EFEKTIFITAS METODE UMMI DALAM PEMBELAJARAN AL-QUR’AN, STUDI KASUS: SDIT RUHAMA JATIJAJAR-DEPOK

JENNY PUTRI VIDIANA, . (2011) EFEKTIFITAS METODE UMMI DALAM PEMBELAJARAN AL-QUR’AN, STUDI KASUS: SDIT RUHAMA JATIJAJAR-DEPOK. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
LAMPIRAN FIX.pdf

Download (128kB)
[img] Text
BAB I FIX.pdf

Download (64kB)
[img] Text
BABII BAB III BAB IV FIX.pdf

Download (272kB)
[img] Text
DAFTAR ISI UNTUK HARDCOVER.pdf

Download (95kB)

Abstract

Dalam belajar membaca Al-Quran tentunya tidak langsung bisa, akan tetapi harus melalui tahapan-tahapan. Maka dari itu, dalam pembelajaran Al-Quran perlu metode praktis dan cepat. Metode Ummi merupakan metode baru dalam perkembangannya namun telah banyak digunakan di TPQ atau Sekolah-sekolah Islam yang tersebar di Indonesia, Metode Ummi ini adalah salah satu metode secara langsung tanpa di eja dan membiasakan membaca secara tartil sesuai dengan kaidah ilmu tajwid. Berpijak pada permasalahan diatas, maka penulis tertarik mengadakan penelitian dengan judul “Efektifitas Metode Pembelajaran Ummi dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an”, peneliti mengambil obyek di SDIT Ruhama Jatijajar-Depok Jawa Barat Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan metode ummi mengacu pada ketentua-ketentuan yang telah disusun dari pusat yang ditetapkan oleh Ust Yusuf selaku pencetus metode ini. Upaya dalam meningkatkan yang dilakukan guru adalah pengevaluasi yang dilakukan guru setiap jam pembelajaran. Efektifnya metode ini karna rata-rata hasil test anak-anak masuk kedalam kategori baik. Serta factor pendukung metode yang baik, factor penghambat lebih kepada individu siswa tersendiri serta penguasaan guru kurang dalam metodologi. In learning to read the Quran certainly not immediately, but we will have to go through stages. Therefore, in learning the Quran need practical and rapid method. Ummi method is a new method in its development but has been widely used in schools or the TPQ Islam spread in Indonesia, Ummi this method is one of the methods directly without the spelling and reading habit in Tartil accordance with the rules of tajwid. Based on the above problems, the authors are interested in conducting research with the title "Method of Learning Effectiveness in Improving Umm Al�Quran Reading Ability", the researchers took the object in SDIT Ruhama Jatijajar�Depok West Java. From the results of this study indicate that the implementation of the method refers to provisions that have been compiled from the center established by the Ust Yusuf as the originator of this method. Efforts made in improving the teacher is the teacher evaluators conducted every hour of learning. Effective this method because the average test results of children into either category. As well as a good method of motivating factors, factor inhibiting more to individual students and individual teachers' lack of mastery in the methodology.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dr. Andy Hadiyanto, MA 2) Sari Narulita, Lc. M.Si
Subjects: Filsafat, Psikologi & Agama > Islam (Ajaran Islam dan pendidikan Islam)
Divisions: FIS > S1 Ilmu Agama Islam
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 30 Jun 2022 04:30
Last Modified: 30 Jun 2022 04:30
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/31118

Actions (login required)

View Item View Item