KETERBACAAN BUKU TEKS PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN BAGI SD/MI KELAS V TERBITAN PUSAT PERBUKUAN DEPDIKNAS MELALUI TEKNIK CLOZE TEST PADA SDN BEKASI JAYA I

RODIAH, . (2011) KETERBACAAN BUKU TEKS PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN BAGI SD/MI KELAS V TERBITAN PUSAT PERBUKUAN DEPDIKNAS MELALUI TEKNIK CLOZE TEST PADA SDN BEKASI JAYA I. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
03. BAB I-5 4 juli jam 10.pdf

Download (0B)
[img] Text
04. Lampiran Tabel & Wacana.pdf

Download (519kB)
[img] Text
01. COVER.pdf

Download (225kB)
[img] Text
02. kata pengantar.pdf

Download (414kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat keterbacaan buku teks Pendidikan Kewarganegaraan SD/MI kelas V terbitan Pusat Perbukuan Depdiknas yang ditulis oleh Setiati Widihastuti dan Fajar Rahayuningrum. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Bekasi Jaya I, tepatnya di kelas Vc. Penelitian ini dilakukan menggunakan tes wacana rumpang yang wacananya diambil dari tiap-tiap bab dalam buku . Hasil penelitian menunjukkan bahwa wacana I memiliki tingkat keterbacaan sedang dengan skor pemahaman siswa 58,07%, wacana II memiliki keterbacaan tinggi dengan skor pemahaman siswa 61,19%, wacana III tingkat keterbacaannya sedang dengan skor pemahaman 57,14%, dan wacana IV tingkat keterbacaannya sedang dengan skor pemahaman siswa 54%. Dengan demikian, dari wacana-wacana yang mewakili dapat diketahui bahwa buku tersebut memiliki keterbacaan sedang dengan rata-rata skor pemahaman siswa terhadap wacana I hingga wacana IV adalah 57,6%. Artinya buku ini layak digunakan meskipun dengan memerlukan bantuan penjelasan. Implikasi hasil penelitian ini adalah bahwa pemilihan buku teks pelajaran yang memiliki keterbacaan tinggi penting untuk mempermudah siswa dalam memahami materi-materi yang dipelajari dalam buku teks. The aim of the research is to know the readability level of the textbook of Pendidikan Kewarganegaraan SD/MI for fifth grade students of elementary school written by Setiati Widihastuti and Fajar Rahayuningrum that’s published by Pusat Perbukuan (Book Matters Centre) in SDN Bekasi Jaya I, Bekasi. This research was done in SDN Bekasi Jaya I to the fifth grade exactly. It was done by using discourse gaps that’s taken from each chapter on the book. The result of the research show that the first discourse has average readability level with students’ understanding score 58,07%, the second discourse has high readability level with students’ understanding score 61,19%, the third discourse has average readability level with students’ understanding score 57,14%, and the fourth discourse has average readability level with students’ understanding score 54%. Because of those result we can conclude that the book has average readability level with the average score of students’ understanding score toward the first up to the fourth discourse is 57,6%. That means the book is quite suitable to be used by the fifth grade students although still needs help in explanation of the meanings of some sentences. The implication or the result in this research is that the choose of a textbook which has high readability level is very important in order to make the students understand what she or he needs easily.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dra. Gusti Yarmi, M.Pd 2) Prof. Dr. Theresia Kristianty
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Pendidikan Dasar dan Menengah
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 01 Jul 2022 01:17
Last Modified: 01 Jul 2022 01:17
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/31282

Actions (login required)

View Item View Item