HUBUNGAN ANTARA MANAJEMEN HUBUNGAN PELANGGAN (CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT) DENGAN KEPUASAN PELANGGAN D’COST RESTAURANT PADA WARGA RW 04, KELURAHAN TANJUNG BARAT, KECAMATAN JAGAKARSA, JAKARTA SELATAN

RAISYA MENTARI, . (2013) HUBUNGAN ANTARA MANAJEMEN HUBUNGAN PELANGGAN (CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT) DENGAN KEPUASAN PELANGGAN D’COST RESTAURANT PADA WARGA RW 04, KELURAHAN TANJUNG BARAT, KECAMATAN JAGAKARSA, JAKARTA SELATAN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
RAISYA MENTARI_compressed.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan informasi dan pengetahuan berdasarkan data atau fakta yang tepat (sahih, benar, valid) dan dapat dipercaya (dapat diandalkan, reliable) tentang hubungan antara manajemen hubungan pelanggan (customer relationship management) dengan kepuasan pelanggan D’Cost Restaurant pada warga RW 04 Kelurahan Tanjung Barat, Kecamatan Jagakarsa, Jakarta Selatan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei dengan pendekatan korelasional. Penelitian ini dilakukan di RW 04 Kelurahan Tanjung Barat Kecamatan Jagakarsa Jakarta Selatan, selama empat bulan terhitung sejak Maret 2013 sampai dengan Juni 2013. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh Warga RW 04 Kelurahan Tanjung Barat, Kecamatan Jagakarsa Jakarta Selatan. Populasi terjangkaunya adalah warga RT 007 yang berjumlah 80 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik acak sederhana sebanyak 65 orang. Teknik analisis data dimulai dengan mencari persamaan regresi sederhana, dimana persamaan regresi yang diperoleh adalah Ŷ=70,35 + 0,79X. Uji persyaratan analisis yaitu uji normalitas galat taksiran regresi Y atas X (Y – Ŷ) dengan uji liliefors diperoleh Lhitung = 0,9985, sedangkan Ltabel untuk n = 65 pada taraf signifikan 0,05 adalah 0,10989. Karena Lhitung < Ltabel maka galat taksiran regresi Y atas X (Y – Ŷ) berdistribusi normal. Uji linearitas regresi diperoleh Fhitung < Ftabel yaitu Fhitung = 0,93 < Ftabel = 1,82, sehingga disimpulkan bahwa model persamaan regresi tersebut linier. Dari uji keberartian regresi diperoleh Fhitung > Ftabel, yaitu Fhitung = 15,79 > Ftabel = 4,00, artinya model persamaan regresi tersebut berarti. Koefisien korelasi Product Moment dari Pearson diperoleh rxy = 0,45, maka ini berarti terdapat hubungan yang positif antara manajemen hubungan pelanggan dengan kepuasan pelanggan. Selanjutnya dilakukan uji keberartian koefisien korelasi dengan menggunakan uji-t dan diperoleh thitung > ttabel, yaitu thitung = 3,960 > ttabel = 1,67, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara manajemen hubungan pelanggan dengan kepuasan pelanggan. Koefisien determinasi yang diperoleh sebesar 20% yang menunjukkan bahwa 20% variasi kepuasan pelanggan ditentukan oleh manajemen hubungan pelanggan. Hasil penelitian telah membuktikan adanya hubungan positif antara manajemen hubungan pelanggan dengan kepuasan pelanggan D’Cost Restaurant pada warga RW 04 Kelurahan Tanjung Barat, Kecamatan Jagakarsa, Jakarta Selatan. ***** This study aimed to obtain information and knowledge based on data or facts right (valid, true, valid) and trustworthy (dependable, reliable) on the relationship between customer relationship management and customer satisfaction D'Cost Reastaurant at Residents RW 04 Tanjung Barat, Jagakarsa, South Jakarta. The research method used was a survey method with the correlational approach. The research was conducted at Residents RW 04 Tanjung Barat, Jagakarsa, South Jakarta, during the four months from March 2013 to June 2013. The population in this study were all residents of RW 04 Tanjung Barat, South Jakarta District Jagakarsa inaccessibility resident population is RT 007, amounting to 80 people. The sampling technique used was simple random technique as many as 65 people. Techniques of data analysis begins with the search for a simple regression equation, which is obtained by the regression equation Y = 70.35 + 0.79 X. Test requirements analysis is the normality test on the estimated error of regression Y on X (Y - Ŷ) obtained by test Liliefors Lhitung = 0.9985, while Ltabel for n = 65 at significance level of 0.05 is 0.10989. Because Lhitung <Ltabel the estimated error of regression Y on X (Y - Ŷ) normal distribution. Linearity test regression Fhitung <Ftabel ie Fhitung = 0.93 <F table = 1.82, so it was concluded that the model is a linear regression equation. Test the significance of the regression F value> F, ie F value = 15.79> F = 4.00, meaning that the mean regression equation models. Correlation coefficient of Pearson Product Moment obtained rxy = 0.45, then this means that there is a positive relationship between customer relationship management and customer satisfaction. Further test the significance of the correlation coefficient using t-test and obtained t> t table, ie t = 3.960> table = 1.67, so it can be concluded that there is a significant relationship between customer relationship management and customer satisfaction. The coefficient of determination obtained by 20% which shows that 20% of variation determined by customer satisfaction is customer relationship management. The results have shown a positive relationship between customer relationship management and customer satisfaction D'Cost Restaurant at Residents RW 04 Tanjung Barat, Jagakarsa, South Jakarta

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Nurahma Hajat, M. Si. ; 2). Drs. Nurdin Hidayat, M. M., M. Si
Subjects: Manajemen > Perilaku Konsumen
Divisions: FE > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: Users 14651 not found.
Date Deposited: 03 Aug 2022 01:54
Last Modified: 03 Aug 2022 01:54
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/32206

Actions (login required)

View Item View Item