PERBAIKAN DESAIN TURNING RADIUS MELALUI LENGAN KNUCKLE SISTEM KEMUDI ACKERMANN PADA KENDARAAN HEMAT ENERGI TIGA RODA FATAHILLAH UNJ

AHMAD JAUHARY, . (2017) PERBAIKAN DESAIN TURNING RADIUS MELALUI LENGAN KNUCKLE SISTEM KEMUDI ACKERMANN PADA KENDARAAN HEMAT ENERGI TIGA RODA FATAHILLAH UNJ. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Ahmad Jauhary - 5315116433.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk memperbaiki dan mendesain lengan knuckle Ackermann yang bertumpu pada pusat titik belok pada kendaraan mobil hemat energi Fatahillah, Universitas Negeri Jakarta.. Sehingga melalui penelitian ini sistem kemudi menjadi lebih ringan dan keausan tiap ban menjadi lebih merata. Metode yang dilakukan dengan menimbang berat masing-masing roda dari kendaraan guna mendapatkan data-data yang akan digunakan dalam perhitungan. Kemudian perhitungan dan analisa dari gaya –gaya yang mempengaruhi kendaraan dapat dihitung menggunakan Microsoft Excel, penggambaran diagram benda bebas kendaraan menggunakan AutoCAD, dan penggambaran kendaraan dalam bentuk 3D menggunakan Autodesk Inventor Professional 2015. Perancangan sudut lengan knuckle berdasarkan regulasi teknis KMHE 2016 yaitu radius 6 meter. Kemudian mobil dilakukan pengujian lapangan untuk melihat apakah hasilnya sudah sesuai dengan desain atau belum Hasil dari perbaikan desain tersebut diperoleh hasil turning radius dari beberapa turning radius yaitu, 5.5 meter, 6 meter, 7 meter dan 8 meter. Untuk hasil turning radius rata – rata 5,5 meter diperoleh hasil 5,53 meter, untuk radius 6 meter diperoleh hasil 5,95 meter, untuk radius 7 meter diperoleh hasil 6,87 meter dan untuk radius 8 meter diperoleh hasil 7,91 meter. Diharapkan desain dan rumus mencari sudut lengan knuckle sistem kemudi Ackermann bermanfaat pada event Kontes Mobil Hemat Energi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Drs. Sirojuddin, M.T 2) Ahmad Kholil, S.T. M.T
Subjects: Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Mesin, Mekanika Teknik
Divisions: FT > S1 Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 01 Jul 2022 04:11
Last Modified: 01 Jul 2022 04:11
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/31326

Actions (login required)

View Item View Item