HUBUNGAN ANTARA MANAJEMEN HUBUNGAN PELANGGAN (CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT) DENGAN LOYALITAS PELANGGAN ALFAMIDI PADA WARGA RW 001 TIPAR CAKUNG, JAKARTA UTARA

DEVI ARYANTI, . (2013) HUBUNGAN ANTARA MANAJEMEN HUBUNGAN PELANGGAN (CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT) DENGAN LOYALITAS PELANGGAN ALFAMIDI PADA WARGA RW 001 TIPAR CAKUNG, JAKARTA UTARA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
DEVI ARYANTI.pdf

Download (842kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan data/fakta yang tepat (sahih, benar, valid) dan dapat dipercaya (reliable) tentang seberapa jauh hubungan antara Customer Relationship Management dengan Loyalitas Pelanggan pada warga RW 001 Tipar Cakung, Jakarta Utara. Penelitian ini dilakukan selama 9 bulan terhitung sejak bulan April sampai Desember 2012. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey pendekatan korelasional. Populasi penelitian ini adalah seluruh warga RW 001 Tipar Cakung, Jakarta Utara. Dengan populasi terjangkau member Alfamidi di RT 009, RW 001 yang berjumlah 40 orang. Sampling error 5% menjadi 36 orang sebagai sampel, menggunakan teknik sampling acak sederhana. Untuk menjaring data variabel X (Customer Relationship Management) dan variabel Y (Loyalitas Pelanggan), digunakan instrumen berbentuk kuesioner, yang disebar kepada warga RW 001, setelah itu dilakukan uji validitas isi melalui proses validasi yaitu perhitungan koefisien korelasi skor butir dengan skor total dan uji reliabilitas dengan rumus Alpha Cronbach. Hasil reliabilitas variabel X (Customer Relationship Management) sebesar 0,922 dan reliabilitas variabel Y (Loyalitas Pelanggan) sebesar 0,802. Uji persyaratan analisis yang dilakukan adalah dengan mencari persamaan regresi yang di dapat adalah Ŷ = 39,04 + 0,18 X. Selanjutnya adalah uji normalitas galat taksiran regresi atas X dengan menggunakan uji Liliefors dan diperoleh Lhitung = 0,0786 dibandingkan dengan Ltabel pada taraf signifikansi 0,05 sebesar 0,1476, maka Lo < Lt. Hal ini berarti galat taksiran Y atas X berdistribusi normal. Uji kelinieran menghasilkan Fhitung (0,49) < Ftabel (2,28), ini berarti model regresi yang dipakai linier. Sedangkan Uji keberartian regresi diperoleh Fhitung (30,25) > Ftabel (4,13), ini membuktikan bahwa regresi berarti. Uji koefisien korelasi product moment menghasilkan rxy sebesar 0,690. Kemudian dilanjutkan dengan uji signifikansi koefisien dengan menggunakan uji t. Hasil yang diperoleh adalah thitung (5,563), sedangkan ttabel pada dk = n – 2 = 36 – 2 = 34 dan taraf signifikansi 0.05 adalah 1,684, berarti thitung > ttabel. Perhitungan koefisien determinasi menghasilkan rxy 2 = 0,6902 = 0,4765. Ini menunjukan bahwa 47,65% variasi Customer Relationship Management ditentukan oleh Loyalitas Pelanggan. Kesimpulan penelitian ini adalah terdapat hubungan positif antara Customer Relationship Management dengan Loyalitas Pelanggan Alfamidi pada warga RW 001 Tipar Cakung, Jakarta Utara.***** This study aimed to obtain data / facts right (valid, true, valid) and trustworthy (reliable) about how far the relationship between the Customer Relationship Management to the Customer Loyalty RW 001 Tipar Cakung, North Jakarta. The study was conducted over nine months from April to December 2012. The method used is the method of survey correlational approach. The population was around 001 Tipar RW Cakung, North Jakarta. With affordable member populations Alfamidi in RT 009, RW 001, amounting to 40 people. Sampling error of 5% to 36 people in the sample, using simple random sampling technique. To capture the data variable X (Customer Relationship Management) and a variable Y (Customer Loyalty), used questionnaires shaped instrument, which is distributed to residents RW 001, after it tested the validity of the contents through the validation process of calculating the correlation coefficient score points with the total score and the test reliability with Cronbach alpha formula. Results of reliability variable X (Customer Relationship Management) of 0.922 and a reliability variable Y (Customer Loyalty) of 0.802. Test requirements analysis is done by looking at the regression equation is Y = 39.04 to 0.18 + X. Next is the estimated regression error normality test on X using the test and obtained Liliefors Lhitung = 0.0786 compared with Ltabel at the 0.05 level at 0.1476, then Lo <Lt. This means that the error estimates Y over X is normally distributed. Linearity test result Fcount (0.49) <F table (2.28), this means linear regression models were used. While the significance of regression testing obtained Fcount (30.25)> F table (4.13), this proves that the regression mean. Test the product moment correlation coefficient rxy yield of 0.690. Then proceed with the coefficient significance test using the t test. The results obtained are thitung (5.563), while the TTable at dk = n - 2 = 36-2 = 34, and the 0.05 level is 1.684, meaning thitung> TTable. The calculation of the coefficient of determination produce rxy2 = 0.6902 = 0.4765. This shows that 47.65% of the variation is determined by the Customer Relationship Management Customer Loyalty. The conclusion of this study is that there is a positive relationship between the Customer Relationship Management to the Customer Loyalty Alfamidi in the RW 001 Tipar Cakung, North Jakarta.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Basrah Saidani, M.Si. ; 2). Dra. Corry Yohana, M.M.
Subjects: Manajemen > Manajemen Pemasaran
Divisions: FE > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: Users 14651 not found.
Date Deposited: 21 Jul 2022 07:24
Last Modified: 21 Jul 2022 07:24
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/32003

Actions (login required)

View Item View Item