HAMZAH ALI, . (2011) HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI NEGARA ASAL (COUNTRY OF ORIGIN PERCEPTION) DENGAN KEPUTUSAN PEMBELIAN PAKAIAN JADI BERMOTIF BATIK INDONESIA PADA KOMUNITAS REMAJA BATIK INDONESIA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
HAMZAH ALI-SKRIPSI GABUNGAN FIX-CONUNTRY OF ORIGIN DENGAN KE.pdf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data yang empiris dan fakta yang sahih, valid serta dapat dipercaya tentang apakah ada hubungan antara Persepsi Negara Asal dengan Keputusan Pembelian pakaian jadi bermotif batik Indonesia pada Komunitas remaja Batik Indonesia. Penelitian ini dilakukan pada Komunitas Remaja Batik Indonesia. Selama 5 bulan terhitung dari bula Februari sampai Juli 2011.Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian survey dengan teknik pengambilan sampel acak sederhana. Populasi dalam penelitian ini adalah anggota aktif dengan kriteria mengikuti acara-acara Komunitas Remaja Batik Indonesa selama sebulan terkahir yaitu sebanyak 95 orang. Sampel yang diambil sebanyak 48 orang anggota dari 58 populasi terjangkau, dan dilakukan dengan uji persyaratan analisis. Untuk menjaring data dari kedua variabel digunakan kuesioner model skala likert untuk Persepsi Negara Asal (Variabel X) dan Keputusan Pembelian (Variabel Y). Sebelumnya instrumen ini digunakan, dilakukan uji validitas konstruk terlebih dahulu, untuk kedua variabel. Untuk variabel X 39 butir pertanyaan setelah divalidasi, terdapat 4 butir pertanyaan yang drop, sedangkan yang memenuhi kriteria atau valid terdiri dari 35 butir pertanyaan. Untuk variabel Y, dari 25 butir pertanyaan setelah divalidasi, terdapat 3 butir pertanyaan yang drop, sedangkan yang memenuhi kriteria atau valid terdiri dari 22 butir pertanyaan. Perhitungan reliabilitas kedua variabel tersebut menggunakan rumus Alpha Cronbach. Hasil reliabilitas variabel X sebesar 0,941 dan hasil reliabilitas variabel Y sebesar 0,850. Uji persyaratan analisis yaitu uji normalitas galat taksiran regresi Y atas X dengan uji liliefors menghasilkan Lhitung = 0,110, sedangkan Ltabel untuk n = 48 pada taraf signifikan 0,05 adalah 0,1278, karena Lhitung < Ltabel maka galat taksiran Y atas X berdistribusi normal. Persamaan regresi yang dihasilkan adalah Ŷ = 43,80 + 0,317X. Dari uji keberartian regresi menghasilkan Fhitung > Ftabel, yaitu 11,78 > 4,05, artinya persamaan regresi tersebut signifikan. Uji linieritas regresi menghasilkan Fhitung < Ftabel, yaitu 1,37 < 2,03, sehingga disimpulkan bahwa persamaan tersebut linier. Koefisien korelasi Product Moment dari Pearson menghasilkan rxy = 0,452 selanjutnya dilakukan uji keberartian korelasi dengan menggunakan uji-t dan dihasilkan thitung = 3,43 dan ttabel = 1,68 pada taraf signifikan dan dk=46 . Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa koefisien korelasi rxy = 0,452 adalah signifikan. Koefisien determinasi yang diperoleh sebesar 20,39%, yang menunjukkan bahwa 20,39% keputusan pembelian ditentukan oleh persepsi Negara asal. Hasil dari penelitian ini menunjukkan terdapat hubungan positif antara persepsi negara asal dengan keputusan pembelian pakaian jadi bermotif batik Indonesia pada Komunitas Remaja batik Indonesia. Purpose of this research is to find empirical data, valid and reliable fact, about the possibility correlation Country of Origin Perception With Purchasing Decision of Indonesian Batik Pattern Clothes In Indonesian Youth Batik Community. The research was conducted at Indonesian Youth Batik Community. For 5 Month from the month of February untuil July 2011. The research used survey methods by correlation approach. The sampling technique was simple random sampling. Population was taken in this study is an active member with the criteria following the events organized by the Indonesian Youth Batik Community over last month as many as 95 people. Samples taken as many as 48 members from 58 populations affordable, and done with test requirements analysis. To get data from two variables, researcher using likert scale model for Between Country of Origin Perception (X) and Purchasing Decision (Y). For variable X, from 39 statements which had validated, 4 statements were invalid and 35 statements according to the criteria. For variable Y, from 25 statements which had validated, 22 statements were validated and 3 statements were drop. The calculation reliability of both variable were using Alpha Cronbach method and variable X reliability is 0,941 and variable Y is 0,850, this proof that the instrument were valid and reliable. Analysis of condition test, which is normality error test for regression approximates of X on Y with liliefors test, results in Lcount = 0,110, and Ltabel for n = 48 which level significant of 0,05 is 0,1278, because Lhitung < Ltabel then errors estimate Y on X normally distribution. The equation for linear regression is Ŷ= 43,80+0,317X. Significance regression result in Fcount > Ftabel, is 11,78 > 4,05, it’s mean that the regression equation is significant. And linearity regression test yield, in Fcount < Ftabel is 1,37 < 2,03 that can be interpreted that the regression equation is linear. Result of hypotesis test which pearson’s product moment show’s that rxy = 0,452, then significance of product moment correlation test whith t-test which yields tcount = 3,43 and ttabel = 1,68 at significance level of 0,05 and dk=46, it can be result that product moment correlation rxy = 0,452 is significance. Coefficient of determined obtain equal to 20,39%, it’s mean that 20,39% variation of Buying Decision determined by Country of Origin Perception. The results of this study indicate there is a positive relationship between country of origin perception with the apparel purchase decision Indonesian Youth batik Community
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1) Setyo Ferry Wibowo, SE, M.Si 2) Dra. Nurahma Hajat, M.Si |
Subjects: | Manajemen > Manajemen Pemasaran |
Divisions: | FE > S1 Pendidikan Tata Niaga |
Depositing User: | sawung yudo |
Date Deposited: | 30 Jun 2022 04:57 |
Last Modified: | 30 Jun 2022 04:57 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/31130 |
Actions (login required)
View Item |