VERY SUKMA FIRMANSYAH, . (2017) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING DAN MOTIVASI TERHADAP HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL Studi Eksperimen Pada Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Kutamekar Kecamatan Ciampel Kabupaten Karawang. Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
3. BAB II.pdf Download (535kB) |
|
Text
4. BAB III.pdf Download (336kB) |
|
Text
2. BAB I.pdf Download (188kB) |
|
Text
5. BAB IV.pdf Download (672kB) |
|
Text
1. COVER.pdf Download (23kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (154kB) |
|
Text
DAFTAR ISI, TABEL, GAMBAR DAN LAMPIRAN.pdf Download (157kB) |
|
Text
KATA PENGANTAR.pdf Download (172kB) |
|
Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (173kB) |
|
Text
6 BAB V.pdf Download (136kB) |
|
Text
PERSETUJUAN.pdf Download (283kB) |
|
Text
RIWAYAT HIDUP.pdf Restricted to Registered users only Download (100kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar IPS siswa yang pembelajarannya menggunakan STAD dengan yang menggunakan TGT dengan melihat motivasi siswa. Penelitian ini dilakukan di SDN Kutamekar I Karawang tahun pelajaran 2016/2017 dengan menggunakan teknik simple random sampling yang dilakukan kepada 70 siswa. Pengambilan data diperoleh melalui tes dan dianalisis menggunakan analisis varian (ANAVA) dua jalur dengan rancangan eksperimen desain treatment by level 2x2. Proses pengumpulan data dengan tes tulisan, dan non tes berupa angket untuk menentukan motivasi siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) hasil belajar IPS yang menunjukkan bahwa siswa yang diajar menggunakan STAD lebih tinggi dari pada siswa yang diajar menggunakan TGT; (2) terdapat interaksi antara cooperative learning dan motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran IPS.; (3) hasil belajar antara siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi lebih tinggi jika diajar dengan STAD dibandingkan dengan siswa yang diajar TGT dalam mata pelajaran IPS; (4) hasil belajar antara siswa yang memiliki motivasi belajar rendah lebih tinggi jika diajar STAD dibandingkan dengan siswa yang diajar dengan TGT pelajaran IPS. Dari penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar meningkat apabila dilakukan dengan cooperative learning STAD dan motivasi siswa. ********* This study aims to determine differences in students learning outcomes of IPS who were taught using STAD with those using TGT by looking at student motivation. This research was conducted at SDN Kutamekar I Karawang in academic year 2016/2017 by using simple random sampling technique done to 70 students. The data was collected through test and analyzed by using two way varian (ANAVA) analysis with 2x2 treatment design. The process of collecting data with multiple choice test, and non test in the form of a questionnaire to determine student motivation. The results showed that (1) IPS’s learning results indicating that students taught using STAD are higher than students taught using TGT; (2) there is interaction between cooperative learning and student's learning motivation to student learning result of IPS subject; (3) learning outcomes between students who have higher learning motivation higher if taught with STAD compared with students who taught TGT in social studies subjects; (4) learning outcomes between students who have low learning motivation is higher if taught STAD compared with students who are taught by TGT IPS lesson. From the research shows that the learning outcomes increase when done with cooperative learning STAD and student motivation.
Item Type: | Thesis (Magister) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Etin Solihatin, M.Pd. ; 2). Dr. M. Syarif Sumantri, M.Pd. |
Subjects: | Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Pendidikan Dasar dan Menengah |
Divisions: | PASCASARJANA > S2 Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Users 14626 not found. |
Date Deposited: | 12 Jul 2022 07:16 |
Last Modified: | 12 Jul 2022 07:16 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/31696 |
Actions (login required)
View Item |