AFRIYANCE NAHAMPUN, . (2013) HUBUNGAN ANTARA KEHARMONISAN KELUARGA DENGAN PRESTASI AKADEMIK SISWA SMK NEGERI 16 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
skripsi.pdf Download (14MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya hubungan antara keharmonisan keluarga dengan prestasi akademik pada SMK Negeri 16 Jakarta. Metode dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan data ex post facto dan pendekatan korelasional. Data prestasi akademik siswa diambil dari nilai raport semester genap. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini secara sampling berimbang (Propotional Random Sampling). Populasi terjangkau dalam penelitian ini adalah Populasi terjangkau dalam penelitian ini adalah siswa SMK Negeri 16 Jakarta kelas XI Program Keahlian Akuntansi tahun ajaran 2012-2013 yang berjumlah 75 siswa, terdiri dari 2 kelas dan sampel yang digunakan berdasarkan table isacc dan michael adalah 62 siswa, diambil 31 siswa untuk masing-masing kelas. Persamaan regresi dalam penelitian ini adalah Ŷ = 79,19 + 0,04X. Dari persamaan tersebut, dilakukan uji persyaratan analisis dengan uji normalitas galat taksiran regresi Y atas X dengan uji liliefors didapat Lo < Lt (0,008 < 0,113). Hal itu berarti data berdistribusi normal. Pada uji kelinieran regresi didapat hasil Fh < Ft (1,62 < 1,88) yang dapat disimpulkan bahwa model regresi berbentuk linier. Sedangkan untuk uji keberartian didapat Fh > Ft (5,40 > 4,00) yang menandakan bahwa persamaan regresi signifikan. Hasil uji koefisien korelasi dengan menggunakan product moment dari Pearson diperoleh nilai rxy = 2,269. Hal ini berarti terdapat hubungan yang positif antara keharmonisan keluarga dengan prestasi akademik siswa pada SMK Negeri 16 Jakarta. Dari perhitungan uji-t didapat thitung > ttabel, yaitu 2,269 < 1,62 yang menunjukkan adanya hubungan yang signifikan antara variabel X keharmonisan keluarga dengan variable Y prestasi akademik siswa SMK Negeri 16 Jakarta. Dari hasil perhitungan diperoleh koefisien determinasi 7,90% sehingga dapat dikatakan bahwa variable Y prestasi akademik ditentukan oleh variable X keharmonisan keluarga. Dapat disimpulkan penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara keharmonisan keluarga dengan prestasi akademik siswa di SMK N 16 Jakarta. Keharmonisan keluarga yang merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi prestasi akademik patut untuk dikembangkan sehingga diharapkan siswa dapat memperoleh prestasi akademik yang maksimal. Untuk peneliti selanjutnya diharapkan mengembangkan penelitian ini dengan menggunakan sampel yang lebih banyak atau dengan menambah variabel lain yang menjadi salah satu faktor yang berpengaruh terhadap prestasi akademik. Diharapkan melakukan variasi tempat penelitian, di Sekolah Menengah Umum atau di sekolah menengah pertama. ***** This research conducted to describe the relationship between family harmonious with academic achievement at SMK Negeri 16 Jakarta. This research uses the quantitative research with an ex post facto data and a correlation approach. The data of academic achievement derived from the average score on first semester, while proportional random sampling is research techniques. The attainable populations are the students of SMKN 16 Jakarta, class XI Competence Program of Accounting, school year of 2012-2013, consist of two classes with 75 ctudents in total. Based on Isaac and Michael table, sample used in this research are 62 students, with 31 students of each class. Regression equations result is Ŷ = 79,19 + 0,04X. By virtue of that equation, normality test by using liliefors test results, Lo < Lt (0,008 < 0,113). It shows that the data had been normally distributed. For linearity regression test, the result is Fh < Ft (1,62 < 1,88), so, it indicated that the data had been linear. While for the regression significant test, the result is Fh > Ft (5,40 > 4,00). It indicated that the data had been significant. The result of correlation coefficient test of product moment by Pearson is rxy = 2,269, which it means there is a positive correlation between family harmonious with academic achievement. The calculation of t-test showed that taccount > ttable, 2,269< 1,62. It shows there is a significance correlation between family harmonious with academic achievement at SMKN 16 Jakarta. The calculation of determination coefficient test results 7,90%, so that the academic achievement effected by the family harmonious at the rate of 7,90%. Can be concluded this study shows that there is a positive and significant relationship between family harmonious and academic achievement at SMK Negeri 16 Jakarta. Family harmonious is one of the factors affecting academic achievement deserves to be so hopefully students can earn a maximum of academic achievement. For researchers are expected to develop this research further by using more samples or by adding another variable that becomes one of the factors that influence academic achievement. Expected to perform a variety of research, in high school or middle school
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). M. Yasser Arrafat, S.E., M.M. ; 2). Achmad Fauzi, S.Pd, M.Ak. |
Subjects: | Ilmu Sosial > Kesejahteraan Keluarga |
Divisions: | FE > S1 Akuntansi |
Depositing User: | Users 14651 not found. |
Date Deposited: | 21 Jul 2022 03:00 |
Last Modified: | 02 Aug 2022 02:50 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/31927 |
Actions (login required)
View Item |