HUBUNGAN ANTARA INTELEGENSI (IQ) DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI SMA NEGERI 27 JAKARTA

KRISTIANA ERMAWATI, . (2011) HUBUNGAN ANTARA INTELEGENSI (IQ) DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI SMA NEGERI 27 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
KRISTIANA ERMAWATI.pdf

Download (488kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data empiris yang valid, dan dapat dipercaya (reliable) tentang apakah terdapat hubungan antara Intelegensi (IQ) dengan Prestasi Belajar Siswa. Penelitian ini dilakukan di Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 27 Jakarta selama tiga bulan terhitung sejak April 2011 sampai dengan Juni 2011. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey dengan pendekatan korelasional. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu teknik acak sederhana. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMAN 27 Jakarta sebanyak 667 siswa dan populasi terjangkaunya adalah seluruh siswa kelas XI IPS sebanyak 153 orang. Kemudian berdasarkan sampel dari tabel populasi, diambil sampel sebanyak 105 orang dengan sampling error 5 %. Bentuk data dari kedua variabel yaitu variabel X (intelegensi/IQ) dan variabel Y (prestasi belajar) adalah data sekunder.. Uji persyaratan analisis yaitu uji normalitas galat taksiran regresi Y atas X dengan uji liliefors menghasilkan L hitung = 0,042 sedangkan L tabel untuk n=105 pada taraf signifikan 0,05 adalah 0,086. Karena L hitung < L tabel maka galat taksiran Y atas X berdistribusi normal. Persamaan regresi yang dihasilkan adalah Ŷ = 33,79 + 0,422X. Dari uji keberartian regresi menghasilkan Fhitung > Ftabel , yaitu 39,95 > 3,91 artinya persamaan regresi tersebut signifikan. Uji linearitas regresi menghasilkan F hitung < F tabel yaitu 1,18 < 1,67 sehingga disimpulkan bahwa persamaan regreasi tersebut linier. Koefisien korelasi Product Moment dari Pearson menghasilkan rxy = 0,529 selanjutnya dilakukan uji keberartian koefisien korelasi dengan menggunakan uji t dan dihasilkan t hitung = 6,32 dan t tabel = 1,67. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa koefisien korelasi rxy = 0,529 adalah signifikan. Koefisien determinasi yang diperoleh sebesar 27,95 % yang menunjukkan bahwa 27,95 % prestasi belajar ditentukan oleh intelegensi (IQ). Hasil perhitungan menyimpulkan terdapat hubungan yang positif antara Intelegensi (IQ) dengan Prestasi Belajar Siswa di SMA Negeri 27 Jakarta. This study aims to obtain empirical data valid, and trustworthy (reliable) about whether there is any relationship between intelligence quotient with academic achievement. This research was conducted at SMA N, 27 Jakarta for three months from April until June 2011. The research method used is survey method with the correlation approach. The sampling technique used is simple random technique. The population of this research are all of students SMA N 27 Jakarta, the population is affordable XI IPS class student as much as 153 people. Then based on a sample of the population table, retrieved a sample of 105 people with a sampling error of 5%. From the X variable data (Intelligence Quotient) and Y variable data (Academic Achievement) are sekunder data. Test requirements for analysis of the estimated regression error normality test Y on X with the test liliefors produce L count = 0.042, while the L table for n = 105 at 0.05 significant level is 0.086. Because the count L < L table then the error estimate of Y on X have normal distribution. The resulting regression equation is Y = 33,79 + 0.422X. From the significance test of regression produces Fcount> Ftable, ie 39,95 > 3,91 mean regression equation was significant. Testing linearity of regression to produce F count < F table that is 1,18 < 1,67, which concluded that the linear equation regreasi. The correlation coefficient of Pearson Product Moment produce rxy = 0,529 then performed significance test of correlation coefficient using the t test and the resulting t test = 6,32 and t table = 1,67. It can be concluded that the correlation coefficient rxy = 0,529 is significant. The coefficient of determination is obtained equal to 27,95%, 27,95% which shows that Academic Achievement by the Intelligence Quotient. The calculation result concludes there is a positive correlation between Intelligence Quotient with Academic Achievement at SMA Negeri 27 Jakarta.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dra. Dientje Griandini 2) Drs. Nurdin Hidayat,MM.M.Si
Subjects: Manajemen > Manajemen Pemasaran
Divisions: FE > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 30 Jun 2022 06:06
Last Modified: 30 Jun 2022 06:06
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/31154

Actions (login required)

View Item View Item