Pelayanan dan Kendala Pasien Pengguna Kartu Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) (Studi Kasus: Tiga Pasien JKN Kelas I, II dan III di Jakarta)

LAODE CHAERUL ACHMAD, . (2020) Pelayanan dan Kendala Pasien Pengguna Kartu Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) (Studi Kasus: Tiga Pasien JKN Kelas I, II dan III di Jakarta). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
4. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (445kB)
[img] Text
1. Cover - Daftar Istilah.pdf

Download (726kB)
[img] Text
5. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (280kB)
[img] Text
3. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (346kB)
[img] Text
2. BAB I.pdf

Download (581kB)
[img] Text
8. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (164kB)
[img] Text
6. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (110kB)
[img] Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (340kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pelayanan dan kendala pengguna kesehatan bagi pasien pengguna kartu jaminan kesehatan nasional (JKN). Saat ini badan penyelenggara jaminan sosial (BPJS) kesehatan, memiliki tanggung jawab menyeleggarakan sistem pelayanan kesehatan nasional berupa pelayanan promotif, preventif, kuratif dan rehabilitative dalam bentuk jaminan pembiayaan kesehatan. Sehingga nantinya BPJS Kesehatan mampu berperan sebagai ujung tombak fasilitas pelayanan kesehatan masyarakat. Metodologi penelitian yang digunakan peneliti dalam penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Di mana peneliti mengumpulkan suatu data atau informasi secara mendalam mengenai suatu fenomena atau permasalahan yang ada. Sehingga hasil data yang terkumpul akan dibuat suatu laporan deskriptif menyeluruh hingga menjadi penelitian yang relevan. Jenis penelitian yang digunakan dalam peneitian ini adalah studi kasus. Penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus dimaksudkan untuk mendapatkan gambaran dan keterangan-keterangan jelas dan faktual tentang pelayanan dan kendala pengguna kesehatan bagi pasien pengguna kartu Jaminan Kesehatan Nasional. Subyek penelitian dalam penelitian ini di bagi menjadi tiga kategori, yakni informan kunci, informan tambahan dan informan triangulasi. Subyek tersebut dipilih untuk dimintai informasi pelayanan BPJS kesehatan bagi peserta pengguna BPJS kesehatan. Berdasarkan temuan lapangan, Program BPJS Kesehatan hadir dan menjadi harapan besar bagi masyarakat akan terjaminnya kualitas kesehatan yang baik. Akan tetapi, dalam implementasinya program ini masih belum maksimal. Kesan pelayanan yang ditunjukkan terkesan kurang maksimal meskipun pemerintah telah berupaya untuk memperbaiki program tersebut. Hal ini mungkin dikarenakan ketidaksiapan pemerintah, kurangnya sosialisasi kepada pihak rumah sakit maupun masyarakat serta buruknya manajemen program BPJS Kesehatan. Sehingga perbaikan mutu pelayanan perlu sesegera mungkin dilakukan agar masyarakat dapat benar-benar meniknmati program jaminan sosial yang ada. This study aims to explain the services and constraints of health users for patients using the National Health Insurance Card (JKN). Currently the Social Security Administrator for Health (BPJS) has the responsibility of administering the National health service system in the form of promotive, preventive, curative and rehabilitative services in the form of health financing insurance. Therefore, BPJS will be able to play a role as the spearhead of public health service facilities. Method of research used by researchers in this study is qualitative research. Where researchers collect data or indepth information about an existing phenomenon or problem. So that the results of the collected data will be made a comprehensive descriptive report to become relevant research. The type of research used in this research is a case study. Qualitative research using a case study approach is intended to obtain clear and factual descriptions and information about both services and constraints for patients who are using the National Health Insurance cards. The research subjects are divided into three categories, namely key informants, additional informants and triangulation informants. The subjects were selected to be asked for information on BPJS health services for participants who used BPJS health services. Based on field findings, the BPJS Health Program is created and is with a big hope for the community to guarantee good health quality. However, the implementation of this program is not optimal. The service impression shown is bland, even though the government has made some efforts to improve the program. This may be due to the government's unpreparedness, lack of socialization to the hospital and the community and poor management of the BPJS Health program. So that the improvement of agency management needs to be carried out as soon as possible so that the community can truly enjoy the existing social health program.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. A. Tarmizi Alkhudri, M.Si ; 2). Prima Yustitia Nurul Islami, S.KPm., M.Si
Subjects: Ilmu Sosial > Sosiologi
Divisions: FIS > S1 Sosiologi
Depositing User: Users 14626 not found.
Date Deposited: 04 Jul 2022 05:51
Last Modified: 04 Jul 2022 05:51
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/31355

Actions (login required)

View Item View Item