MODEL BAHAN AJAR DRAMA BERBASIS TUGAS DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS (Penelitian Pengembangan di Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Halu Oleo Kendari)

AZHARIAH RACHMAN, . (2021) MODEL BAHAN AJAR DRAMA BERBASIS TUGAS DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS (Penelitian Pengembangan di Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Halu Oleo Kendari). Doktor thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
BAB III Repository_Azhariah.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
BAB I Repository_Azhariah.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Angket Mahasiswa untuk Bahan Ajar Drama Berbasis Tugas .pdf

Download (5MB)
[img] Text
BAB IV Repository_Azhariah.pdf
Restricted to Registered users only

Download (24MB)
[img] Text
BAB II Repository_Azhariah.pdf
Restricted to Registered users only

Download (16MB)
[img] Text
BAGIAN AWAL.pdf

Download (4MB)
[img] Text
DAFTAR KEPUSTAKAAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V Repository_Azhariah.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian dan Pengembangan (R&D) ini meneliti dan mengembangkan bahan ajar bahasa Inggris melalui drama untuk mahasiswa semester ganjil (semester satu) di Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan di Universitas Halu Oleo Kendari, Sulawesi Tenggara Indonesia. Bahan ajar yang dihasilkan adalah dalam rangka meningkatkan keterampilan berbahasa lisan dalam pembelajaran bahasa Inggris. Kerangka kerja penelitian ini mengikuti langkah-langkah pengembangan bahan ajar bahasa oleh Brian Tomlinson (2011) dan Borg and Gall (2003) dengan memakai prosedur Dick, Carey dan Carey (2005) dalam mengembangkan bahan ajar. Data dikumpulkan dengan menggunakan instrumen yang tersedia seperti kuesioner, observasi, wawancara dan analisis dokumen. Penelitian ini dapat memenuhi kebutuhan akan bahan ajar bahasa Inggris melalui drama beserta perangkatnya. Produk bahan ajar pun telah ditelaah dan divalidasi oleh para ahli dalam bidang media dan bahasa serta kesastraan, dan telah diuji coba di lapangan untuk mengetahui efektivitas penelitian melalui uji satu per satu, kelompok kecil dan besar. Temuan penelitian adalah sebagai berikut. Pertama, kebutuhan mahasiswa dan pengajar akan bahan ajar berbahasa Inggris melalui drama tinggi. Kedua, bahan ajar yang ada terbatas dan kurang tersedia secara memadai. Ketiga, silabus yang dipakai kurang memenuhi syarat sebagai silabus yang representatif dan hanya sebagai bagian dari perangkat pembelajaran yang digunakan selama ini. Keempat, model ini menerapkan tahapan Brian Tomlinson (2011) yang terdiri dari: (1) Perancangan (2) Pengembangan, dan (3) Evaluasi. Pada tahap perancangan beberapa langkah Tomlinson dalam merancang bahan ajar dilakukan dalam bentuk identifikasi terhadap analisis kebutuhan dan dokumen. Setelahnya dilakukan pengembangan yakni kegiatan eksplorasi, kegiatan realisasi konteks dan realisasi pedagogis, serta produk fisik, setelah itu memasukkan aktivitas berbasis tugas seperti role play, simulasi, stage performance dan menganalisis naskah drama. Kelima, berdasarkan masukan para ahli dilakukan beberapa perubahan dalam hal mendefinisikan kembali tujuan pengajaran, menetapkan fokus pada kegiatan keterampilan berbicara, tata letak, persiapan dan respons-asupan. Keenam, berdasarkan uji coba lapangan di kelas sudah dihasilkan bahan ajar yang efektif. This Research and Development (R & D) intends to develop a drama course material for first and second semester students at the English Department Faculty of Teacher Training and Education at Halu Oleo Kendari, Southeast Sulawesi Indonesia. In this context, teaching materials were produced in order to improve oral language skills in learning English. The research framework followed the steps of Brian Tomlinson’s material development using Borg and Gall procedures. Afterwards, this study adapted Dick, Carey and Carey approach in evaluating teaching materials at the revision and field test phase. Data was collected by using available instruments such as questionnaires, observations, interviews and in-depth document analysis. This study is expected to answer the needs and expectation to the extent of drama teaching material posed by lecturers and students towards drama teaching material and its evaluation packages/tools. Eventually, the product were reviewed and validated by experts in this field of study and a field trial in order to know the effectiveness of the study through small and big groups. The research findings are as follows. First, the needs of clients were apparently high and in demand of an available drama material in a context of learning English. Second, the existing drama materials were limited and not available. Third, the syllabus is designed for the model as part of its apparatus. Fourth, the learning material applied Borg and Gall’ stages that consists of: (1)exploration, (2) developing model (3) evaluation, and (4) dissemination and implementation. In developing the material, the reseacher applied some Tomlinson’s steps in designing the activities and illustrations with inserting the task based approach activities such as role play, simulation, stage performance, etc. Fifth, experts judged the learning material by suggesting some changes. Following the suggestions, the changes were in the areas of redefining the instructional objectives, focusing on speaking skill activities, lay-outs, readiness activities, intake-response activities. Sixth, the field-try out resulted that the learning material was effective.

Item Type: Thesis (Doktor)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Ilza Mayuni, M.A ; 2). Prof.Dr. Emzir, M.Pd
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Linguistik
Divisions: PASCASARJANA > S3 Linguistik Terapan
Depositing User: Users 14626 not found.
Date Deposited: 15 Jul 2022 01:02
Last Modified: 15 Jul 2022 01:02
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/31797

Actions (login required)

View Item View Item