PENDIDIKAN SEKSUALITAS PADA KOMUNITAS SOSIAL REMAJA ( Studi di CENTRA MITRA MUDA Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia DKI JAKARTA )

MAX ANDREW, . (2011) PENDIDIKAN SEKSUALITAS PADA KOMUNITAS SOSIAL REMAJA ( Studi di CENTRA MITRA MUDA Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia DKI JAKARTA ). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (0B)
[img] Text
SKRIPSI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (151kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (0B)
[img] Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (355kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui peran Komunitas Centra Mitra Muda dan orang tua dalam memberikan pendidikan seksualitas terhadap para remaja. Serta melihat pendidikan nonformal berbasis komunitas seksualitas di kalang remaja yang terdapat dalam komunitas sosial remaja Centra Mitra Muda. Metode Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif. Pendekatan kualitatif diharapkan mampu menghasilkan suatu uraian mendalam tentang ucapan, tulisan, dan tingkah laku yang dapat diamati dari suatu individu, kelompok, masyarakat, organisasi tertentu dalam suatu konteks setting, tertentu dikaji dari sudut pandang yang utuh, dan komprehensif. Pendekatan kualitatif ini juga secara umum merupakan usaha untuk menggambarkan atau menganalisa individu, kelompok-kelompok, organisasi, komunitas, atau pola-pola interaksi. Pendekatan kualitatif digunakan dalam penelitian ini mengingat pendekatan kualitatif bermanfaat dalam penelitian yang ditunjukkan untuk memahami situasi dan realita sosial yang dihadapi seseorang. Pengumpulan data dilakukan melalui teknik observasi, anlisis dokumen dan rekaman arsip, dan wawancara mendalam kepada 3 fasilator remaja, 1 orang tua, dan 2 klien remaja CMM PKBI, dalam memberikan informasi secara langsung tentang kesehatan reproduksi dan HIV&AIDS, serta PMS (Penyakit menular seksual). Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa orang tua mendukung putri dan putra remaja mereka di CMM. Pendidikan nonformal berbasis komunitas mengenai seksual yang diberikan oleh sesama remaja dengan cara diskusi yang realistis, jujur, dan terbuka, memberi remaja bisa memahami seksualitas dalam perspektif yang utuh, lengkap dan benar, dihubungkan dengan harga diri, kehormatan, dan martabat anak sebagai manusia yang mulia. Sehingga pendidikan berbasis komunitas CMM ini memberikan manfaat secara sosiologis yaitu menghindari dari zina, kehamilan yang tidak diinginkan, penularan HIV/AIDS, dan beragam penyalagunaan seks lainya pada remaja.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dra. Ikhlasiah Dalimoenthe, M Si 2) Dra Rosita Adiani, Ma
Subjects: Ilmu Sosial > Sosiologi
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Sosiologi
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 30 Jun 2022 06:06
Last Modified: 30 Jun 2022 06:06
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/31153

Actions (login required)

View Item View Item