PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN METODE PERMANAN TERHADAP PENERIMAAN DIRI PADA SISWA/SISWI KELAS X DI SMAN I DIBABELAN

MUHAMMAD WALIMSYAH SITORUS, . (2019) PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN METODE PERMANAN TERHADAP PENERIMAAN DIRI PADA SISWA/SISWI KELAS X DI SMAN I DIBABELAN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
04. LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (157kB)
[img] Text
03. LEMBAR PERSETUJUAN.pdf

Download (212kB)
[img] Text
05. KATA PENGANTAR.pdf

Download (11kB)
[img] Text
01. COVER.pdf

Download (42kB)
[img] Text
02. ABSTRAK & ABSTRACT.pdf

Download (17kB)
[img] Text
09. DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (7kB)
[img] Text
07. DAFTAR TABEL.pdf

Download (7kB)
[img] Text
10a. BAB I.pdf

Download (45kB)
[img] Text
06. DAFTAR ISI.pdf

Download (14kB)
[img] Text
08. DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (7kB)
[img] Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (32kB)
[img] Text
10e. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (31kB)
[img] Text
10b. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (117kB)
[img] Text
10c. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
10d. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
13. RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (40kB)
[img] Text
14. SURAT KETERANGAN JURNAL.pdf

Download (542kB)
[img] Text
12. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (749kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh layanan bimbingan kelompok dengan metode permainan terhadap penerimaan diri siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi ekperimen design nonequivalent control group design. Kelompok eksperimen menerima perlakukan berupa 11 sesi bimbingan kelompok yang diselenggarakan dua kali dalam sehari. Kelompok kontrol tidak menerima perlakuan. Populasi dalam penelitian ini adalah Siswa/Siswi kelas X SMAN I Babelan tahun angkatan 2018. Teknik sampling yang digunakan adalah nonprobability sampling dengan bentuk purposive sampling. Siswa/Siswi yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah 20 orang dengan skor penerimaan diri berada dalam kategori rendah. Instrumen yang digunakan dalam menentukan sampel penelitian ini adalah instrumen penerimaan diri dengan empat pilihan dalam model skala likert yang terdiri 36 butir valid dengan reliabilitas menggunakan cronbach’s alpha sebesar 0,735. Teknik analisis data statistik dilakukan dengan menggunakan statistik deskriptif dengan menggunakan mean empiris untuk melihat rata-rata skor pretest dan posttest pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa nilai Asymp. Sig sebesar 0.005, yang berarti melalui hasil perhitungan tersebut maka diperoleh kesimpulan bahwa pada penerimaan diri siswa/siswi sig < 0.05, Artinya peningkatan penerimaan diri siswa/siswi kelas X SMAN I Babelan kelompok treatment lebih tinggi dibandingkan kelompok kontrol. Implikasi dari hasil penelitian adalah membantu meningkatkan penerimaan diri siswa/siswi kelas X SMAN I Babelan. Oleh sebab itu, dinamika kelompok layanan bimbingan kelompok dapat memfasilitasi siswa/siswi untuk memaknai perasaan serta memaknai kritikan secara objektif dan dapat menerima diri secara mendalam. The purpose of research is to know the influence of group guidance service with game method toward the student self-acceptance. Research method used is experimental quasi design nonequivalent control group design. Experimental group accept treatment in the form of 11 group guidance sessions which is held two times in a day. Control group don’t accept treatment Population in this research is the students of tenth grade SMAN I Babelan 2018. Sampling technique used is non-probability sampling in the form of purposive sampling. The students who become the sample in this research is 20 students with self-acceptance score is in low category. The instrument used in deciding this research sample is self-acceptance instrument with four choices in liker scale model which consists of 36 valid items with reliability uses cronbach’s alpha is 0,735. Statistic data analysis technique is held by using statistic descriptive by using empiric mean to know score mean of pretest and posttest in the experimental group and the control group. The hypothesis testingresult shows that Asymp. Sig score is 0.000, it means that from the result of calculation, it is concluded that the students self acceptance is sig < 0,05, it means that the increasing of students self-acceptance of the tenth grade students SMAN I Babelan, treatment group is higher than the control group. The implication from result of the research is to help increasing the students self- acceptance of tenth grade SMAN I Babelan. Therefore group dynamics of group guidance service can facilitate the students to give meaning feeling and critic objectively and can accept himself/herself deeply.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1)Dr. Aip Badrujaman, M.Pd 2)Dr. Susi Fitri,M.Si., Kons
Subjects: Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Divisions: FIP > S2 Bimbingan Konseling
Depositing User: Users 14626 not found.
Date Deposited: 08 Jul 2022 06:36
Last Modified: 08 Jul 2022 06:36
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/31614

Actions (login required)

View Item View Item