HUBUNGAN ANTARA EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN DENGAN DENGAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI DI SMK BINA PANGUDI LUHUR JAKTIM

INDANAH, . (2013) HUBUNGAN ANTARA EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN DENGAN DENGAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI DI SMK BINA PANGUDI LUHUR JAKTIM. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
INDANAH.pdf

Download (844kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan selama tiga bulan terhitung sejak April sampai dengan bulan Juni 2013. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei dengan pendekatan korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMK Bina Pangudi Luhur Jakarta Timur. Sedangkan populasi terjangkaunya adalah siswa kelas XI jurusan akuntansi sebanyak 78 siswa. Sampel yang digunakan sebanyak 65 orang. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan melalui dua tahap, pertama menentukan kelompok populasi terjangkau (area sampling) dan kemudian yang kedua dengan teknik acak sederhana (simple random sampling tecnique). Persamaan regresi linier sederhana menghasilkan persamaan regresi Ŷ = 55,63 + 0,21 X. Uji normalitas galat taksiran regresi Y atas X dengan menggunakan uji liliefors dan diperoleh Lhitung (Lo) = 0,073 dibandingkan dengan Ltabel (Lt) = 0,110 pada taraf signifikansi 0,05 maka Lhitung < Ltabel. Hal ini berarti galat taksiran Y atas X berdistribusi normal. Untuk uji keberartian regresi diperoleh Fhitung (20,27) > Ftabel (4,00) ini membuktikan bahwa regresi berarti. Sedangkann uji kelinieran menghasilkan Fhitung (1,615) < Ftabel (1,85) ini berarti model regresi yang dipakai linier. Uji koefisien korelasi product moment menghasilkan rxy sebesar 0,493. Kemudian dilanjutkan dengan uji signifikansi koefisien dengan menggunakan uji-t. Hasil yang diperoleh adalah thitung = 4,50 sedangkan ttabel = 1,658 pada taraf signifikansi 0,05 sehingga thitung > ttabel. Dari perhitungan ini dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara efektivitas penggunaan media pembelajaran dengan hasil belajar akuntansi. Dengan uji koefisien determinasi hasil yang diperoleh sebesar r2 xy = (0,49)2 = 0,2434. Hal ini berarti sebesar 24% variasi hasil belajar akuntansi ditentukan oleh efektivitas penggunaan media pembelajaran. Hasil penelitian tersebut menyimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif efektivitas penggunaan media pembelajaran dengan hasil belajar akuntansi siswa SMK Bina Pangudi Luhur Jakarta Timur. ***** The research was conducted for three months from April to June 2013. The research method used was a survey method with the correlational approach. The population in this study were all students of SMK Bina Pangudi Luhur East Jakarta. While the population of inaccessibility is class XI students majoring in accounting as many as 78 students. Samples used as many as 65 people. Sampling technique in this study conducted in two stages, first determine reasonable population groups (area sampling) and then the second with random techniques (simple random sampling tecnique). Simple linear regression equation produces regression equation Y = 55.63 + 0.21 X. Normality test error above X Y regression estimates using Liliefors test and obtained Lhitung (Lo) = 0.073 compared with Ltabel (Lt) = 0.110 at the 0.05 significance level Lhitung <Ltabel. This means that the estimated error Y on X is normally distributed. To test the significance of regression F value (20.27)> F (4.00) This proves that the mean regression. Sedangkann linearity test result Fcount (1,615) <F table (1.85) this means linear regression models were used. Product moment correlation coefficient test result of 0.493 rxy. Then proceed with the coefficient significance test using t-test. The result is t = 4.50 while the table = 1.658 at the 0.05 significance level so that t> t table. From these calculations it can be concluded that there is a significant relationship between the effectiveness of the use of instructional media to the learning outcomes of accounting. With a determination coefficient test results obtained by r2xy = (0.49) 2 = 0.2434. This means a 24% variation in learning outcomes of accounting determined by the effective use of instructional media. Results of these studies concluded that there is a positive relationship with the effective use of instructional media accounting student learning outcomes SMK Bina Pangudi Luhur East Jakarta.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Santi Susanti, S. Pd, M. Ak ; 2). M Yasser Arafat, SE, MM
Subjects: Ilmu Sosial > Perdagangan > Akuntansi
Divisions: FE > S1 Akuntansi
Depositing User: Users 14651 not found.
Date Deposited: 02 Aug 2022 03:44
Last Modified: 02 Aug 2022 03:44
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/32133

Actions (login required)

View Item View Item