SITI UMMI HABIBAH, . (2011) STRATEGI COPING DALAM MENGATASI KECEMASAN MENGHADAPI UJIAN NASIONAL DI SMA N 6 JAKARTA SELATAN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
DAFTAR IS1 2.pdf Download (159kB) |
|
Text
Kata Pengantar.pdf Download (278kB) |
|
Text
skripsi bab 1-5.pdf Download (870kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (290kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi coping dalam mengatasi kecemasan menghadapi ujian nasional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII SMA N 6 Jakarta Selatan yang berjumlah 225 orang. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan menggunakan teknik sampling purposive, yaitu siswa yang mengalami kecemasan berjumlah 135 orang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode dengan analisis deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket. Teknik analisa data yang digunakan analisis deskriptif dengan menggunakan tingkat persentase. Hasil penelitian menunjukan bahwa strategi coping dalam mengatasi kecemasan menghadapi UN di SMA N 6 Jakarta Selatan. Berfokus pada masalah sebesar 50,01%. Hal ini menunjukan bahwa siswa kelas XII dalam mengatasi kecemasan, mereka melakukan dengan cara mencari dukungan sosial, membuat perencanaan dan siap menghadapi UN. sedangkan berfokus pada emosi 49,9% dengan cara mengambil jarak yang menimbulkan kecemasan, tanggung jawab,menilai kembali, pengendalian diri dan menghindar dari kecemasan UN. Implikasi dari penelitian ini yaitu apabila siswa tidak ditangani secara serius dalam mengatasi kecemasan dalam menghadapi UN, maka siswa akan merasa cemas dan takut mengadapi UN. oleh karena itu, dibutuhkan strategi khusus dalam mengatasi kecemasan dengan cara strategi coping. Hal ini membutuhkan dukungan dari guru dan orang tua, mereka dapat bekerja sama memberikan arahan seperti memberikan informasi yang berkaitan dengan ujian nasional. Memberikan bimbingan baik itu bimbingan secara akademis seperti mengadakan bimbingan belajar serta dukungan sosial dengan cara memberikan motivasi, saran dan semangat agar anak-anaknya dapat mengatasi kecemasan menghadapi UN. The purpose of this research is to know the coping strategy in handling the anxiety in facing the national test. The population in this research was the twelfth grade students at SMUN 6 South Jakarta.they are 225 students.the sample of this research was taken by using sampling purpossive technique.and the result is135 students facing the anxiety. The method being used in this research was by descriptive analysis method. Questionnaire is used to collect the data. The technique of data analysis being used is descriptive analysis by using percentage. Results indicated that coping strategies in dealing with anxiety facing the UN in South Jakarta, SMA N 6. Focusing on the issue of 50.01%. This shows that the class XII students in overcoming anxiety, they do by way of seeking social support, make plans and prepared for the UN. whereas 49.9% focused on emotions by taking a distance that causes anxiety, responsibility, re-evaluate, self-control and avoidance the anxiety of UN. The implication of this research is, if students can not be handled as seriously in overcoming of their anxiety. The students will feel anxiety and afraid in facing of UN. However, it needs to find special strategy in overcome it by coping strategy. It needs support from teachers and parents. They can work together to give direction like giving information that relate with Nasional Examination and guide them accademically, in the home and in the school. And than social suport by giving motivation, advice, and encouragement for the students to overcome their anxiety in facing of UN.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1) Dra. Retty Filiani 2) Happy Karlina Marjo, M. Pd., Kons |
Subjects: | Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Divisions: | FIP > S1 Bimbingan Dan Konseling |
Depositing User: | sawung yudo |
Date Deposited: | 01 Jul 2022 01:24 |
Last Modified: | 01 Jul 2022 01:24 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/31284 |
Actions (login required)
View Item |