HUBUNGAN ANTARA LINGKUNGAN SEKOLAH DENGAN MOTIVASI BERPRESTASI SISWA JURUSAN AKUNTANSI SMK NEGERI 46 JAKARTA

FITRI ANDINI, . (2013) HUBUNGAN ANTARA LINGKUNGAN SEKOLAH DENGAN MOTIVASI BERPRESTASI SISWA JURUSAN AKUNTANSI SMK NEGERI 46 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI FITRI PDF.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan data yang tepat dan dapat dipercaya tentang seberapa jauh hubungan antara lingkungan sekolah dengan motivasi berprestasi siswa jurusan akuntansi SMK negeri 46 Jakarta. Penelitian ini dilakukan selama 2 bulan terhitung Mei 2013 sampai Juni 2013. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah metode survey dengan pendekatan korelasional, sedangkan data yang diperoleh berasal dari instrument yang disebar kepada siswa kelas XI Akuntansi sebanyak 74 orang. Sampel diambil sebanyak 58 siswa. Untuk mendapatkan data variabel X (Lingkungan Sekolah) dan data variabel Y (Motivasi Berprestasi) digunakan instrumen berbentuk kuesioner skala likert dengan 37 butir pernyataan untuk variabel X dan 36 untuk variabel Y. Setelah itu dilakukan uji validitas konstruk melalui proses validasi yaitu perhitungan koefisien korelasi skor butir dengan skor total dan uji reliabilitas dengan rumus Alpha Cronbach. Hasil reliabilitas variabel X (Lingkungan Sekolah) sebesar 0,89 sedangkan hasil reliabilitas variabel Y (Motivasi Berprestasi) sebesar 0,91. Uji persyaratan analisis yang dilakukan adalah dengan mencari persamaan regresi. Adapun persamaan regresi yang didapat adalah Ỳ = 81,97+0,34x. Selanjutnya adalah uji normalitas galat taksiran regresi atas X dengan menggunakan uji liliefors dan diperoleh Lo = 0,0482 dibandingkan Ltabel pada taraf signifikansi 0,05 sebesar 0,1137 maka Lo<Lt. Hal ini berarti galat taksiran Y atas X berdistribusi normal. Untuk uji keberartian regresi diperoleh Fhitung (4,65) > Ftabel (4,00) hal ini membuktikan bahwa regresi berarti. Sedangkan uji kelinearan menghasilkan Fhitung (1,30) < Ftabel (1,87), ini berarti model regresi yang dipakai adalah linear. Uji koefisien korelasi product moment menghasikan rxy = 0,279. Kemudian dilanjutkan dengan uji signifikan koefisien dengan menggunakan uji t. Hasil yang diperoleh adalah thitung sebesar 2,17, sedangkan ttabel pada dk= n-2 = 56 dan taraf signifikansi 0,05 adalah 1,67, berarti thitung > ttabel. Selain itu, diperoleh uji koefisien determinasi sebesar 7,78% yang berarti bahwa Motivasi Berprestasi ditentukan sebesar 7,78% oleh adanya Lingkungan Sekolah. Kesimpulan penelitian ini adalah terdapat hubungan antara Lingkungan Sekolah dengan Motivasi Berprestasi pada siswa jurusan akuntansi SMK negeri 46 Jakarta. Hal ini berarti jika semakin tinggi kualitas lingkungan Sekolah yang diberikan maka akan semakin tinggi tingkat Motivasi Berprestasi siswa ***** This study aims to obtain accurate data and reliable about how far the correlation between school environment with achievement motivation on sudent majoring accounting at state vocational high school 46 Jakarta. The study was conducted over two months from April 2013 until June 2013. The research method used is survey method with the correlational approach, whereas the data obtained from instruments that are distributed to students of class XI Accountancy as many as 74 people. Samples were taken by 58 students. To get the data of variable X (school environment) and the data variable Y (Achievement motivation) used a questionnaire-shaped instrument with a 37 for tehe variable X (school environment)and 36 for the variable Y(achievement motivation) point Likert scale statements. Once the construct validity was tested through the validation process which is the calculating the correlation coefficient score points with the total score and reliability testing with Cronbach Alpha formula. The results of the reliability of the variable X (School environment) is 0.89 while the reliability of the variable Y (Achievement motivation) is 0.91. Test requirements analysis is performed by finding the regression equation. The regression equation obtained was Y = 81.97 +0.34 X. Next is a test for normality of estimated regression error on X by using the liliefors test and earned Lo = 0.0482 compared Ltabel at 0.05 significance level at 0.1137 then the Lo < Lt. This means that the error estimate of Y on X is normally distributed. To test the significance regression obtained Fcount (4.65)> Ftable (4.00) this means that regression is significance . While the linearity test result Fcount (1,30) <Ftable (1.87), this means that the model used is linear regression. Product Moment Coefficient Correlation test produces rxy = 0.279. Then followed by coefficients significant test using t test. The results obtained are tcount at 2.17 while the Ttable on dk = n-2 = 56 and 0.05 significance level is 1.67, meaning tcount> Ttable. In addition, the coefficient of determination test obtained by 7.78% which means that the achievement motivation was set at 7.78% by the presence of school environment. Conclusions of this study is that there is a relationship between school environment with achievement motivation This means that if the higher the school environment given the higher levels of achievement motivation

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). M. Yasser Arafat, S.E, M.M ; 2). Ati Sumiati S.Pd., M.Si.,.
Subjects: Ilmu Sosial > Perdagangan > Akuntansi
Divisions: FE > S1 Akuntansi
Depositing User: Users 14651 not found.
Date Deposited: 01 Aug 2022 00:14
Last Modified: 01 Aug 2022 00:14
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/32090

Actions (login required)

View Item View Item