SRI WAHYUNI, . (2017) PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA ANAK MELALUI BERMAIN DENGAN BAYANGAN (Penelitian Tindakan di Kelompok B Taman Kanak-kanak Islam Babus Salam, Kecamatan Larangan, Kota Tangerang, Tahun Ajaran 2016/2017). Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
3__BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (333kB) |
|
Text
4__BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (506kB) |
|
Text
1__cover, daftar isi, abstrak, dll.pdf Download (437kB) |
|
Text
5__BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
|
Text
2__BAB I.pdf Download (215kB) |
|
Text
6__BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (13kB) |
|
Text
7__daftar pustaka.pdf Download (137kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data empiris mengenai kegiatan bermain dengan bayangan dalam upaya meningkatkan keterampilan berbicara anak. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan menggunakan model Kemmis dan Mc.Taggart yang dilakukan dalam dua kali siklus dengan total enam belas kali pertemuan. Penelitian ini melalui beberapa tahap kegiatan yaitu, perencanaan, tindakan dan pengamatan, serta refleksi. Sumber data dalam penelitian ini adalah anak kelompok B1 Taman Kanak-kanak Islam Babus Salam. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan bermain dengan bayangan dapat meningkatkan keterampilan berbicara anak, yang pada pra siklus tercatat keterampilan berbicara anak sebesar 52,1% dan mengalami peningkatan pada akhir siklus satu menjadi 73,45% dan kembali mengalami peningkatan pada akhir siklus dua menjadi 92,9%. Peningkatan tersebut memperlihatkan telah tercapainya minimal 71% dari keseluruhan anak mencapai tingkat capaian minimal 75% yang di tentukan oleh peneliti dan kolabolator. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa kegiatan bermain dengan bayangan dapat meningkatkan keterampilan berbicara anak kelompok B1 Taman Kanak-kanak Islam Babus Salam. This study aims to obtain empirical data about the activities of playing with the shadow in an effort to improve children's speaking skills. This research is an action research using Kemmis and Mc.Taggart model which is done in two cycles with a total of sixteen meetings. This research through several stages of activity namely, planning, action and observation, and reflection. Sources of data in this study is a child group B1 Islamic Kindergarten Babus Salam. Data collection is done through observation, interview and documentation. The results show that shadow play activities can improve children's speaking skills, which in pre-cycle recorded child speaking skills of 52.1% and increased at the end of one cycle to 73.45% and again increased at the end of cycle two to 92, 9%. The increase shows that the achievement of at least 71% of all children reaches a minimum achievement level of 75% determined by the researchers and the collabator. The results concluded that shadow play activities can improve the speaking skill of the group B1 Child Kindergarten Babus Salam.
Item Type: | Thesis (Magister) |
---|---|
Additional Information: | 1). Prof. Dr. dr. Myrnawati CH, MS, ; 2). Dr. Elindra Yetti, M.Pd |
Subjects: | Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas |
Divisions: | PASCASARJANA > S2 Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Users 14626 not found. |
Date Deposited: | 12 Jul 2022 07:06 |
Last Modified: | 12 Jul 2022 07:06 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/31694 |
Actions (login required)
View Item |