PENGEMBANGAN BOOKLET UNTUK MEMPERKENALKAN PESERTA DIDIK PADA BENTUK COPING SKILL UNTUK MENGHADAPI KEKERASAN DALAM BERPACARAN DI SMA NEGERI 5 JAKARTA

Sahlatul Qibthiyah, . (2018) PENGEMBANGAN BOOKLET UNTUK MEMPERKENALKAN PESERTA DIDIK PADA BENTUK COPING SKILL UNTUK MENGHADAPI KEKERASAN DALAM BERPACARAN DI SMA NEGERI 5 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. COVER HALAMAN DEPAN.pdf

Download (29kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (403kB)
[img] Text
4. LEMBAR KEASLIAN SKRIPSI.pdf

Download (383kB)
[img] Text
6. DAFTAR ISI.pdf

Download (101kB)
[img] Text
10. BAB 1.pdf

Download (186kB)
[img] Text
14. BAB 5.pdf

Download (96kB)
[img] Text
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (164kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media booklet coping skill untuk menghadapi kekerasan dalam berpacaran pada kelas XI di SMAN 5 Jakarta. Booklet ini berjumlah 25 halaman yang berisi penjelasan mengenai kekerasan dalam berpacaran, penyebab, bentuk dan dampak dari kekerasan dalam berpacaran. Selain itu juga berisi perundang-undangan yang melindungi, kemana korban dapat mencari pertolongan, pengertian coping skill dan bentuk coping skill yang bisa dilakukan untuk menghadapi kekerasan dalam berpacaran. Booklet ini menyajikan konten yang disertai dengan ilustrasi gambar pendukung untuk contoh. Jumlah sampel penelitian yaitu 165 peserta didik dari total populasi sebanyak 282 peserta didik. Penelitian ini menggunakan teknik simple random sampling. Metode penelitian yang dilakukan adalah penelitian Research and Development (RnD) dengan menggunakan model ADDIE (Analyze, Design, Develop, Implement, dan Evaluate). Namun pada penelitian ini tahapan pengembangan yang dilakukan adalah analisis, desain dan pengembangan. Penelitian ini menggunakan alat pengumpulan data berupa angket dan wawancara.Penilaian media dilakukan oleh validator dari ahli media, ahli konten dan peserta didik. Berdasarkan hasil validasi dalam evaluasi formatif penilaian ahli media yaitu 91%, penilaian konten 65%, penilaian peserta didik untuk aspek minat 86% dan aspek pemahaman yaitu 79%. Pengembangan booklet coping skill untuk menghadapi kekerasan dalam berpacaran dikategorikan sangat baik dengan interpretasi ilustrasi, lay out, materi, dan desain yang baik. Namun karena banyaknya keterbatasan dalam penelitian ini maka media booklet masih perlu diperbaiki dan dikembangkan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Hilma Fitriyani, M. Pd
Subjects: Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Divisions: FIP > S1 Bimbingan Dan Konseling
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 29 Jan 2020 16:03
Last Modified: 29 Jan 2020 16:03
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/3180

Actions (login required)

View Item View Item