HUBUNGAN ANTARA KEPUASAN PELANGGAN DENGAN PEMBELIAN ULANG McDONALD PADA WARGA RW 09 PERUMAHAN BUMI CIBINONG ENDAH CIBINONG – KAB. BOGOR

IMAM FAUZI, . (2013) HUBUNGAN ANTARA KEPUASAN PELANGGAN DENGAN PEMBELIAN ULANG McDONALD PADA WARGA RW 09 PERUMAHAN BUMI CIBINONG ENDAH CIBINONG – KAB. BOGOR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
IMAM FAUZI.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data yang empiris dan fakta yang sahih, valid serta dapat dipercaya tentang apakah ada hubungan antara Kepuasan Pelanggan dengan Pembelian Ulang McDondald pada warga RW 09 Perumahan Bumi Cibinong Endah Cibinong Kabupaten Bogor. Penelitian ini dilakukan di Perumahan Bumi Cibinoong Endah RW 09, selama 4 bulan terhitung dari bulan Februari sampai bulan Mei 2013. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey dengan pendekatan korelasional. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu teknik acak sederhana. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh warga RW 09 Perumahan Bumi Cibinong Endah. Populasi terjangkau sebanyak 35 orang dengan sampel yang diambil sebanyak 32 orang, dan dilakukan dengan uji persyaratan analisis. Untuk menjaring data dari kedua variabel digunakan kuesioner model skala likert untuk Kepuasan Pelanggan (Variabel X) dan Pembelian Ulang (Variabel Y). Sebelumnya instrumen ini digunakan, dilakukan uji validitas konstruk terlebih dahulu, untuk kedua variabel. Untuk variabel X 24 butir pernyataan setelah divalidasi, terdapat 3 butir pernyataan yang drop, sedangkan yang memenuhi kriteria atau valid terdiri dari 21 butir pernyataan. Untuk variabel Y, dari 20 butir pernyataan setelah divalidasi, terdapat 3 butir pernyataan yang drop, sedangkan yang memenuhi kriteria atau valid terdiri dari 17 butir pernyataan. Perhitungan reliabilitas kedua variabel tersebut menggunakan rumus Alpha Cronbach. Hasil reliabilitas variabel X sebesar 0,896 dan hasil reliabilitas variabel Y sebesar 0,867. Persamaan regresi yang dihasilkan adalah Ŷ = a + bX. Uji persyaratan analisis yaitu uji normalitas galat taksiran regresi Y atas X dengan uji liliefors menghasilkan Lhitung = 0,065, sedangkan Ltabel untuk n = 32 pada taraf signifikan 0,05 adalah 0,157, karena Lhitung < Ltabel maka galat taksiran Y atas X berdistribusi normal. Uji linieritas regresi menghasilkan Fhitung < Ftabel, yaitu 1,80 < 2,77, sehingga disimpulkan bahwa persamaan tersebut linier. Dari uji keberartian regresi menghasilkan Fhitung > Ftabel, yaitu 11,84 > 4,07, artinya persamaan regresi tersebut signifikan. Koefisien korelasi Product Moment dari Pearson menghasilkan rxy = 0,532 selanjutnya dilakukan uji keberartian korelasi dengan menggunakan uji-t dan dihasilkan thitung = 3,44 dan ttabel = 1,68 pada taraf signifikan dan dk=42. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa koefisien korelasi rxy = 0,532 adalah signifikan. Koefisien determinasi yang diperoleh sebesar 28,30%, yang menunjukkan bahwa 28,30% Pembelian Ulang ditentukan oleh Kepuasan Pelanggan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan terdapat hubungan positif antara Kepuasan Pelanggan dengan Pembelian McDonald pada Warga RW 09 Perumahan Bumi Cibinong Endah Cibinong Kabupaten Bogor. ***** This study aims to obtain empirical data and facts are valid, valid and credible about whether there is a relationship between Customer Satisfaction with Repeat Purchase McDondald on The Citizens of RW 09 Perumahan Bumi Cibinong Endah Cibinong Kab. Bogor. The research was conducted in Perumahan Bumi Cibinong Endah RW 09, for 4 months from February to May 2013. The method used was a survey method with the correlational approach. The sampling technique used is simple random technique. The population in this study were all residents of RW 09 Bumi Cibinong Endah Housing. Affordable population were 35 samples taken with as many as 32 people, and performed with analysis of test requirements. To capture the data from the two variables used questionnaire Likert scale model for Customer Satisfaction (Variable X) and Repeat Purchase (Variable Y). Previously these instruments are used, construct validity test first, for both variables. For a variable X 24 framed items once validated, the statement that there are 3 drop, while meeting the criteria or consists of a 21 item valid statement. For variable Y, from 20 point statement once validated, the statement that there are 3 drop, while meeting the criteria or valid statement consists of 17 items. Calculation of the reliability of both variables using Cronbach Alpha formula. X variable reliability results of 0.896 and outcome variable Y reliability of 0.867. The resulting regression equation is Y = a + bX. Test requirements analysis is the normality test on the estimated error of regression Y on X with Liliefors test result Lhitung = 0.065, while Ltabel for n = 32 at significance level of 0.05 is 0.157, because Lhitung <Ltabel the estimation error Y on X is normally distributed. Linearity test regression produces Fhitung <F table, namely 1.80 <2.77, so it was concluded that the linear equation. Test the significance of regression produces Fhitung> F, ie 11.84> 4.07, meaning that the regression equation significantly. Correlation coefficient of Pearson Product Moment generating rxy = 0.532 correlation significance test is then performed using t-test and the resulting t = 3.44 and t table = 1.68 at significance level and df = 42. It can be concluded that the correlation coefficient rxy = 0.532 is significant. The coefficient of determination obtained at 28.30%, which indicates that 28.30% Repeat Purchase determined by Customer Satisfaction. Results of this study showed a positive relationship between Customer Satisfaction with Repeat Purchase McDonald on Citizens of RW 09 Perumahan Bumi Cibinong Endah Cibinong Kab. Bogor

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Ryna Parlyna, MBA ; 2). Drs. Nurdin Hidayat, MM,
Subjects: Ilmu Sosial > Perdagangan, e-commerce
Divisions: FE > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: Users 14651 not found.
Date Deposited: 02 Aug 2022 03:43
Last Modified: 02 Aug 2022 03:43
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/32132

Actions (login required)

View Item View Item