FUAD ZEN, . (2019) PENGARUH BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK ROLE PLAYING TERHADAP KEPERCAYAAN DIRI PESERTA DIDIK KELAS VIII SMPN 134 JAKARTA BARAT. Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
4. Lembar Persetujuan Pembimbing & Pengesahan Panitia Ujian Tesis.pdf Download (528kB) |
|
Text
5. Kata Pengantar.pdf Download (188kB) |
|
Text
3. Surat Pernyataan Keaslian Tesis.pdf Download (436kB) |
|
Text
1. Cover Halaman Depan.pdf Download (54kB) |
|
Text
2. Abstrak & Abstrack.pdf Download (178kB) |
|
Text
6. Daftar Isi.pdf Download (202kB) |
|
Text
14. Bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (444kB) |
|
Text
11. Bab 1.pdf Download (121kB) |
|
Text
15. Bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (90kB) |
|
Text
12. Bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (379kB) |
|
Text
13. Bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (609kB) |
|
Text
16. Daftar Pustaka.pdf Download (229kB) |
|
Text
17. Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (7MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bimbingan kelompok dengan teknik role playing terhadap kepercayaan diri peserta didik kelas VIII SMPN 134 Jakarta Barat. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi ekperimen design non equivalent control group design. Kegiatan berisi 10 sesi bimbingan kelompok yang diselenggarakan satu sampai tiga kali dalam satu minggu. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII tahun pelajaran 2018/2019 yang berjumlah 209 orang. Teknik sampling yang digunakan adalah non-probability sampling dengan bentuk purposive sampling. Peserta didik yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah 15 orang dengan skor kepercayaan diri berada dalam kategori rendah. Instrumen yang digunakan dalam menentukan sampel penelitian ini adalah instrumen kepercayaan diri dengan empat pilihan dalam model skala likert yang terdiri 51 butir valid dengan reliabilitas menggunakan cronbach’s alpha sebesar 0.872. Teknik analisis data statistik dilakukan dengan menggunakan statistik deskriptif dengan menggunakan mean empiris untuk melihat rata-rata skor pretest dan posttest pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa nilai Asymp. Sig sebesar 0.000, yang berarti melalui hasil perhitungan tersebut maka diperoleh kesimpulan bahwa pada peserta didik sig < 0.05, Artinya peningkatan kepercayaan diri peserta didik kelas VIII SMPN 134 Jakarta Barat kelompok eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelompok kontrol. Implikasi dari hasil penelitian adalah membantu meningkatkan kepercayaan diri peserta didik SMPN 134 Jakarta Barat. Oleh sebab itu, dinamika bimbingan kelompok dapat memfasilitasi peserta didik untuk peningkatan kemampuan keyakinan diri, optimis, objektif, bertanggung jawab, rasional dan realistis. * This study aims to determine the effect of group guidance with the role playing technique on the confidence of class VIII students of West Jakarta SMP 134. The research method used was Quasi experimental design non equivalent control group design. The activity contains 10 group guidance sessions held one to three times in one week. The population in this study were students of class VIII 2018/2019 academic year totaling 209 people. The sampling technique used is nonprobability sampling with a purposive sampling form. Students who became the sample in this study were 15 people with a self-confidence score in the low category. The instrument used in determining the sample of this study was an instrument of self-confidence with four choices in a Likert scale model consisting of 51 valid items with reliability using cronbach's alpha of 0.872. Statistical data analysis techniques were carried out using descriptive statistics using the empirical mean to see the average pretest and posttest scores in the experimental group and the control group. The results of hypothesis testing indicate that the value of Asymp. Sig of 0.000, which means that through the results of these calculations, it can be concluded that the self-acceptance of students / sig < 0.05, meaning that the increase in self-confidence of class VIII students of West Jakarta SMPN 134 experimental group is higher than the control group. The implications of the results of the study were to help increase the confidence of students of West Jakarta SMPN 134. Therefore, the dynamics of group guidance can facilitate students to improve self-confidence, optimism, objective, responsible, rational and realistic abilities.
Item Type: | Thesis (Magister) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr.Susi Fitri, M.Si, Kons ; 2). Dr.Aip Badrujaman, M.Pd |
Subjects: | Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Divisions: | FIP > S2 Bimbingan Konseling |
Depositing User: | Users 14626 not found. |
Date Deposited: | 12 Jul 2022 03:24 |
Last Modified: | 12 Jul 2022 03:24 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/31618 |
Actions (login required)
View Item |