SRI HARYANTI, . (2018) HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI BELAJAR DAN SELF�REGULATED LEARNING DENGAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN SIMULASI DIGITAL KELAS X SMK GITA KIRTTI 2 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
2. Abstract.pdf Download (218kB) |
|
Text
5. Chapter2.pdf Restricted to Registered users only Download (435kB) |
|
Text
1. Cover.pdf Download (32kB) |
|
Text
4. Chapter1.pdf Download (180kB) |
|
Text
3. Tabel_of_content.pdf Download (210kB) |
|
Text
8. Chapter5.pdf Restricted to Registered users only Download (94kB) |
|
Text
9. Bibliography.pdf Download (186kB) |
|
Text
7. Chapter4.pdf Restricted to Registered users only Download (694kB) |
|
Text
6. Chapter3.pdf Restricted to Registered users only Download (382kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan yang positif dan signifikan antara Motivasi Belajar dan Self Regulated Learning (pengaturan diri dalam belajar) dengan Hasil Belajar mata pelajaran simulasi digital pada siswa kelas X SMK Gita Kirtti 2 Jakarta. Penelitian ini dilakukan selama 4 bulan terhitung dari bulan Februari sampai Mei 2018. Metode penelitian ini digunakan adalah metode survei. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMK Gita Kirtti 2 Jakarta. Sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah sebanyak 119 siswa dengan teknik acak proporsional. Data variabel Y (Hasil Belajar) adalah data sekunder yang didapat dari nilai ulangan 4 dan 5 mata pelajaran simulasi digital pada aspek kognitif. Sedangkan data variabel X1 (Motivasi Belajar), instrumen yang digunakan adalah kuesioner dengan menggunakan model skala Likert. Dan variabel X2 (Self Regulated Learning) menggunakan data primer dengan menggunakan International Standarlized Scale model skala Likert.Teknik analisis data menggunakan SPSS 24.0. Hasil uji F dalam tabel ANOVA menghasilkan F hitung (19,389) > F tabel (3,07), hal ini berarti secara serentak X1 dan X2 berhubungan dengan Y. Uji t menghasilkan thitung (X1) (3,540) > ttabel (1,980), dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar. Kemudian, thitung X2 (2,024) > ttabel (1,980), maka dapat disimpulkan terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara Self regulated Learning dengan Hasil Belajar. Berdasarkan analisis dapat didapatkan memiliki persamaan regresi berganda Ŷ = 1,266 + 0,347 X1 + 0,216 X2. Uji koefisien korelasi (R) yaitu sebesar 0,448 termasuk ke dalam kategori hubungan yang sedang. Uji koefisien determinasi (R²) sebesar 50,1%, yaitu masing-masing variabel X1 dan X2 menyumbang pengaruh sebesar 50,1% kepada Y dan sisanya 49,9% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti. This study aims to determine relationship between Motivation Learning and Self Regulated Learning with Learning Outcomes of Class X Students in Subject Digital Simulation in SMK Gita Kirtti 2 Jakarta. This research was conducted for four months starting from Februari untul May 2018. The research used survey method. The population in this study is all of class X students SMK Gita Kirtti 2 Jakarta. Technic of sampling using proporsional random sampling with 119 responden. Y variable (Learning Outcomes), is a secondary data obtained from the value 4 and 5 of a class X student learning outcomesDigital Simulation. While the data variable Motivation Learning (X1), questionnaire using likert scale. And the dat variable Self Regulated Learning (X2) uses the primary data using the International Scale of Likert Scale Standard. Techniques of data analysis using SPSS 24.0. From the result of F test, found that F count (19,389) > F table (3,07),in this case X1 and X2 variables simulatiouslyhas relationship with Y variable. T test produce X1 t count (3,540) > t table (1,980),it means there is positive and significant relationship between X1 with Y. X2 t count (2,024) > t table (1,980),it means there is positive and significant relationship between X2 with Y. Based the analysis of multiple regression equation obtained equation Ŷ = 1,266 + 0,347 X1 + 0,216 X2. The value of coefficient correlation (R) is 0,0501 which is categorized as a medium relationship. Based of determination coefficient (R²) test obtained value 50,1% which mean Motivation Learning (X1) and Self Regulated learning (X2) have an effect on Learning outcomes (Y) equal to 50,1% and the rest 49,9% influence by other variabeles that are not researched.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dra. Ponco Dewi K, MM ; 2). Osly Usman, M.Bus Mgt |
Subjects: | Ilmu Sosial > Industri, Buruh, Produksi > Pendidikan Ekonomi |
Divisions: | FE > S1 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Users 14626 not found. |
Date Deposited: | 08 Jul 2022 02:15 |
Last Modified: | 08 Jul 2022 02:15 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/31525 |
Actions (login required)
View Item |