetensi professional, kompetensi sosial dan mengetahui bagaimana cara mahasiswa menghadapi masalah tersebut. Berdasarkan hasil kesimpulan bahwa banyak terjadi kendala selama pelaksanaan PPL. Setiap mahasiswa yang melaksanakan PPL di SMAN 76 Jakarta memiliki gaya mengajar yang berbeda-beda, yang menjadi sorotan adalah dalam penguasaan kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional. Sedangkan cara mahasiswa PPL dalam menghadapi masalah adalah dengan adanya ketegasan dosen, mahasiswa tersebut tidak sadar terhadap tanggung jawabnya sebagai guru, sebagian besar mahasiswa tidak siap dalam mengajar di kelas. Dengan cara mendapatkan teguran mahasiswa baru bisa berubah untuk memenuhi tanggung jawab yang dibebankan kepada mahasiswa PPL

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dra. Corry Iriany R. M.Pd 2) Dra. Budiarti. M.Pd
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 30 Jun 2022 02:12
Last Modified: 30 Jun 2022 02:12
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/31085

Actions (login required)

View Item View Item