HUBUNGAN ANTARA KUALITAS PELAYANAN DENGAN KEPUASAN PADA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA

HAMENGKU WAHYU RIADI, . (2013) HUBUNGAN ANTARA KUALITAS PELAYANAN DENGAN KEPUASAN PADA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
HAMENGKU WAHYU RIADI.pdf

Download (701kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keeratan hubungan antara Kualitas Pelayanan dengan Kepuasan pada Mahasiswa. Penelitian ini dilakukan terhadap mahasiswa yang ada pada Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta yang berlokasi di Jalan Rawamangun Muka, Jakarta Timur dilakukan sejak bulan Januari hingga April tahun 2013. Penelitian ini menggunakan metode survey dengan pendekatan korelasional. Dalam penelitian ini yang menjadi populasi adalah seluruh mahasiswaFakultas Ekonomi Universitas NegeriJakarta yang berjumlah 80 orang dengan menggunakan penelitian sensus.Untuk menjaring data kedua variabel penelitian digunakan instrumen penelitian berbentuk kuesioner model skala Likert pada Variabel X (Kualitas Pelayanan) dan pada Variabel Y (Kepuasan pada Mahasiswa). Sebelum digunakan, dilakukan uji validitas konstruk (Construct Validity) melalui proses validasi yaitu perhitungan koefisien korelasi skor butir dengan skor total dan uji reabilitas menggunakan Alpha Cronbach. Hasil reabilitas instrumen Variabel X (Kualitas Pelayanan) sebesar 0,895 dan instrumen Variabel Y (Kepuasan pada Mahasiswa) sebesar 0,818. Uji persyaratan analisi yang digunakan adalah dengan mencari persamaan regresi yang didapat adalah Ŷ = 5,07 + 0,350X. Hasil uji normalitas Liliefors menghasilkan Lhitung = 0,094 sedangkan Ltabel untuk n = 80 pada taraf signifikansi 0,05 adalah 0,099 karena Lhitung < Ltabel maka variabel X dan Y berdistribusi normal. Pengujian hipotesis dengan uji keberartian regresi menghasilkan Fhitung (37,27) > Ftabel (3,98) yang berarti persamaan regresi tersebut signifikan. Uji kelinieran regresi menghasilkan Fhitung (1,07) < Ftabel(1,70) sehingga disimpulkan bahwa persamaan regresi tersebut linier. Uji koefisien korelasi Product Moment menghasilkan rxy = 0,569. Selanjutnya dilakukan uji-t, menghasilkan thitung (6,11) > ttabel (1,67). Berdasarkan hasil penelitian tersebut menyimpulkan bahwa terdapat hubungan antara kualitas pelayanan dengan kepuasan pada mahasiswa. dengan uji koefisien determinasi atau penentu diperoleh hasil 32,34% Kepuasan pada Mahasiswa (Y) ditentukan oleh Kualitas Pelayanan (X). Kesimpulan penelitian ini adalah terdapat hubungan yang positif antara Kualitas Pelayanan dengan Kepuasan pada Mahasiswa dengan katagori cukup pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta. ***** This study aims to determine the Correlation Between Sercive Quality With Satisfaction In Student Faculty Economic State University Of Jakarta. The research was conducted on Student in Satisfaction on located at Jalan Rawamangun Muka East Jakarta conducted from January to May 2013. This study uses survey correlational approach. In this study, the population is all student of 80 people on Study program of Economics Education, using census research.Collecting X Variable data (service quality) and Y Variable (satisfaction in student), using likert scale model questioner, before that it has construct validity test by validation process, that is correlation coefficient valuing score with the total score and reliability test using Alpha Cronbach formula. Reliability X Variable (job satisfaction) is 0,895 and Y Variable (satisfaction in student)is 0,818. The analysis test by finding regression equation, that is Ŷ = 5,07 + 0,350X. After that data normally test by using Liliefors formula and the result is Lcount = 0,094 in significant level 0,05 and Ltable = 0,099 so Lcount < Ltable. It mean the mistake of prediction regression Y to X has normal distribution. For regression significance test and the result is Fcount(37,27) > Ftabel (3,98). Showing that, it has significanced regression . while regression linierity test, Fcount (1,07) < Ftabel (1,70), showing that regression is linier. The result of product moment of correlation coefficient test is rxy = 0,569 continued by using correlations coefficient test with t-test. Counting result tcount (6,11) while ttabel (1,67) and so tcount > ttabel. It mean that there are significance correlations between service quality with satisfaction in student.Besides that, the result of determination coefficient test is 32,24% it mean that satisfaction in student(Y) is determined by the service quality(X). The conclusion of the research have shown that there is a positive correlation between service quality with student satisfactionin faculty economy Jakarta University with enough catagory

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Drs. Dedi Purwana M.Bus ; 2). Umi Widyastuti SE, ME.
Subjects: Manajemen > Perilaku Konsumen
Divisions: FE > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 14651 not found.
Date Deposited: 01 Aug 2022 00:38
Last Modified: 01 Aug 2022 00:38
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/32100

Actions (login required)

View Item View Item