PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ICT (MACROMEDIA FLASH) TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS X JURUSAN AKUNTANSI DI SMKN 40 JAKARTA

PUSPITA SARI, . (2013) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ICT (MACROMEDIA FLASH) TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS X JURUSAN AKUNTANSI DI SMKN 40 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI FULL_compressed.pdf

Download (4MB)

Abstract

Metodologi dalam penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran berbasis ICT (macromedia flash) terhadap motivasi belajar siswa, dengan menganalisis perbedaan motivasi belajar antara siswa yang diajar dengan menggunakan media pembelajaran ICT macromedia flash dengan siswa yang diajar dengan menggunakan media pembelajaran sederhana peta konsep. Penelitian dilaksanakan di SMK Negeri 40 Jakarta dengan sampel siswa kelas X AK 1 dan kelas X AK 2 pada semester II tahun pelajaran 2012/2013. Sampel diambil menggunakan teknik Simple Random Sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner (angket) yang diperoleh dari siswa, kemudian dihitung normalitas data menggunakan liliefors dan homogenitas menunjukan bahwa data berdistribusi normal dan keduanya kelas homogen. Selanjutnya dianalisis dengan uji-t. Hasil penghitungan uji-t, diperoleh harga thitung sebesar 2,67. Harga ttabel pada taraf signifikan α = 0,05 dan dk = 36 adalah 1,67. Oleh karena harga thitung lebih besar dari harga ttabel (2,67 > 1,67), maka hipotesis nol ditolak dan hipotesis kerja diterima. Dengan demikian, terdapat perbedaan motivasi belajar antara siswa yang menggunakan media ICT Macromedia Flash dan siswa yang menggunakan media sederhana Peta Konsep. ***** The methodology in this study using experimental methods. The purpose of this study was to determine the effect of ICT-based learning media (macromedia flash) on students' motivation, by analyzing differences in motivation between students who are taught using ICT learning macromedia flash media with students who are taught using simple instructional media concept maps. Research conducted at SMK Negeri 40 Jakarta with samples of class X and class X AK 1 AK 2 in the second semester of academic year 2012/2013. Samples were taken using simple random sampling technique. The data was collected using a questionnaire (questionnaire) were obtained from students, then calculated using Liliefors data normality and homogeneity indicates that the data are normally distributed and both homogeneous class. Then analyzed by t-test. Results of the t-test calculation, the price obtained thitung of 2.67. Price ttabel at significance level α = 0.05 and df = 36 is 1.67. Therefore t price greater than the price ttable (2.67> 1.67), the null hypothesis is rejected and the working hypothesis is accepted. Thus, there is a difference in motivation between students who use Macromedia Flash ICT media and students who use simple media Concept Map

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Ati Sumiati, S. Pd, M. Si., ; 2). Achmad Fauzi, S. Pd, M. Ak.,
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FE > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 14651 not found.
Date Deposited: 03 Aug 2022 01:50
Last Modified: 03 Aug 2022 01:50
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/32202

Actions (login required)

View Item View Item