FITRI AMELIA, . (2011) HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI TERHADAP KUALITAS PELAYANAN DENGAN MINAT BELI DI INDOMARET CABANG PANCORAN BARAT 7 PADA WARGA RW 06 KELURAHAN PANCORAN KECAMATAN PANCORAN JAKARTA SELATAN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
FITRI AMELIA.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mempereoleh data empiris yang valid, dan dapat dipercaya (reliable) tentang apakah hubungan antara persepsi terhadap kualitas pelayanan dengan minat beli. Penelitian ini dilakukan di RW 06 Kelurahan Pancoran Kecamatan Pancoran Jakarta, selama empat bulan terhitung sejak Maret 2011 sampai dengan Juni 2011. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei dengan pendekatan korelasional. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu teknik acak sederhana. Populasi dalam penelitian ini adalah warga RW 06 Kelurahan Pancoran Kecamatan Pancoran Jakarta, dan populasi terjangkaunya yaitu warga yang berusia 25-45 tahun di RT 002 Kelurahan Pancoran Kecamatan Pancoran Jakarta Selatan yang belum pernah membeli di Indomaret Cabang Pancoran Barat 7 dan berminat untuk membeli di Indomaret Cabang Pancoran Barat 7 dalam waktu dekat berjumlah 70 warga. Sampel yang diambil sebanyak 58 warga. Untuk menjaring data dari kedua variabel digunakan kuesioner model skala likert untuk persepsi terhadap kualitas pelayanan (Variabel X) dan minat beli (Variabel Y). Sebelum instrumen ini digunakan dilakukan uji validitas untuk kedua variabel. Untuk variabel X, dari 40 butir pernyataan setelah divalidasi terdapat 5 butir pernyataan yang drop, sedangkan yang memenuhi kriteria atau valid terdiri dari 35 butir pernyataan. Untuk variabel Y, dari 36 butir pernyataan setelah divalidasi terdapat 7 butir pernyataan yang drop, sedangkan yang memenuhi kriteria atau valid terdiri 29 butir pernyataan. Perhitunan reliabilitas kedua variabel itu menggunakan rumus Alpha Cronbach. Hasil reliabilitas variabel X sebesar 0,940 dan hasil reliabilitas variabel Y sebesar 0,90. Hasil ini membuktikan bahwa instrumen tersebut reliable. Uji persyaratan analisis yaitu uji normalitas galat taksiran regresi Y atas X dengan uji liliefors menghasilkan L hitung = 0.0879, sedangkan L tabel untuk n = 58 pada taraf signifikan 0,05 adalah 0.1163. Karena L hitung < L tabel maka galat taksiran Y atas X berdistribusi normal. Persamaan regresi yang dihasilkan adalah Ŷ = 53.13 + 0.47X . Dari uji keberartian regresi menghasilkan F hitung > F tabel , yaitu 35.71 > 4,02, artinya persamaan regresi tersebut signifikan. Uji linearitas regresi menghasilkan F hitung < F tabel yaitu 1,62 < 1,92, sehingga disimpulkan bahwa persamaan regreasi tersebut linier. Koefisien korelasi Product Moment dari Pearson menghasilkan rxy = 0.621, selanjutnya dilakukan uji keberartian koefisien ii korelasi dengan menggunakan uji t dan dihasilkan thitung = 5.933 dan ttabel =1.671. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa koefisien korelasi rxy = 0.621 adalah signifikan. Koefisien determinasi yang diperoleh sebesar 38.60% yang menunjukkan bahwa 38.60% variasi minat beli ditentukan oleh persepsi terhadap kualitas pelayanan. Hasil perhitungan menyimpulkan terdapat hubungan yang positif antara persepsi terhadap kualitas pelayanan dengan minat beli di Indomaret Cabang Pancoran Barat 7 pada warga RT 002 RW 06 Kelurahan Pancoran Kecamatan Pancoran Jakarta Selatan. This study aimed to get valid empirical data, and trustworthy (reliable) about whether the relationships between perception of service quality with purchase intention. This research was conducted at RW 06 Kelurahan Pancoran Kecamatan Pancoran South Jakarta, for four months starting from March 2010 until June 2011. The method used is survey method with the correlational approach. The sampling technique used is simple random sampling. The population in this study were the community of RW 06 Kelurahan Pancoran Kecamatan Pancoran South Jakarta, and the inaccessibility of the population is those people aged between 25-45 in RT 002 Kelurahan Pancoran Kecamatan Pancoran, who have not yet bought groceries from Indomaret west Pancoran 7 branch Jakarta and intended to purchase goods sometimes near future which amounts to 70 persons. Samples taken as many as 58 persons. To gather data from both varaibel questionnaire used Likert scale models for perception of service quality (Variable X) and purchase intention (Y variable). Before this instrument is used to test the validity of these two variables. For variable X, from 40 grains of validated statement after statement that there is five point drop, while meeting the criteria or a valid statement consists of 35 items. For variable Y, of 36 grains of validated statement after statement that there are seven points drop, while meeting the criteria or valid comprised 29 point statement. Perhitunan reliability of both variables using the formula of Cronbach Alpha. Results of X variable reliability of 0.940 and the results of reliability variable Y at 0.90. These results prove that such instruments are reliable. Test requirements analysis, namely normality test error estimate of Y on X regression test produces L liliefors count = 0.0879, while the L table for n = 58 in significant level 0,05 is 0.1163. Because the count L <L table the estimated error of Y on X have normal distribution. The resulting regression equation was Ŷ= 53.13 + 0.47X. From the significance test of regression to produce calculated F> F table, which is 35.71> 4.02, meaning that the regression equation is significant. Testing linearity of regression produce calculated F <F table in which one, 1.62<1.92, thus concluded that the linear equation regreasi. Product Moment correlation coefficient of Pearson produce rxy = 0.621, then made a significance test of correlation coefficient by using t test and the resulting count = 5.9335 and t table = 1.671. Thus we can conclude that the correlation coefficient rxy = 0.621 iv is significant. The coefficient of determination is obtained equal to 38.60% which shows that 38.60% variation of purchase intention is determined by perception of service quality. The calculation result concludes there is a positive relationship between perception of service quality with purchase intention Intention In Indomaret West Pancoran 7 Branch In The Community Of RW 06 Kelurahan Pancoran Kecamatan Pancoran South Jakarta.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1) Ryna Parlyna, MBA 2) Drs. Nurdin Hidayat, MM, M.Si |
Subjects: | Manajemen > Manajemen Pemasaran |
Divisions: | FE > S1 Pendidikan Tata Niaga |
Depositing User: | sawung yudo |
Date Deposited: | 30 Jun 2022 04:18 |
Last Modified: | 30 Jun 2022 04:18 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/31113 |
Actions (login required)
View Item |