E-BOOK FLUIDA STATIS DAN FLUIDA DINAMIS BERBASIS WEBSITE DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH FISIKA MAHASISWA

ZULKIFLI RAMLI, . (2021) E-BOOK FLUIDA STATIS DAN FLUIDA DINAMIS BERBASIS WEBSITE DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH FISIKA MAHASISWA. Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (724kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (147kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (475kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (260kB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (123kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran fisika berupa e-book fluida statis dan fluida dinamis berbasis website dengan model Problem Based Learning (PBL) untuk pembelajaran fisika pada mahasiswa. Subjek penelitian adalah 43 mahasiswa semester 5. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode research and development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, dan Evaluate). Metode Quasi Eksperimen dilakukan untuk menguji efektifitas produk dengan fokus penelitian e-book fluida statis dan fluida dinamis berbasis website dengan model Problem Based Learning untuk membantu meningkatkan kemampuan pemecahan masalah fisika mahasiswa. Hasil validasi instrumen menunjukkan 90,31% untuk validasi ahli media, 94,94% untuk validasi ahli materi, dan 77,09% untuk validasi ahli pembelajaran. Berdasarkan hasil validasi oleh ahli media, materi dan pembelajaran dapat memperlihatkan bahwa e-book ditinjau dari indikator-indikator yang digunakan untuk validasi yaitu memiliki kriteria sangat layak. Berdasarkan hasil uji coba kepada mahasiswa, diperoleh hasil skor rata-rata keseluruhan aspek sebesar 88,39% dengan interpretasi sangat layak dan diukur dampaknya terhadap pemecahan masalah fisika mahasiswa. Berdasarkan hasil uji efektivitas menunjukkan bahwa terdapat perbedaan pemecahan masalah fisika antara mahasiswa yang menggunakan e-book fluida statis dan fluida dinamis berbasis Problem Based Learning dengan e-book fluida statis dan fluida dinamis berbasis non-Problem Based Learning. Berdasarkan uji D’Cohens, penggunaan ebook fluida statis dan fluida dinamis memberikan sumbangan efektif dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah fisika mahasiswa sebesar 2,51 dengan kategori tinggi, maka dapat disimpulkan bahwa e-book yang dikembangkan dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah fisika mahasiswa. ********* This study aims to develop physics learning media in the form a static fluids and dynamic fluids e-book based on website with Problem Based Learning for students learning. The research subjects were 43 semester 5th. The research method used is Research and Development (R&D) research using the ADDIE development model (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). The result of the instrument validation showed 90.31% for the validation of media experts, 94.94% for the validation of material experts, and 77.09% for the validation of learning experts. Based on the results of the validation by media experts, the material, and learning can show that this e-book in terms of several indicators used for validations has very decent criteria. Based on the result of trials to students, the results obtained an average score of all aspects of 88.39% with a very feasible interpretation and the impact on students Physics Problem Solving was measured. Based on the result of the effectiveness test show that there are differences in physics problem solving between students who use static fluids and dynamic fluids e-book based on Problem Based Learning and static fluids and dynamic fluids ebook based on Non-Problem Based Learning. Based on the D’Cohens test, the use of static fluids and dynamic fluids e-book based on Problem Based Learning made an effective contribution in increasing students Physics Problem Solving by 2.51 in the medium category, so it can be concluded that the developed e-book can increase the Physics Problem Solving students.

Item Type: Thesis (Magister)
Additional Information: 1). Prof.Dr. Sunaryo, M.Si. ; 2). Dr.Ir. Vina Serevina, M.M.
Subjects: Sains > Fisika
Divisions: FMIPA > S2 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 14629 not found.
Date Deposited: 12 Jul 2022 06:30
Last Modified: 12 Jul 2022 06:30
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/31657

Actions (login required)

View Item View Item