NIA WULAN FEBRYANTI AS, . (2016) PENINGKATAN KECERDASAN NATURALIS ANAK MELALUI METODE PROYEK (Penelitian Tindakan Di Kelompok B Taman Kanak-kanak Pertiwi Kecamatan Banda Sakti Kota Lhokseumawe Provinsi Aceh Tahun Ajaran 2015/2016). Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
4. LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (83kB) |
|
Text
5. KATA PENGANTAR.pdf Download (151kB) |
|
Text
1. COVER FINISH.pdf Download (20kB) |
|
Text
8. BAB II FINISH.pdf Restricted to Registered users only Download (665kB) |
|
Text
7. BAB I FINISH.pdf Download (267kB) |
|
Text
9. BAB III FINISH.pdf Restricted to Registered users only Download (545kB) |
|
Text
6. DAFTAR ISI.pdf Download (214kB) |
|
Text
10. BAB IV FINISH.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
|
Text
11. BAB V FINISH.pdf Restricted to Registered users only Download (98kB) |
|
Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (207kB) |
|
Text
18. RIWAYAT HIDUP.pdf Restricted to Registered users only Download (20kB) |
|
Text
2. ABSTRAK RINGKASAN.pdf Download (96kB) |
|
Text
3. Lembar Persetujuan dan Lembar Pernyataan.pdf Download (0B) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses dan hasil pembelajaran melalui metode proyek yang dapat meningkatkan kecerdasan naturalis anak kelompok B Taman Kanak-kanak Pertiwi Lhokseumawe Tahun Ajaran 2015/2016. Subjek penelitian ini berjumlah 15 anak. Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan yang mengacu pada model penelitian tindakan kelas Kemmis dan Mc. Taggart yang terdiri dari tahapan empat tahapan yaitu: perencanaan, tindakan dan observasi, serta refleksi. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus, pada siklus I terdiri dari 8 kali pertemuan dan siklus II terdiri dari 6 kali pertemuan. Teknik analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif. Analisis data kualitatif dengan cara menganalisis data dari hasil catatan lapangan, catatan wawancara, dan catatan dokumentasi selama penelitian dengan langkahlangkah reduksi data, display data, dan verifikasi data. Analisis data kuantitatif dengan statistik deskriptif yaitu membandingkan hasil yang diperoleh dari pra-siklus, siklus pertama dan siklus kedua. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kecerdasan naturalis anak melalui metode proyek dapat dibuktikan rata-rata skor kecerdasan naturalis dalam satu kelas pada pra-siklus sebesar 36,07 mengalami peningkatan pada siklus I sebesar 62,86 dan pada siklus II sebesar 72,60. The purpose of this research to describe the process of learning and its result through project methods in which it can increase naturalist intelligence of B group student Pertiwi Kindergarden Lhokseumawe in 2015/2016 year program. This research uses 15 children as a subject. This research also uses a method known as action research that refer to Kemmis and Mc Taggart models, it consist of planning, action, observation, and reflection. This research consist of two cycles, in the first cycle consist of eight times meeting and the second cycle consist of six times meeting. Analytical data is important to build such a research, and both qualitative and quantitative technique are applied in this research. Analytical of qualitative data is obtained from the analytical data of abservation notes, interview, and documentation by steps of data reduction, data display, and data verification. On the other hand, analytical of quantitative data is obtained from descriptive statistic; it compares the result of pre-cycles, and first cycles, and second cycles. The result of this research showed an increased naturalist intelligence of children through project method, the average score demonstrable naturalist intelligence in certain class in pre-cycle with 36,07 has been increased in first cycles with 62,86 and in second cycles with 72,60
Item Type: | Thesis (Magister) |
---|---|
Additional Information: | 1). Prof. Dr. Yufiarti, M.Psi ; 2). Dr. Asep Supena, M.Ps |
Subjects: | Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas |
Divisions: | PASCASARJANA > S2 Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Users 14629 not found. |
Date Deposited: | 20 Jul 2022 07:40 |
Last Modified: | 20 Jul 2022 07:40 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/31902 |
Actions (login required)
View Item |