PENINGKATAN KETERAMPILAN MOTORIK HALUS MELALUI KEGIATAN MEMBENTUK DENGAN TANAH LIAT ( Penelitian Tindakan di Kelompok A PAUD Harapan Bunda Tahun Ajaran 2016/2017)

AFIFAH, . (2017) PENINGKATAN KETERAMPILAN MOTORIK HALUS MELALUI KEGIATAN MEMBENTUK DENGAN TANAH LIAT ( Penelitian Tindakan di Kelompok A PAUD Harapan Bunda Tahun Ajaran 2016/2017). Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
3. RINGKASAN.pdf

Download (117kB)
[img] Text
4. LEMBAR PERSETUJUAN.pdf

Download (226kB)
[img] Text
1. COVER.pdf

Download (108kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (87kB)
[img] Text
5. LEMBAR PERBAIKAN.pdf

Download (226kB)
[img] Text
8. bab 1.pdf

Download (301kB)
[img] Text
10. bab 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (601kB)
[img] Text
9. bab 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (720kB)
[img] Text
6. KATA PENGANTAR.pdf

Download (68kB)
[img] Text
7. DAFTAR ISI.pdf

Download (179kB)
[img] Text
13. Daftar Pustaka.pdf

Download (88kB)
[img] Text
12. bab 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (93kB)
[img] Text
14. RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (190kB)
[img] Text
11. bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses dan hasilpembelajaran menggunakan media tanah liat dapat meningkatkan keterampilan motorik halus pada siswa kelompok A di PAUD Harapan Bunda Serang Tahun Ajaran 2016/2017. Subjek penelitian ini adalah siswa kelompok A dengan jumlah sebanyak 15 siswa. Teknik analisa yang digunakan adalah analisa data kuantitatif dan kualitatif. Analisa data kualitatif digunakan untuk mengumpulkan data melalui catatan lapangan, lembar observasi, catatan wawancara, catatan dokumentasi. Analisa data kuantitatif digunakan untuk mengetahui persentase peningkatan keterampilan motorik halus setelah dilakukan tindakan dengan menggunakan media tanah liat. Hasil penelitian ini menunjukan adanya peningkatan keterampilan motorik halus melalui kegiatan membentuk dengan tanah liat. Pada siklus I, diperoleh peningkatan sebesar 47% dan meningkat menjadi 60,68%. Pada siklus II. Berdasarkan data kuantitatif tersebut yang diperkuat dengan temuan data kualitatif bahwa kegiatan membentuk dengan menggunakan media tanah liat dapat meningkatkan keterampilan motorik halus. This study aims to describe the process and results of learning using clay media can improve fine motor skills in group A students in PAUD Harapan Bunda Serang. acdemic Year 2016/2017. The subjects of this study are group A students with a total of 15 students. The analysis technique used is quantitative and qualitative data analysis. Qualitative data analysis is used to collect data through field notes, observation sheets, interview notes, documentation notes. Quantitative data analysis is used to determine the percentage improvement of fine motor skills after action using clay media. The results of this study indicate an increase in fine motor skills through clay forming activities. In the first cycle, an increase of 47% and increased to 60.68%. In cycle II. Based on these quantitative data reinforced by the findings of qualitative data that forming activities using clay media can improve fine motor skills.

Item Type: Thesis (Magister)
Additional Information: 1)Prof. DR. dr. Myrnawati Crie Handini, MS, PKK 2)n Dr. Elindra Yetti, M.Pd,
Subjects: Pendidikan > Pendidikan > Pendidikan Anak
Divisions: PASCASARJANA > S2 Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 14629 not found.
Date Deposited: 07 Jul 2022 12:12
Last Modified: 07 Jul 2022 12:12
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/31513

Actions (login required)

View Item View Item