PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN CD MULTIMEDIA INTERAKTIF DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL POKOK BAHASAN ALJABAR KELAS VII SMP

DEA ALFIAN, . (2019) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN CD MULTIMEDIA INTERAKTIF DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL POKOK BAHASAN ALJABAR KELAS VII SMP. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
3. LEMBAR PERSETUJUAN.pdf

Download (94kB)
[img] Text
4. LEMBAR ORISINALITAS.pdf

Download (71kB)
[img] Text
1. COVER HALAMAN DEPAN.pdf

Download (90kB)
[img] Text
2. ABSTRAK & ABSTRACT.pdf

Download (186kB)
[img] Text
6. KATA PENGANTAR.pdf

Download (291kB)
[img] Text
11c. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (527kB)
[img] Text
11e. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (183kB)
[img] Text
11a. BAB I.pdf

Download (454kB)
[img] Text
11b. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (512kB)
[img] Text
13. LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (182kB)
[img] Text
14. DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (199kB)
[img] Text
7. DAFTAR ISI.pdf

Download (186kB)
[img] Text
11d. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran matematika untuk Kelas VII. Media pembelajaran ini dibuat untuk menambah sumber dan media pembelajaran yang ada agar pembelajaran semakin variasi dan menarik. Berdasarkan hasil analisi kebutuhan yang dilakukan, media pembelajaran yang dibutuhkan adalah CD Multimedia Interakif dengan pokok bahasan bentuk aljabar. Pendekatan yang dipakai dalam penyampaian materi bentuk aljabar di dalam media ini adalah pendekatan kontekstual yang memuat 7 komponen. Komponen-komponennya yaitu konstruktivisme, bertanya, inkuiri, pemodelan masyarakat belajar, refleksi, dan penilaian nyata. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan (research and development). Tahapan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah, tahap analisi kebutuhan, tahap perancangan, tahap pengembangan, tahap validasi ahli dan tahap uji coba lapangan. Tahap Validasi ahli dan uji coba lapangan adalah tahapan yang akan didapat saran dan masukan untuk membuat media ini semakin baik, untuk itu disetiap tahapan itu akan ada revisi produk media yang sudah dibuat. Hasil penilaian yang di dapat dari validasi ahli materi dan bahasa menghasilkan persentase antara 73% - 93%, validasi media antara 73% - 100%, uji coba guru antara 80% - 100%, uji coba peserta didik pada kelompok kecil antara 73% - 93% dan uji coba peserta didik pada kelompok besar menghasilkan rata-rata antara 77% - 93%. Jadi, secara menyeluruh, hasil validasi ahli dan uji coba lapangan menghasilkan persentase antara 73% - 100% yang berarti sangat baik. Artinya, CD multimedia interaktif yang dihasilkan sudah layak digunakan dan direspon baik oleh guru dan peserta didik. This research aims to develop mathematics learning media for Class VII. Learning Media is made to add to existing sources of database and learning media so that learning is more varied and interesting. Based on the results of the needs analysis conducted, the instructional media needed is an Interactive Multimedia CD with the subject being in the algebraic form. The approach used in delivering algebraic material in this media is a contextual approach that contains 7 components. The components are constructivism, asking questions, inquiry, learning community modeling, reflection, and real renewal. This research uses research and development methods. The stages carried out in this study are the needs analysis stage, the design stage, the development stage, the expert validation stage and the field trial stage. The expert validation and field trial stage is a stage that will get suggestions and input to make this media better, therefore, there will be a revision of media products at each stage. The assessment results obtained from the validation of material and language experts produce a percentage between 73% - 93%, media validation between 73% - 100%, teacher trials between 80% - 100%, student trials in small groups between 73% - 93% and trials of students in large groups produce an average of 77% - 93%. So, overall, the results of expert validation and field trials produce a percentage of between 73% - 100% which means very good. In other words, the interactive multimedia CD is already appropriate to be used and responded to by both teachers and students.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Ir. Fariani Hermin Indiyah, M.T ; 2). Aris Hadiyan Wijaksana, M.Pd
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 14629 not found.
Date Deposited: 15 Jul 2022 01:24
Last Modified: 15 Jul 2022 01:24
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/31803

Actions (login required)

View Item View Item