EFEKTIVITAS TEKNIK PETA PIKIRAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 6 DEPOK

PANTI NUR ABADI, . (2020) EFEKTIVITAS TEKNIK PETA PIKIRAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 6 DEPOK. Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
4. LEMBAR ORISINALITAS (SCAN).pdf

Download (1MB)
[img] Text
5. KATA PENGANTAR.pdf

Download (238kB)
[img] Text
1. COVER HALAMAN DEPAN.pdf

Download (161kB)
[img] Text
2. ABSTRAK & ABSTRACT.pdf

Download (273kB)
[img] Text
3. LEMBAR PERSETUJUAN (SCAN).pdf

Download (1MB)
[img] Text
9. DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (143kB)
[img] Text
10. a. BAB I.pdf

Download (184kB)
[img] Text
6. DAFTAR ISI.pdf

Download (266kB)
[img] Text
10. e. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (153kB)
[img] Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (267kB)
[img] Text
10. b. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (418kB)
[img] Text
10. d. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (311kB)
[img] Text
10. c. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (444kB)
[img] Text
13. DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (293kB)
[img] Text
12. LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan eksperimen yang membahas tentang efektivitas teknik peta pikiran untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI SMAN 6 Depok. Kajian teori para ahli dalam penelitian ini digunakan sebagai penguat asumsi-asumsi dasar yang terjadi dilapangan. Kemampuan berpikir kritis dalam penelitian ini di fokuskan pada siswa kelas XI SMAN 6 Depok. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas teknik peta pikiran dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis pada siswa. Metode penelitian yang digunakan ini adalah metode penelitian true experimental design, yaitu peneliti dapat mengontrol semua variabel luar yang akan mempengaruhi jalannya eksperimen, yang bertujuan untuk memperoleh informasi tentang kemampuan berpikir kritis dengan menggunakan teknik peta pikiran terhadap kelompok eksperimen maupun kelompok kontrol. Penelitian ini dianalisis dengan menggunakan metode statistik nonparametric yaitu dengan menggunakan uji Wilcoxon, hasilnya adalah terdapat perbedaan yang sigifikan antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol sehingga µ1≠µ2 bahwa rata-rata peningkatan kemampuan berpikir kritis pada siswa melalui bimbingan klasikal dengan metode mind map ( peta pikiran ) dengan siswa yang tidak mendapatkan bimbingan klasikal dengan metode mind map.Dari skor tersebut terdapat perbandingan peningkatan yang paling tinggi pada kelompok ekperimen dibandingkan dengan kelompok kontrol. Berdasarkan pada data kelompok eksperimen pada pretest rata-rata yang diperoleh sebesar 122,66 sedangkan pada posttest rata-rata meningkat menjadi 149,71. Sementara data pada kelompok kontrol rata-rata pretest diperoleh sebesar 111,28 dan hasil setelah dilakukan posttest rata-rata meningkat menjadi 114,28. Berdasarkan data tersebut bahwa kelompok eksperimen terjadi kenaikan secara signifikan dalam berpikir kritis. Bimbingan klasikal memberikan motivasi dan semangat bagi siswa untuk menumbuhkan kemampuannya berpikir kritis dalam kaitannya dengan teknik peta pikiran. Meningkatnya kemampuan berpikir kritis merupakan hal yang sangat penting bagi setiap siswa kelas XI yang akan berpengaruh dalam orientasi belajar ataupun penyelesaian masalah. * This research is an experiment that discusses the effectiveness of mind map techniques to improve the critical thinking skills of class XI students of SMAN 6 Depok. The theoretical studies of experts in this study are used as a reinforcement of the basic assumptions that occur in the field. Critical thinking skills in this study were focused on students of class XI SMAN 6 Depok. The purpose of this study was to determine the effectiveness of mind map techniques in improving critical thinking skills in students. The research method used is a true experimental design research method, ie researchers can control all external variables that will affect the course of the experiment, which aims to obtain information about critical thinking skills by using mind map techniques to the experimental group and the control group. This study was analyzed using nonparametric statistical methods, namely by using the Wilcoxon test, the result is that there is a significant difference between the experimental group and the control group so that µ1 ≠ µ2 that the average increase in critical thinking skills in students through classical guidance with the mind map method ) with students who do not get classical guidance with mind map method. From the score there is a comparison of the highest increase in the experimental group compared with the control group. Based on the experimental group data, the average pretest obtained was 122.66 while the average posttest increased to 149.71. While the control group average pretest data was 111.28 and the average posttest results increased to 114.28. Based on these data that the experimental group increased significantly in critical thinking. Classical guidance provides motivation and enthusiasm for students to develop their ability to think critically in relation to mind map techniques. Increasing the ability to think critically is very important for every class XI student who will influence learning orientation or problem solving.

Item Type: Thesis (Magister)
Additional Information: 1). Dr. Phil. Zarina Akbar, M.Psi, Psikolog ; 2). Dr. Susi Fitri, M.Si.,Kons
Subjects: Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Divisions: FIP > S2 Bimbingan Konseling
Depositing User: Users 14626 not found.
Date Deposited: 12 Jul 2022 03:14
Last Modified: 12 Jul 2022 03:14
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/31612

Actions (login required)

View Item View Item