HUBUNGAN ANTARA PEMANFAATAN FASILITAS SEKOLAH DENGAN MOTIVASI BELAJAR MATA PELAJARAN KETERAMPILAN KOMPUTER DAN PENGENALAN INFOMASI PADA SMK NEGERI 22 JAKARTA

HENDRA JAYA, . (2011) HUBUNGAN ANTARA PEMANFAATAN FASILITAS SEKOLAH DENGAN MOTIVASI BELAJAR MATA PELAJARAN KETERAMPILAN KOMPUTER DAN PENGENALAN INFOMASI PADA SMK NEGERI 22 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (42kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (10kB)
[img] Text
DAFTAR ISI,LAMPIRAN,TABEL,GAMBAR.pdf

Download (52kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (65kB)
[img] Text
MOTTO DAN PERSEMBAHAN.pdf

Download (9kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara pemanfaatan fasilitas sekolah dengan motivasi belajar mata pelajaran keterampilan komputer dan pengenalan informasi pada SMK Negeri 22 Jakarta. Penelitian ini dilakukan selama empat bulan terhitung sejak bulan Maret 2011 sampai dengan bulan Juni 2011. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei dengan pendekatan korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMK Negeri 22 Jakarta yang berjumlah 709 siswa sedangkan populasi terjangkau adalah siswa kelas X yang bejumlah 236 siswa. Kemudian berdasarkan sampel dari tabel populasi tertentu diambil sampel sebanyak 142 siswa dengan sampling error 5 %. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu proportional Random Sampling Teknik analisa data dimulai dengan mencari persamaan regresi linier sederhana dan didapat Ŷ = 27.55 + 0.732X. Uji persyaratan analisis untuk menguji normalitas galat taksiran regresi Y atas X menunjukkan bahwa galat taksiran regresi Y atas X berdistribusi normal. Hal ini dibuktikan oleh perhitungan yang menunjukkan bahwa n = 142, Lhitung (0.054) < Ltabel (0.074) dengan menggunakan uji Liliefors pada taraf nyata (α) = 0.05. Dalam uji hipotesis, uji keberartian dan kelinieran regresi menggunakan tabel Analisis Varians (ANAVA). Dari hasil uji keberartian regresi diperoleh Fhitung (83.21) > Ftabel (3.92) yang menyatakan regresi berarti. Dari hasil uji linearitas regresi diperoleh Fhitung (0.59) < Ftabel (1.51) yang menunjukkan bahwa model regresi yang digunakan adalah linier. Koefisien korelasi yang dihitung dengan menggunakan rumus Product Moment menghasilkan rxy sebesar 0.611 sedangkan perhitungan uji-t dari uji signifikansi diperoleh t hitung sebesar 9.12 dan t tabel sebesar 1.66. dikarenakan t hitung > ttabel maka disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara pemanfaatan fasilitas sekolah dengan motivasi belajar mata pelajaran Keterampilan Komputer dan Pengenalan Informasi pada SMK Negeri 22 Jakarta. Perhitungan koefisien determinasi diperoleh 37.28 %yang menunjukkan besarnya kontribusi pemanfatan fasilitas sekolah terhadap motivasi belajar 37.28 %, variasi variabel Y ditentukan oleh variasi X. Kesimpulan Peneliti adalah terdapat hubungan yang positif antara pemanfaatan fasilitas sekolah dengan motivasi belajar mata pelajaran Keterampilan Komputer dan Pengenalan Informasi pada SMK Negeri 22 Jakarta. Purpose of this research is to find about the possibility a positive The Correlation Between The Exploitation Of School Facility With Learning Motivation On Computer Skill And Information Introduce Subject At SMK Negeri 22 Jakarta. The Period of this research was four month, since March 2011 until june 2011. This research used survey methods by correlation approach. The population of this research are all of the students at SMKN 22 Jakarta were 709 students. The reached population were 236 students of X classe. The sampling of this research were 142 students with sampling error 5 %. The sampling technique was the proporsional Random Sampling. The Analysis test by finding regression equation, that is Ŷ = 27.55 + 0.732X. The analysis conditional test proved the validation on variabel Y to variabel X is Normal Distributed. It is proved by the calculation that n = 142 used Liliefors test at significant level (α) = 0.05 that indicates Lcount (0.054) < Ltable (0.074. At the hypotesis test the significant and linear regression test are using Analysis of Variance table (ANAVA). The result of the significant regression test indicates Fcount (83.21) > Ftable (3.92 ). It state the formula of regression is significant. The result of the linear regression test indicates Fcount (0.59)< Ftable (1.51). It state the regression model is linear. The coefficient of correlation counted by Product Moment formula by pearson indicates rxy = 0.611 while the result of correlation coefficient significant test indicates t count= 9.12 dan t table = 1.66. because the result shows t count > ttable the research indicates there is a significant correlation between the exploitation of school facility with learning motivation on computer skill and information introduce subject at SMK Negeri 22 Jakarta. The counted of Determination coefficient test indicates 37.28 % the varianceof variabel Y is Determination by variabel X. The conclusion of reseach shown that a positive correlation The Exploitation Of School Facility With Learning Motivation On Computer Skill And Information Introduce Subject At SMK Negeri 22 Jakarta.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dra. Dientje Griandini, 2) Dra. Corry Yohana, MM,
Subjects: Manajemen > Manajemen Pemasaran
Divisions: FE > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 30 Jun 2022 05:04
Last Modified: 30 Jun 2022 05:04
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/31134

Actions (login required)

View Item View Item