PENGEMBANGAN MODUL ELEKTRONIK (E-MODULE) MATERI HIDROKARBON UNTUK KELAS XI IPA MENGGUNAKAN STRATEGI PQ4R (PREVIEW, QUESTION, READ, REFLECT, RECITE, REVIEW)

RAYHANAH MA'SHUMAH, . (2021) PENGEMBANGAN MODUL ELEKTRONIK (E-MODULE) MATERI HIDROKARBON UNTUK KELAS XI IPA MENGGUNAKAN STRATEGI PQ4R (PREVIEW, QUESTION, READ, REFLECT, RECITE, REVIEW). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (302kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (253kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (146kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (210kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (228kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan menghasilkan media pembelajaran modul elektronik (eModule) materi hidrokarbon untuk peserta didik kelas XI IPA menggunakan strategi PQ4R. Metode yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan jenis penelitian dan pengembangan menurut Borg dan Gall. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini berupa kuesioner. Modul yang dikembangkan divalidasi oleh tiga ahli materi dan bahasa serta empat ahli media. Kemudian, dilakukan tahap uji coba modul elektronik terhadap 8 guru mata pelajaran kimia dan 60 peserta didik kelas XI IPA SMA. Hasil penilaian ahli dan pengguna terhadap modul elektronik dikategorikan baik hingga baik sekali, baik pada komponen materi, bahasa, dan penyajian, sehingga dapat disimpulkan bahwa modul elektronik yang dikembangkan telah memiliki kelayakan untuk digunakan sebagai media pembelajaran bagi peserta didik kelas XI IPA SMA. This study aims to develop electronic modules (e-Module) on hydrocarbon for science students of 11th grade with PQ4R strategy. This study used descriptive quantitative method with the type of research and development according to Borg and Gall. The instrument used in this study is a questionnaire. The e-Module was validated by three experts in content and language, and four experts in media and graphic. The e-Module also tested by 8 chemistry teachers and 60 science students of 11th grade. The result of the assessment given by experts, teachers, and students from validation and trial stage can be categorize as good up to very good. It can be concluded that the e-Module is feasible to be used as a learning media for high school students.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1)Prof. Dr. Muktiningsih Nurjayadi, M.Si. 2)Arif Rahman, M.Sc.
Subjects: Sains > Kimia
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 14629 not found.
Date Deposited: 13 Jul 2022 02:27
Last Modified: 24 Aug 2022 01:58
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/31687

Actions (login required)

View Item View Item