PENGARUH KEMIRINGAN PIPA BERULIR-DALAM TERHADAP KOEFISIEN PERPINDAHAN KALOR DUA FASA AIR-UDARA PADA POLA ALIRAN GELEMBUNG

ARIF WAHRUDIN, . (2015) PENGARUH KEMIRINGAN PIPA BERULIR-DALAM TERHADAP KOEFISIEN PERPINDAHAN KALOR DUA FASA AIR-UDARA PADA POLA ALIRAN GELEMBUNG. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
skripsi arif pdf.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh pemberian ulir di bagian dalam pipa pada aliran dua fasa pola aliran gelembung. Penelitian ini dilakukan dengan mengalirkan campuran udara dan air ke dalam pipa dengan debit udara 20 cm3 /menit, 40 cm3 /menit dan 60 cm3 /menit dan debit air 2 LPM, 4 LPM dan 6 LPM dimana pipa tersebut mempunyai sudut kemiringan dari sudut 00 hingga sudut 500 dengan perubahan sudut 100 dimulai dari horizontal. Penelitian ini menggunakan metode eskperimen. Peneliti menggunakan pipa tembaga panjang 2.200mm dengan diameter dalam 14mm dan diameter luar 16mm. Pipa tersebut dipanaskan dengan nikelin berdiameter 0,8mm yang dibuat melingkari pipa sepanjang 2.000mm. Pada pipa tersebut dipasang 4 buah termokopel untuk membaca suhu yaitu input air, output air, input dinding pipa tembaga, dan output dinding pipa tembaga. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh kemiringan pipa berulirdalam terhadap koefisien perpindahan kalor. Penambahan debit udara menghasilkan gelembung yang jumlahnya lebih banyak dan menghasilkan peningkatan koefisien perpindahan kalor. Dari hasil analisis menunjukan bahwa debit air 6liter/menit menghasilkan koefisien perpindahan kalor terbesar pada sudut 0o.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Drs. H. Supria Wiganda, M.Pd 2) H. Wardoyo, S.T., M.T
Subjects: Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Mesin, Mekanika Teknik
Divisions: FT > S1 Teknik Mesin
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 30 Jun 2022 08:33
Last Modified: 30 Jun 2022 08:33
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/31205

Actions (login required)

View Item View Item