PENGARUH PENGGUNAAN TRAINER PLC CP1E SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XII PADA MATA PELAJARAN INSTALASI MOTOR LISTRIK (SUATU STUDI EKSPERIMEN DI SMK DINAMIKA PEMBANGUNAN 1 JAKARTA)

ASTI DWI ARIANDINI, . (2016) PENGARUH PENGGUNAAN TRAINER PLC CP1E SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XII PADA MATA PELAJARAN INSTALASI MOTOR LISTRIK (SUATU STUDI EKSPERIMEN DI SMK DINAMIKA PEMBANGUNAN 1 JAKARTA). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI-ASTI.pdf

Download (5MB)
[img]
Preview
Image
001.bmp

Download (26MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan trainer PLC CP1E sebagai media pembelajaran terhadap hasil belajar siswa kelas XII pada mata pelajaran instalasi motor listrik (suatu studi eksperimen di SMK Pembangunan 1 Jakarta). Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XII jurusan teknik instalasi listrik SMK Dinamika Pembangunan 1 Jakarta. Sampel yang diambil sebanyak 30 siswa dari 2 kelas yang berbeda dengan menggunakan metode experimen dan instrumen penelitian ini menggunakan tes pilihan ganda. Untuk menguji hipotesis dalam penelitian ini digunakan analisis regresi linier sederhana dengan uji-F. Sebelumnya dilakukan uji persyaratan terlebih dahulu, yaitu uji normalitas, homogenitas, uji-t dan linieritas. Didapatkan analisis regresi linier sebesar dengan taraf signifikansi 0,05 Fhitung˃Ftabel yaitu 12,79 > 4,20 dan nilai koefisien determinasi sebesar 31,36 yang berarti 31,36 persen dari variabel hasil belajar dipengaruhi oleh penggunaan trainer PLC CP1E. Dari perolehan perhitungan uji hipotesis, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan trainer PLC CP1E sebagai media pembelajaran terhadap hasil belajar siswa kelas XII pada mata pelajaran instalasi motor listrik. The aim of this study is to find influence trainer PLC CP1E against the results of learning Class XII on the Subject Installationn of Electric Motors (a Study of Experiments in SMK Dinamika Development 1 Jakarta). Populations of this study is student in class XII at major electrical engineering SMK Development 1 Jakarta. Samples taken by 30 students form a different class. The method used is experimental method and used test instrument multiple choice. To test the hypothesis in this research used a simple linier regression analysis with uji-F. Before analysis simple linier regression with uji-F the first must test rules that is normality, homogeniity, t-tes and linierity. The results of analysis regression linier with standard significant 0,05 Fvalue ˃ Ftable = 12,79 > 4,20 and the value of determinasi = 31,36, then 31,36% from variable the result of learning student influenced form used trainer PLC CP1E. From calculation hypothesis test, it can be concluded that there are significant usage as a media trainer PLC CP1E learning for students of class XII results on the subjects of the installation of electric motors.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Syufrijal, ST., MT 2) Dra. Ermi Media’s, M.Pd
Subjects: Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Elektronika
Divisions: FT > S1 Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 30 Jun 2022 04:56
Last Modified: 30 Jun 2022 04:56
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/31128

Actions (login required)

View Item View Item