NURIKA ARINDI, . (2013) HUBUNGAN ANTARA CITRA MEREK PRIBADI (PRIVATE BRAND IMAGE) CARREFOUR DENGAN MINAT BELI KONSUMEN PADA WARGA RW 03 KELURAHAN TEBET BARAT KECAMATAN TEBET JAKARTA SELATAN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
NURIIKA ARINDI_compressed (1).pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan informasi dan pengetahuan berdasarkan data atau fakta yang tepat (sahih, benar, valid) dan dapat dipercaya (dapat diandalkan, reliable) tentang hubungan antara citra merek pribadi (private brand image) Carrefour dengan minat beli konsumen pada warga RW 03 Kelurahan Tebet Barat Kecamatan Tebet Jakarta Selatan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei dengan pendekatan korelasional. Penelitian ini dilakukan di RW 03 Kelurahan Tebet Barat Kecamatan Tebet Jakarta Selatan, selama empat bulan terhitung sejak Maret 2013 sampai dengan Juni 2013. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh Warga RW 06 Kelurahan Tebet Barat Kecamatan Tebet Jakarta Selatan. Populasi terjangkaunya adalah warga RT 012 yang berjumlah 70 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik acak sederhana sebanyak 58 orang. Teknik analisis data dimulai dengan mencari persamaan regresi sederhana, dimana persamaan regresi yang diperoleh adalah Ŷ=52,41+0,60X. Uji persyaratan analisis yaitu uji normalitas galat taksiran regresi Y atas X (Y – Ŷ) dengan uji liliefors diperoleh Lhitung = 0,0756, sedangkan Ltabel untuk n = 58 pada taraf signifikan 0,05 adalah 0,1163. Karena Lhitung < Ltabel maka galat taksiran regresi Y atas X (Y – Ŷ) berdistribusi normal. Uji linearitas regresi diperoleh Fhitung < Ftabel yaitu Fhitung = 1,18 < Ftabel = 1,89, sehingga disimpulkan bahwa model persamaan regresi tersebut linier. Dari uji keberartian regresi diperoleh Fhitung > Ftabel, yaitu Fhitung = 33,88 > Ftabel = 4,02, artinya model persamaan regresi tersebut berarti. Koefisien korelasi Product Moment dari Pearson diperoleh rxy = 0,613, maka ini berarti terdapat hubungan yang positif antara citra merek pribadi dengan minat beli. Selanjutnya dilakukan uji keberartian koefisien korelasi dengan menggunakan uji-t dan diperoleh thitung > ttabel, yaitu thitung = 5,81 > ttabel = 1,67, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara citra merek pribadi dengan minat beli. Koefisien determinasi yang diperoleh sebesar 37,57% yang menunjukkan bahwa 37,57% variasi minat beli ditentukan oleh citra merek pribadi. Hasil penelitian ini telah membuktikan adanya hubungan yang positif antara citra merek pribadi Carrefour dengan minat beli konsumen pada warga RW 03 Kelurahan Tebet Barat Kecamatan Tebet Jakarta Selatan. ***** The purpose of this research is to obtain valid and reliability datas or facts about the possibility correlation between private brand image of Carrefour with customer purchase intention on the residents of RW 03 Kelurahan Tebet Barat Kecamatan Tebet South Jakarta. The research used survey method with the correlational approach. The research was conducted at RW 03 Kelurahan Tebet Barat Kecamatan Tebet South Jakarta for four months from March 2013 until June 2013. The population in this study are residents of RW 03 Kelurahan Tebet Barat Kecamatan Tebet South Jakarta, where as the possible populations were 70 residents of RT 012. The technique which is used in gathering the sample was simple random sampling about 58 residents. According to statistical computation, the regression equation is Ŷ = 52,41 + 0,60X. Test requirements analysis of the normality test error of estimated regression of Y on X (Y – Ŷ) to produce Lcount liliefors test = 0,0756, while the Ltable for n = 58 at 0,05 significant level is 0,1163. Because the Lcount < Ltable then an error of estimated regression of Y on X (Y – Ŷ) is normally distributed. Testing linearity of regression produces Fcount < Ftable is Fcount = 1,18 < Ftable = 1,89, so it was concluded that the linear equation regression. From test significance regression produces Fcount > Ftable, which is Fcount = 33,88 > Ftable = 4,02, meaning that the regression equation is significant. Product Moment correlation coefficient of Pearson generating rxy = 0,613, it indicates there’s a positive correlation between brand trust with customer loyalty. Thereafter performed the test significance correlation coefficient using the t-test and the resulting tcount > ttable, which is tcount = 5,81 > ttable = 1,67. It can be concluded that the correlation between private brand image with customer purchase intention is significant. The coefficient of determination obtained for 37,57% which shows that 37,57% of the variation of customer purchase intention is determined by the private brand image. The result of this research has proved the existence of a positive and significant correlation between private brand image of Carrefour with customer purchase intention on the residents of RW 03 Kelurahan Tebet Barat Kecamatan Tebet South Jakarta.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dra. Nurahma Hajat, M. Si. ; 2). Drs. Nurdin Hidayat, M. M., M. Si |
Subjects: | Ilmu Sosial > Perdagangan, e-commerce |
Divisions: | FE > S1 Pendidikan Tata Niaga |
Depositing User: | Users 14651 not found. |
Date Deposited: | 02 Aug 2022 06:27 |
Last Modified: | 02 Aug 2022 06:27 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/32196 |
Actions (login required)
View Item |