DIMAS NUR ALAMSYAH, . (2016) PEMBUATAN ALAT UJI SUSPENSI DENGAN SISTEM SATU DERAJAT KEBEBASAN MENGGUNAKAN BEBAN STATIS. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
4. ABSTRAK DIMAS.pdf Download (113kB) |
|
Text
5. KATA PENGANTAR DIMAS.pdf Download (197kB) |
|
Text
1. COVER SKRIPSI DIMAS.pdf Download (33kB) |
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (260kB) |
|
Text
10. BAB IV'.pdf Download (780kB) |
|
Text
9. BAB III.pdf Download (130kB) |
|
Text
7. BAB I.pdf Download (295kB) |
|
Text
6. Daftar isi dimas.pdf Download (213kB) |
|
Text
8. BAB II.pdf Download (975kB) |
|
Text
11. BAB V.pdf Download (89kB) |
|
Text
12. Daftar pustaka dimas.pdf Download (89kB) |
|
Text
RIWAYAT HIDUP DIMAS.pdf Restricted to Registered users only Download (16kB) |
Abstract
Penelitian ini membahas mengenai suspensi sepeda motor, dimana suspensi merupakan faktor penting dalam kenyamanan dan keamanan saat berkendara, untuk itu perlu dilakukan pengecekan terhadap kinerja suspensi, akan tetapi pada umumnya belum ada tempat atau laboraturium yang menyediakan alat uji suspensi dan memiliki standar tentang pengujian suspensi secara umum, pentingnya melakukan pengujian suspensi untuk mengetahui seberapa jauh kinerja suspensi yang masih dapat digunakan. Pada sepeda motor dilengkapi dengan sistem suspensi dibagian roda depan dan belakang. Getaran yang dihasilkan kendaraan saat melintasi jalanan yang rusak tidak dapat diukur, maka dari itu penulis merancang sebuah alat yang dapat menguji redaman suspensi sepeda motor. Hal ini bertujuan untuk (1). Dapat mengetahui rancangan geometri alat uji suspensi. (2). Dapat mengetahui massa beban yang digunakan agar dapat dilakukan pengujian. (3). Dapat merancang struktur yang dapat menerima beban yang digunakan untuk pengujian suspensi. (4). Dapat mengetahui kondisi suspensi yang telah digunakan. Metode yang dilakukan pada penelitian ini adalah metode penelitian eksperimen. Dimana metode penelitian ini dimulai dari penentuan metode/cara pengujian suspensi, penentuan massa beban yang digunakan, perancangan geometri/bentuk alat uji suspensi, penentuan dimensi/ukuran. perhitungan kekuatan dan struktur, pembuatan sketch. Setelah dilakukan penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa (1). Hasil perancangan alat uji suspensi sepeda motor dengan sistem satu derajat kebebasan sesuai dengan hasil pengujian, yaitu dapat digunakan untuk pengujian suspensi sepeda motor. (2). Prosentase massa pada roda depan sepeda motor adalah 27% dan roda belakang 73%. Sehingga massa pada roda belakang adalah 109,5 Kg. (3). Beban yang akan digunakan berbentuk balok sebanyak 8 buah dengan bahan mild steel dengan massa 10,42 Kg dan kerangka beban dengan massa 15 Kg. Sehingga total beban yang digunakan adalah 98,56 Kg. (4). Konstanta pegas shock absorber 37181,58 N/m dan konstanta redaman viscous 39,36 N/m2 (5). Dimensi alat dari hasil perhitungan yaitu p x l x t = 900 mm x 685 mm x 851 mm (6). Alat yang digunakan dalam pengukuran getaran yang terjadi adalah jarum penunjuk, mistar ukur, kamera video dan software converter video to photo.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Catur Setyawan Kusumohadi, ST.,MT.,Ph.D. ; 2). Ahmad Kholil, ST.,MT. |
Subjects: | Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Mesin, Mekanika Teknik |
Divisions: | FT > S1 Pendidikan Teknik Mesin |
Depositing User: | Users 14626 not found. |
Date Deposited: | 12 Jul 2022 06:50 |
Last Modified: | 12 Jul 2022 06:50 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/31675 |
Actions (login required)
View Item |