PERGESERAN PANDANGAN TERHADAP PENDIDIKAN ANAK DI KALANGAN MASYARAKAT BAWAH (Studi Kasus Program Saturday Academy oleh HOPE Worldwide Indonesia di Pedongkelan, Jakarta Timur)

GUNAWAN SAGITA, . (2011) PERGESERAN PANDANGAN TERHADAP PENDIDIKAN ANAK DI KALANGAN MASYARAKAT BAWAH (Studi Kasus Program Saturday Academy oleh HOPE Worldwide Indonesia di Pedongkelan, Jakarta Timur). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Tetek Bengek Skripsi.pdf

Download (39kB)
[img] Text
Cover Skripsi.pdf

Download (9kB)
[img] Text
Gabungan Skripsi.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai pergeseran pandangan masyarakat terhadap pendidikan anak di Pedongkelan melalui Saturday Academy. SA merupakan sebuah program pembimbingan belajar gratis yang diperuntukkan bagi anak-anak miskin di Pedongkelan yang berusia sekolah antara kelas TK A sampai kelas 3 SMP. Program ini diadakan setiap hari Sabtu yang berlokasi di Jl. Perintis Kemerdekaan Rw. 15, khususnya Rt. 06 dan Rt. 07 Pedongkelan, Jakarta Timur. Pada program ini, anak�anak mendapat tambahan belajar di luar jam sekolah. Materi pelajaran yang diberikan di dalam SA adalah materi-materi pelajaran yang biasa diajarkan di sekolah. Tujuan dari program ini adalah agar anak-anak di Pedongkelan bisa mendapatkan akses yang lebih besar kepada pendidikan yang lebih layak. Penelitian ini merupakan studi kualitatif yang menggunakan beberapa konsep tentang pemberdayaan. Dalam penelitian ini, pemberdayaan dipahami sebagai sebuah proses memberi kemampuan kepada masyarakat, terutama anak-anak, melalui pendidikan. Temuan lapangan pada penelitian ini menginformasikan bahwa segmentasi dari program ini adalah anak-anak dari keluarga miskin yang ada di Pedongkelan. Selain itu, temuan lapangan juga menunjukkan bagaimana respon dari pejabat pemerintah setempat dan dampak program ini baik secara langsung kepada anak-anak maupun secara tidak langsung kepada orang tua. Informan pada penelitian ini terbagi ke dalam dua jenis yaitu informan inti dan informan penunjang. Informan inti terdiri dari anak-anak, Pak Petrus, dan Ibu Entin. Sedangkan informan penunjang terdiri dari orang tua, relawan, dan pejabat pemerintah setempat. Berdasarkan temuan lapangan di atas, penulis kemudian memaparkan analisis yang menggambarkan bagaimana proses pemberdayaan melalui program SA. Selain itu, penulis juga memaparkan bagaimana program SA ini memberi dampak pada pergeseran pandangan masyarakat, terutama anak dan orang tua, terhadap pendidikan anak di Pedongkelan. Kemudian, penulis juga menjelaskan bagaimana kebermanfaatan program SA ini bagi pihak yang menerimanya. Kebermanfaatan tersebut ditinjau dari anak-anak keluarga miskin maupun anak-anak keluarga tidak miskin. Terakhir, penulis juga membahas hambatan-hambatan apa saja yang ditemui di dalam pelaksanaan program SA tersebut.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Drs. Andarus Darahim, MPA 2) Dra. Ikhlasiah Dalimoenthe, M. Si
Subjects: Ilmu Sosial > Sosiologi
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Sosiologi
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 30 Jun 2022 04:00
Last Modified: 30 Jun 2022 04:00
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/31105

Actions (login required)

View Item View Item