ZUHRA, . (2019) PENDIDIKAN SEJARAH PERJUANGAN BANGSA: PENGALAMAN GURU BIDANG STUDI PENDIDIKAN SEJARAH PERJUANGAN BANGSA SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA) TAHUN 1983-1994. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
4. Lembar Orisinalitas_Zuhra.pdf Download (484kB) |
|
Text
4.1 Lembar Persetujuan Skripsi_Zuhra.pdf Download (48kB) |
|
Text
3. Lembar Pengesahan_Zuhra.pdf Download (448kB) |
|
Text
2. ABSTRAK_Zuhra.pdf Download (52kB) |
|
Text
1. Judul Fix_Zuhra pdf.pdf Download (45kB) |
|
Text
10. Lampiran_Zuhra.pdf Download (88kB) |
|
Text
7. Kata Pengantar_Zuhra.pdf Download (93kB) |
|
Text
8. Daftar Isi_Zuhra.pdf Download (90kB) |
|
Text
13. Bab III_Zuhra pdf.pdf Restricted to Registered users only Download (201kB) |
|
Text
14. Bab IV_Zuhra pdf.pdf Restricted to Registered users only Download (207kB) |
|
Text
11. BAB I_Zuhra.pdf Download (133kB) |
|
Text
15. Bab V Pdf.pdf Restricted to Registered users only Download (44kB) |
|
Text
12. Bab II_Zuhra.pdf Restricted to Registered users only Download (244kB) |
|
Text
17. Lampiran_Zuhra pdf.pdf Download (7MB) |
|
Text
18. Riwayat Hidup pdf.pdf Restricted to Registered users only Download (19kB) |
|
Text
16. Daftar Pustaka_Zuhra.pdf Download (102kB) |
Abstract
Penelitian bertujuan untuk mengkaji proses belajar mengajar, metode pembelajaran, hambatan dan pandangan guru bidang studi Pendidikan Sejarah Perjuangan Bangsa. Pada bidang studi Pendidikan Sejarah Perjuangan Bangsa, guru memakai pendekatan CBSA (Cara Belajar Siswa Aktif) dengan metode diskusi, ceramah, tanya jawab, proyek penelitian, bercerita, bermain peran, karyawisata dan sosio drama. Tantangan guru bidang studi Pendidikan Sejarah Perjuangan Bangsa terbatasnya kesempatan untuk mengembangkan materi, karena bahan belajar dan buku harus mengikuti pemerintah orde baru, materi yang tumpang tindih dengan pelajaran sejarah lainnya, dan kepentingan politik pemerintah orde baru berupa penghilangan beberapa peristiwa dan tokoh dalam kronologi sejarah. Tantangan yang dihadapi guru bidang studi Pendidikan Sejarah Perjuangan Bangsa membuat guru harus membuat strategi agar tujuan pembelajaran Pendidikan Sejarah Perjuangan Bangsa dapat tercapai. Guru bidang studi Pendidikan Sejarah Perjuangan Bangsa harus membuat strategi lain agar murid mendapatkan inti pelajaran dengan baik. This study aims to narrate the teaching and learning process, learning methods, barriers, and point of views of teachers in subject Pendidikan Sejarah Perjuangan Bangsa. Teachers must use the CBSA approach (Active Student Learning Method) with methods of discussion, lectures, question and answer, research projects, storytelling, study tour and social drama. The challenge of the teacher subject Pendidikan Sejarah Perjuangan Bangsa is the limited to develop material because learning materials and books must follow had created from New Order Government, the material that overlaps with other historical lessons, and the political interests of the New Order government in the form of removed some events and figures in historical chronology. The other challenge that found from teacher subject Pendidikan Sejarah Perjuangan Bangsa subject cause teachers should have to create strategies so that the learning objectives of Pendidikan Sejarah Perjuangan Bangsa can be achieved. Teachers in Pendidikan Sejarah Perjuangan Bangsa must have to create other strategies so that students get the core lesson well.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Abdul Syukur, M.Hum ; 2). Humaidi, M.Hum |
Subjects: | Ilmu Sejarah > Aneka Ragam Sejarah dan Teori Sejarah |
Divisions: | FIS > S1 Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | Users 14626 not found. |
Date Deposited: | 04 Jul 2022 06:06 |
Last Modified: | 04 Jul 2022 06:06 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/31367 |
Actions (login required)
View Item |