UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING ( Penelitian Tindakan Kelas di SMK Walisongo Bekasi )

APRILIA MEGA ASTRI, . (2011) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING ( Penelitian Tindakan Kelas di SMK Walisongo Bekasi ). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
4 MOTO NEW.pdf

Download (33kB)
[img] Text
1 COVER.pdf

Download (184kB)
[img] Text
3 Copy of LEMBAR PENGESAHAN, HALAMAN PERNYATAAN ORISINALITAS.pdf

Download (325kB)
[img] Text
2 ABSTRAK NEW.pdf

Download (68kB)
[img] Text
3 LEMBAR PENGESAHAN, HALAMAN PERNYATAAN ORISINALITAS.pdf

Download (93kB)
[img] Text
6 DAFTAR ISI NEW.pdf

Download (64kB)
[img] Text
7 skripsi hardcover print.pdf

Download (327kB)
[img] Text
8 LEMBAR OBSERVASI NEW.pdf

Download (68kB)
[img] Text
5 KATA PENGANTAR NEW.pdf

Download (58kB)
[img] Text
13 Program Semester PKn Kelas X.pdf

Download (38kB)
[img] Text
9 PROGRAM TAHUNAN PKN Kelas X.pdf

Download (64kB)
[img] Text
10 RANCANGAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN.pdf

Download (416kB)
[img] Text
11 LAMPIRAN 2 DST.pdf

Download (0B)
[img] Text
12 SILABUS PKN KELAS X.pdf

Download (112kB)
[img] Text
15 KETERANGAN, IZIN, RIWAYAT HIDUP NEW.pdf

Download (1MB)
[img] Text
14 CATATAN HASIL OBSERVASI.pdf

Download (219kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar pendidikan kewarganegaraan melalui penerapan model pembelajaran mind mapping. Kelas yang dijadikan tempat penelitian adalah kelas X AK, dan sasaran penelitian adalah siswa SMK Walisongo Bekasi kelas X AK (Akutansi). Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan pada mata pelajaran PKn dengan Standar Kompetensi menampilkan sikap positif terhadap sistem hukum dan peradilan nasional. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan selama tiga siklus selama dua bulan terhitung dari bulan November sampai Desember 2011 dan dalam pelaksanaan penelitian ini peneliti dibantu oleh seorang kolaborator. Berdasarkan hasil observasi pelaksanaan penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada setiap siklusnya maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Mind Mapping pada mata pelajaran PKn mampu meningkatkan hasil pembelajaran siswa mencapai rata-rata pre test 54.2 post test 67.8 pada siklus pertama. Pre test 70 post test 73.6 pada siklus kedua, dan pre test 74.2 post test 83.6 pada siklus ketiga, hal ini dapat dilihat melalui Daftar nilai siswa dan lembar observasi yang mengalami kemajuan pada tiap siklusnya. Berdasarkan hasil pengamatan terhadap siswa tentang kesiapan siswa dalam menerima pelajaran, pemahaman oleh siswa tentang tujuan pembelajaran, aktivitas siswa dalam mencari dan memberi tanggapan serta pendapat, perhatian siswa terhadap materi yang diajarkan, perhatian siswa dalam mengajukan pertanyaan, partisipasi siswa dalam menjawab pertanyaan guru, dan partisipasi siswa dalam menanggapi pertanyaan dari siswa lain serta keseriusan dan konsentrasi siswa dalam belajar pada siklus pertama dapat dikategorikan kurang, sedangkan komponen perhatian siswa terhadap materi yang diajarkan dan kedisiplinan siswa dapat dikategorikan cukup. Pada siklus kedua, aktivitas siswa dalam mencari dan memberi informasi dan aktivitas siswa dalam memberi tanggapan serta pendapat, dikategorikan kurang, sedangkan kesiapan siswa dalam menerima pelajaran, pemahaman siswa tentang tujuan pembelajaran, perhatian siswa terhadap materi yang diajarkan, partisipasi siswa dalam mengajukan pertanyaan, partisipasi siswa dalam menjawab pertanyaan guru, partisipasi siswa dalam menanggapi pertanyaan dari siswa lain, serta keseriusan dan konsentrasi siswa dalam belajar dikategorikan cukup. Sementara kedisiplinan siswa dikategorikan baik. Dan pada siklus ketiga, aktivitas siswa dalam mencari dan memberi informasi serta partisipasi siswa dalam menanggapi pertanyaan dari siswa lain dikategorikan cukup. sedangkan kesiapan siswa dalam menerima pelajaran, pemahaman siswa tentang tujuan pembelajaran, aktivitas siswa dalam mencari dan memberi tanggapan serta pendapat, perhatian siswa terhadap materi yang diajarkan, partisipasi siswa dalam mengajukan pertanyaan, partisipasi siswa dalam menjawab pertanyaan guru, kedisiplinan siswa, serta keseriusan dan konsentrasi siswa dalam belajar dikategorikan baik. Dari tiga siklus tersebut terlihat bahwa pada setiap siklus terjadi perubahan yang signifikan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dr. Achmad Husen, M.Pd 2) Drs. Tjipto Sumadi, M.Si, M.Pd
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 30 Jun 2022 02:24
Last Modified: 30 Jun 2022 02:24
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/31090

Actions (login required)

View Item View Item